Download Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK) Terbaru Tahun 2019
A. Latar Belakang
Pasal 31 ayat (3) UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 mengamanatkan bahwa pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan 1 (satu) sistem pendidikan nasional untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta watak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, yang diatur dengan undang-undang. Atas dasar amanat tersebut diterbitkan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 wacana Sistem Pendidikan Nasional, yang menegaskan bahwa Indonesia menganut pendidikan berbasis standar.
Merujuk Pasal 2 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 wacana Sistem Pendidikan Nasional ditegaskan bahwa pendidikan nasional menurut Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Selanjutnya dalam Pasal 3 dinyatakan bahwa pendidikan nasional berfungsi menyebarkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, dan bertujuan untuk menyebarkan potensi penerima didik semoga menjadi insan yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung-jawab. Pasal 2 ayat (1) Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 wacana Standar Nasional Pendidikan mengamanatkan 8 (delapan) Standar Nasional Pendidikan, yaitu: standar kompetensi lulusan, standar isi, standar proses pembelajaran, standar evaluasi pendidikan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, dan standar biaya operasi. Untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional tersebut perlu dirumuskan kualifikasi kemampuan lulusan SMK/MAK yang dituangkan dalam standar kompetensi lulusan (SKL).
B. Pengembangan Standar Kompetensi Lulusan (SKL)SMK/MAK
Standar kompetensi lulusan SMK/MAK dikembangkan dari tujuan pendidikan nasional dan profil lulusan dalam rumusan area kompetensi. SMK/MAK merupakan bab dari sistem pendidikan nasional yang mempunyai tujuan pendidikan kejuruan yaitu menghasilkan tenaga kerja terampil yang mempunyai kemampuan sesuai dengan tuntutan kebutuhan dunia usaha/industri, serta bisa menyebarkan potensi dirinya dalam mengadopsi dan menyesuaikan diri dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.
Untuk mewujudkan tujuan pendidikan kejuruan di atas dibutuhkan standar kompetensi lulusan (SKL) SMK/MAK yang dijabarkan dari profil lulusan sebagai berikut:
1. beriman, bertakwa, dan berbudi pekerti luhur;
2.memiliki sikap mental yang berpengaruh untuk menyebarkan dirinya secara berkelanjutan;
3.menguasai ilmu pengetahuan teknologi dan seni serta mempunyai keterampilan sesuai dengan kebutuhan pembangunan;
4.memiliki kemampuan produktif sesuai dengan bidang keahliannya baik untuk bekerja atau berwirausaha; dan
5.berkontribusi dalam pengembangan industri Indonesia yang kompetitif menghadapi pasar global.
AREA KOMPETENSI LULUSAN SMK/MAK
Penyusunan Area Kompetensi lulusan SMK/MAK didasarkan pada tujuan pendidikan nasional dengan mempertimbangkan:
a.karakter dan budaya Indonesia yang mempunyai keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa serta nilai-nilai Pancasila;
b.pembelajaran dan keterampilan masa 21 (dua puluh satu), menyerupai berfikir kritis dan bisa menuntaskan masalah, kreatif, bisa bekerja sama, dan berkomunikasi;
c.peningkatan kompetensi lulusan melalui literasi bahasa, matematika, sains, teknologi, sosial, budaya, dan kemampuan dasar lainnya yang dibutuhkan dalam menghadapi tantangan masa depan;
d.penyiapan sumber daya insan semoga mempunyai pengetahuan, keterampilan, dan sikap sebagai tenaga terampil tingkat menengah; dan
e.ketentuan kerangka kualifikasi nasional Indonesia (KKNI) dan standar kerja yang berlaku baik nasional maupun internasional.
Berdasarkan kriteria tersebut dirumuskan 9 (sembilan) area kompetensi lulusan SMK/MAK sebagai berikut:
a. keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa;
b. kebangsaan dan cinta tanah air;
c. huruf langsung dan sosial;
d. literasi;
e. kesehatan jasmani dan rohani;
f. kreativitas;
g. estetika;
h. kemampuan teknis; dan
i. kewirausahaan.
Standar kompetensi lulusan (SKL) SMK/MAK dirumuskan secara menyeluruh dalam satu kemampuan utuh dengan mengintegrasikan dimensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan menurut Gradasi Kompetensi pada masing-masing kegiatan pendidikan 3 (tiga) tahun dan 4 (empat) tahun. Pengintegrasian ini dilakukan lantaran ketiga dimensi tersebut bukan merupakan komponen yang saling terpisahkan melainkan saling melengkapi antara 1 (satu) dengan yang lain. Gradasi Kompetensi diharapkan sanggup memperlihatkan ruang dan kesempatan berkembangnya kompetensi lulusan secara optimal dengan mempertimbangkan lingkungan penerima didik, fungsi satuan pendidikan, kesinambungan, lingkup dan kedalaman materi, serta tahapan perkembangan psikologis penerima didik. Khusus untuk dimensi sikap, internalisasi nilai-nilai sikap ke dalam diri setiap penerima didik sanggup dilakukan melalui strategi: (1) pinjaman keteladanan; (2) pinjaman nasehat sesuai dengan konteks materi, waktu, dan tempat; (3) penguatan positif dan negatif; (4) pembiasaan; dan (5) pengkondisian.
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL) SMK/MAK
Standar kompetensi lulusan SMK/MAK dirumuskan pada masing-masing kegiatan pendidikan 3 (tiga) dan 4 (empat) tahun, menyerupai ditunjukkan pada matriks berikut.
A.Standar Kompetensi Lulusan SMK/MAK Program Pendidikan 3 (tiga) Tahun
No. | AreaKompetensi | Standar Kompetensi Lulusan – 3 (tiga) Tahun |
---|---|---|
A.1. | Keimanan danKetakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa | A.1.1 memiliki pemahaman, penghayatan, dankesadaran dalam mengamalkan ajaran agama yang dianutA.1.2 memiliki pemahaman, penghayatan, dan kesadaran dalam berperilaku yang menggambarkan watak muliaA.1.3 memiliki pemahaman, penghayatan, dan kesadaran dalam hidup menurut nilai kasih dan sayang |
A.2. | Kebangsaan danCinta Tanah Air | A.2.1 meyakini Pancasila sebagai dasar NegaraKesatuan Republik IndonesiaA.2.2 memiliki kesadaran sejarah, rasa cinta, rasa bangga, dan semangat berkorban untuk tanah air, bangsa, dan negaraA.2.3 menjalankan hak dan kewajiban sebagai warga negara yang demokratis dan warga masyarakat globalA.2.4 berafiliasi dalam keberagaman suku, agama, ras, antargolongan, jender, dan bahasa dengan menjunjung hak asasi dan martabat manusiaA.2.5 memiliki pemahaman, penghayatan, dan kesadaran untuk patuh terhadap hukum dan norma sosial |
No. | AreaKompetensi | Standar Kompetensi Lulusan – 3 (tiga) Tahun |
A.2.6 memiliki kebiasaan, pemahaman, dankesadaran untuk menjaga dan melestarikan lingkungan alam, kepedulian sosial dalam konteks pembangunan berkelanjutan | ||
A.3. | Karakter Pribadidan Sosial | A.3.1 memiliki kebiasaan, pemahaman, dankesadaran untuk bersikap dan berperilaku jujurA.3.2 memiliki kemandirian dan bertanggungjawab dalam melakukan kiprah pekerjaannyaA.3.3 mempunyai kemampuan berinteraksi dan bekerja dalam kelompok secara santun, efektif, dan produktif dalam melakukan kiprah pekerjaannyaA.3.4 mempunyai kemampuan menyesuaikan diri dengan situasi dan lingkungan kerja secara efektifA.3.5 mempunyai rasa ingin tahu untuk menyebarkan keahliannya secara berkelanjutanA.3.6 memiliki etos kerja yang baik dalam menjalankan kiprah keahliannya |
A.4. | KesehatanJasmani danRohani | A.4.1 memiliki pemahaman dan kesadaranberperilaku hidup higienis dan sehat untuk diri dan lingkungan kerjaA.4.2 mempunyai kebugaran dan ketahanan jasmani dan rohani dalam menjalankan kiprah keahliannyaA.4.3 menyadari potensi dirinya, tangguh mengatasi tekanan pekerjaan, sanggup bekerja produktif, dan bermanfaat bagi lingkungan kerja |
A.5. | Literasi | A.5.1 memiliki kemampuan berkomunikasi denganmenggunakan Bahasa Indonesia yang baik untuk melakukan pekerjaan sesuai keahliannyaA.5.2 memiliki kemampuan menggunakan Bahasa Inggris dan bahasa absurd lainnya untuk menunjang pelaksanaaan kiprah sesuai keahliannya |
No. | AreaKompetensi | Standar Kompetensi Lulusan – 3 (tiga) Tahun |
A.5.3 memiliki pemahaman matematika dalammelaksanakan kiprah sesuai keahliannyaA.5.4 mempunyai pemahaman konsep dan prinsip sains dalam melakukan kiprah sesuai keahliannyaA.5.5 memiliki pemahaman konsep dan prinsip pengetahuan sosial dalam melakukan kiprah sesuai keahliannyaA.5.6 memiliki kemampuan menggunakan teknologi dalam melakukan kiprah sesuai keahliannyaA.5.7 memiliki kemampuan mengekspresikan dan mencipta karya seni budaya lokal dan nasional | ||
A.6. | Kreativitas | A.6.1 memiliki kemampuan untuk mencari danmenghasilkan gagasan, cara kerja, layanan, dan produk karya inovatif sesuai keahliannyaA.6.2 memiliki kemampuan bekerjasama menuntaskan dilema dalam melakukan kiprah sesuai keahliannya secara kreatif |
A.7. | Estetika | A.7.1 memiliki kemampuan mengapresiasi,mengkritisi, dan menerapkan aspek estetika dalam membuat layanan dan/atau produk sesuai keahliannya |
A.8. | KemampuanTeknis | A.8.1 memiliki kemampuan dasar dalam bidangkeahlian tertentu sesuai dengan kebutuhan dunia kerjaA.8.2 memiliki kemampuan spesifik dalam program keahlian tertentu sesuai dengan kebutuhan dunia kerja dan menerapkan kemampuannya sesuai prosedur/kaidah dibawah pengawasanA.8.3 memiliki pengalaman dalam menerapkan keahlian spesifik yang relevan dengan dunia kerja |
No. | AreaKompetensi | Standar Kompetensi Lulusan – 3 (tiga) Tahun |
A.8.4 memiliki kemampuan menjalankan tugaskeahliannya dengan menerapkan prinsip keselamatan, kesehatan, dan keamanan lingkungan | ||
A.9. | Kewirausahaan | A.9.1 memiliki kemampuan mengidentifikasi danmemanfaatkan peluang perjuangan dengan mendayagunakan pengetahuan dan keterampilan dalam keahlian tertentuA.9.2 memiliki kemampuan memperhitungkan dan mengambil resiko dalam menyebarkan dan mengelola usahaA.9.3 memiliki keinginan kuat dan kemampuan mengelola perjuangan dengan mendayagunakan pengetahuan dan keterampilan dalam keahlian tertentu |
No. | AreaKompetensi | Standar Kompetensi Lulusan - 4 (empat) Tahun |
B.1. | Keimanan danKetakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa | B.1.1 memiliki pemahaman, penghayatan, dankesadaran dalam mengamalkan ajaran agama yang dianutB.1.2 memiliki pemahaman, penghayatan, dan kesadaran dalam berperilaku yang menggambarkan watak muliaB.1.3 memiliki pemahaman, penghayatan, dan kesadaran dalam hidup berdasarkan nilai kasih dan sayang |
No. | AreaKompetensi | Standar Kompetensi Lulusan - 4 (empat) Tahun |
B.2. | Kebangsaan danCinta Tanah Air | B.2.1 meyakini Pancasila sebagai dasar NegaraKesatuan Republik IndonesiaB.2.2 memiliki kesadaran sejarah, rasa cinta, rasa bangga, dan semangat berkorban untuk tanah air, bangsa, dan negaraB.2.3 menjalankan hak dan kewajiban sebagai warga negara yang demokratis dan warga masyarakat globalB.2.4 berafiliasi dalam keberagaman suku, agama, ras, antargolongan, jender, dan bahasa dengan menjunjung hak asasi dan martabat manusiaB.2.5 memiliki pemahaman, penghayatan, dan kesadaran untuk patuh terhadap hukum dan norma sosialB.2.6 memiliki kebiasaan, pemahaman, dan kesadaran untuk menjaga dan melestarikan lingkungan alam, kepedulian sosial dalam konteks pembangunan berkelanjutan |
B.3. | Karakter Pribadidan Sosial | B.3.1 memiliki kebiasaan, pemahaman, dankesadaran untuk bersikap dan berperilaku jujurB.3.2 memiliki kemandirian dan bertanggungjawab dalam melakukan kiprah pekerjaannyaB.3.3 mempunyai kemampuan berinteraksi dan bekerja dalam kelompok secara santun, efektif, dan produktif dalam melakukan kiprah pekerjaannyaB.3.4 mempunyai kemampuan menyesuaikan diri dengan situasi dan lingkungan kerja secara efektifB.3.5 memiliki rasa ingin tahu untuk menyebarkan keahliannya secara berkelanjutanB.3.6 memiliki etos kerja yang baik dalam menjalankan kiprah keahliannya |
No. | AreaKompetensi | Standar Kompetensi Lulusan - 4 (empat) Tahun |
B.4. | KesehatanJasmani danRohani | B.4.1 memiliki pemahaman dan kesadaranberperilaku hidup higienis dan sehat untuk diri dan lingkungan kerjaB.4.2 mempunyai kebugaran dan ketahanan jasmani dan rohani dalam menjalankan kiprah keahliannyaB.4.3 menyadari potensi dirinya, tangguh mengatasi tekanan pekerjaan, sanggup bekerja produktif, dan bermanfaat bagi lingkungan kerja |
B.5. | Literasi | B.5.1 memiliki kemampuan berkomunikasi denganmenggunakan Bahasa Indonesia yang baik untuk melakukan pekerjaan sesuai keahliannyaB.5.2 memiliki kemampuan dan kemauan kuat memakai Bahasa Inggris dan bahasa absurd lainnya untuk menunjang pelaksanaaan kiprah sesuai keahliannyaB.5.3 memiliki kemampuan menggunakan matematika dalam melakukan kiprah sesuai keahliannyaB.5.4 mempunyai pemahaman konsep dan prinsip sains dalam melakukan kiprah sesuai keahliannyaB.5.5 memiliki pemahaman konsep dan prinsip pengetahuan sosial dalam melakukan kiprah sesuai keahliannyaB.5.6 memiliki kemampuan menggunakan teknologi dalam melakukan kiprah sesuai keahliannyaB.5.7 memiliki kemampuan mengekspresikan dan mencipta karya seni budaya lokal dan nasional |
B.6. | Kreativitas | B.6.1 memiliki kemampuan untuk mencari danmenghasilkan gagasan, cara kerja, layanan, dan produk karya inovatif sesuai keahliannyaB.6.2 memiliki kemampuan bekerjasama menuntaskan dilema dalam melakukan kiprah sesuai keahliannya secara kreatif |
No. | AreaKompetensi | Standar Kompetensi Lulusan - 4 (empat) Tahun |
B.7. | Estetika | B.7.1 memiliki kemampuan mengapresiasi,mengkritisi, dan menerapkan aspek estetika dalam membuat layanan dan/atau produk sesuai keahliannya |
B.8. | KemampuanTeknis | B.8.1 memiliki kemampuan dasar dalam bidangkeahlian tertentu sesuai dengan kebutuhan dunia kerjaB.8.2 memiliki kemampuan spesifik dalam program keahlian tertentu sesuai dengan kebutuhan dunia kerja dan menerapkan kemampuannya secara mandiriB.8.3 memiliki pengalaman dalam menerapkan keahlian spesifik yang relevan dengan dunia kerjaB.8.4 memiliki kemampuan menjalankan tugas keahliannya dengan menerapkan prinsip keselamatan, kesehatan, dan keamanan lingkungan |
B.9. | Kewirausahaan | B.9.1 memiliki kemampuan mengidentifikasi danmemanfaatkan peluang perjuangan dengan mendayagunakan pengetahuan dan keterampilan dalam keahlian tertentuB.9.2 memiliki kemampuan memperhitungkan dan mengambil resiko dalam menyebarkan dan mengelola usahaB.9.3 memiliki keinginan kuat dan kemampuan memulai dan menyebarkan perjuangan dengan mendayagunakan pengetahuan, pengalaman, dan keterampilan dalam keahlian tertentu |
B. Standar Kompetensi Lulusan SMK/MAK Program Pendidikan 4 (empat) Tahun
No. | Area Kompetensi | Standar Kompetensi Lulusan – 3 (tiga) Tahun |
---|---|---|
A.8.4 memiliki kemampuan menjalankan tugaskeahliannya dengan menerapkan prinsip keselamatan, kesehatan, dan keamanan lingkungan | ||
A.9. | Kewirausahaan | A.9.1 memiliki kemampuan mengidentifikasi danmemanfaatkan peluang perjuangan dengan mendayagunakan pengetahuan dan keterampilan dalam keahlian tertentuA.9.2 memiliki kemampuan memperhitungkan dan mengambil resiko dalam menyebarkan dan mengelola usahaA.9.3 memiliki keinginan kuat dan kemampuan mengelola perjuangan dengan mendayagunakan pengetahuan dan keterampilan dalam keahlian tertentu |
No. | AreaKompetensi | Standar Kompetensi Lulusan - 4 (empat) Tahun |
B.1. | Keimanan danKetakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa | B.1.1 memiliki pemahaman, penghayatan, dankesadaran dalam mengamalkan ajaran agama yang dianutB.1.2 memiliki pemahaman, penghayatan, dan kesadaran dalam berperilaku yang menggambarkan watak muliaB.1.3 memiliki pemahaman, penghayatan, dan kesadaran dalam hidup berdasarkan nilai kasih dan sayang |
No. | AreaKompetensi | Standar Kompetensi Lulusan - 4 (empat) Tahun |
B.2. | Kebangsaan danCinta Tanah Air | B.2.1 meyakini Pancasila sebagai dasar NegaraKesatuan Republik IndonesiaB.2.2 memiliki kesadaran sejarah, rasa cinta, rasa bangga, dan semangat berkorban untuk tanah air, bangsa, dan negaraB.2.3 menjalankan hak dan kewajiban sebagai warga negara yang demokratis dan warga masyarakat globalB.2.4 berafiliasi dalam keberagaman suku, agama, ras, antargolongan, jender, dan bahasa dengan menjunjung hak asasi dan martabat manusiaB.2.5 memiliki pemahaman, penghayatan, dan kesadaran untuk patuh terhadap hukum dan norma sosialB.2.6 memiliki kebiasaan, pemahaman, dan kesadaran untuk menjaga dan melestarikan lingkungan alam, kepedulian sosial dalam konteks pembangunan berkelanjutan |
B.3. | Karakter Pribadidan Sosial | B.3.1 memiliki kebiasaan, pemahaman, dankesadaran untuk bersikap dan berperilaku jujurB.3.2 memiliki kemandirian dan bertanggungjawab dalam melakukan kiprah pekerjaannyaB.3.3 mempunyai kemampuan berinteraksi dan bekerja dalam kelompok secara santun, efektif, dan produktif dalam melakukan kiprah pekerjaannyaB.3.4 mempunyai kemampuan menyesuaikan diri dengan situasi dan lingkungan kerja secara efektifB.3.5 memiliki rasa ingin tahu untuk menyebarkan keahliannya secara berkelanjutanB.3.6 memiliki etos kerja yang baik dalam menjalankan kiprah keahliannya |
No. | AreaKompetensi | Standar Kompetensi Lulusan - 4 (empat) Tahun |
B.4. | KesehatanJasmani danRohani | B.4.1 memiliki pemahaman dan kesadaranberperilaku hidup higienis dan sehat untuk diri dan lingkungan kerjaB.4.2 mempunyai kebugaran dan ketahanan jasmani dan rohani dalam menjalankan kiprah keahliannyaB.4.3 menyadari potensi dirinya, tangguh mengatasi tekanan pekerjaan, sanggup bekerja produktif, dan bermanfaat bagi lingkungan kerja |
B.5. | Literasi | B.5.1 memiliki kemampuan berkomunikasi denganmenggunakan Bahasa Indonesia yang baik untuk melakukan pekerjaan sesuai keahliannyaB.5.2 memiliki kemampuan dan kemauan kuat memakai Bahasa Inggris dan bahasa absurd lainnya untuk menunjang pelaksanaaan kiprah sesuai keahliannyaB.5.3 memiliki kemampuan menggunakan matematika dalam melakukan kiprah sesuai keahliannyaB.5.4 mempunyai pemahaman konsep dan prinsip sains dalam melakukan kiprah sesuai keahliannyaB.5.5 memiliki pemahaman konsep dan prinsip pengetahuan sosial dalam melakukan kiprah sesuai keahliannyaB.5.6 memiliki kemampuan menggunakan teknologi dalam melakukan kiprah sesuai keahliannyaB.5.7 memiliki kemampuan mengekspresikan dan mencipta karya seni budaya lokal dan nasional |
B.6. | Kreativitas | B.6.1 memiliki kemampuan untuk mencari danmenghasilkan gagasan, cara kerja, layanan, dan produk karya inovatif sesuai keahliannyaB.6.2 memiliki kemampuan bekerjasama menuntaskan dilema dalam melakukan kiprah sesuai keahliannya secara kreatif |
No. | AreaKompetensi | Standar Kompetensi Lulusan - 4 (empat) Tahun |
B.7. | Estetika | B.7.1 memiliki kemampuan mengapresiasi,mengkritisi, dan menerapkan aspek estetika dalam membuat layanan dan/atau produk sesuai keahliannya |
B.8. | KemampuanTeknis | B.8.1 memiliki kemampuan dasar dalam bidangkeahlian tertentu sesuai dengan kebutuhan dunia kerjaB.8.2 memiliki kemampuan spesifik dalam program keahlian tertentu sesuai dengan kebutuhan dunia kerja dan menerapkan kemampuannya secara mandiriB.8.3 memiliki pengalaman dalam menerapkan keahlian spesifik yang relevan dengan dunia kerjaB.8.4 memiliki kemampuan menjalankan tugas keahliannya dengan menerapkan prinsip keselamatan, kesehatan, dan keamanan lingkungan |
B.9. | Kewirausahaan | B.9.1 memiliki kemampuan mengidentifikasi danmemanfaatkan peluang perjuangan dengan mendayagunakan pengetahuan dan keterampilan dalam keahlian tertentuB.9.2 memiliki kemampuan memperhitungkan dan mengambil resiko dalam menyebarkan dan mengelola usahaB.9.3 memiliki keinginan kuat dan kemampuan memulai dan menyebarkan perjuangan dengan mendayagunakan pengetahuan, pengalaman, dan keterampilan dalam keahlian tertentu |
Standar kompetensi lulusan (SKL) SMK/MAK merupakan pola utama pengembangan standar isi, standar proses pembelajaran, standar evaluasi pendidikan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, dan standar biaya operasi.
Berikut yakni tautan Download Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK) Terbaru Tahun 2019:
Download Standar Kompetensi Lulusan (SKL) SMK-MAK Terbaru 2019 Sumber http://www.informasiguru.com