Thursday, May 3, 2018

√ Review & Kritik Gedung Gres Samsat Karawang | Opini

Kantor SAMSAT yang melayani pembayaran pajak di kabupaten Karawang sudah direnovasi menjadi lebih baik dan lebih besar. Berbeda jikalau dulu untuk menunggu sebagian ada diluar gedung, namun kini beralih ke dalam gedung untuk semua aktifitas.

Gedung SAMSAT BARU di karawang

FASILITAS GEDUNG BARU SAMSAT KARAWANG
Gedung yang mempunyai beberapa lantai mempunyai kemudahan lebih baik dibanding gedung lama, berikut ini kemudahan yang tersedia di gedung SAMSAT Karawang ;

Jumlah tempat duduk yang disediakan jumlahnya lebih banyak, selain itu ruangan full ac dan terasa sejuknya.
Tersedia stasiun pengisi daya, jikalau handphone nda lowbat sanggup charge disini
Tersedia juga koran update yang diletakan diujung-ujung ruangan, jadi anda tidak terlalu bosan menunggu. Namun tampaknya koran ini kurang diminati alasannya secara umum dikuasai sudah membawa ponsel
KRITIK UNTUK SAMSAT KARAWANG
Dengan adanya gedung gres ini masyarakat sudah mencicipi kenyamanan akan kemudahan yang tersedia, namun masih banyak kekurangan-kekurangan yang harus dibenahi pemerintah tempat karawang terkait kemudahan serta pelayanan di SAMSAT Karawang ;

Lahan Parkir kurang Luas
Masyarakat yang akan membayar pajak jumlahnya sangat banyak di kota Karawang, yaa kota ini sudah menjadi besar dan tingkat urbanisasinya yang nai signifikan dari tahun ke tahun. Maka tak ayal jikalau pengunjung perhari untuk pembayaran pajak kendaraan sangat banyak, sedangkan ini berbanding terbalik dengan lahan parkir yang tersedia.

Lahan parkir untuk cek fisik kendaraan bagi yang akan mengganti TNKB (ganti plat nomor) lebih luas dibandingkan lahan parkir untuk pengunjung, dan lahan parkir cek fisik kendaraan saya rasa masih sangat luas untuk ditempati, alasannya masyarakat yang mengganti TNKB itu jumlahnya lebih sedikit dibandingkan yang perpanjang STNK. Pada risikonya lahan parkir kendaraan beroda empat dan motor ada sebagian digedung sebelahnya.

Tidak ada Security/Satpam diruang utama Pendaftaran-Pembayaran
Pertama kali tiba kesini saya disuguhkan dengan kebingungan, untuk melaksanakan registrasi baik itu perpanjangan STNK ataupun TNKB dilakukan dilantai 2 yang mana disini merupakan sentra aktifitas utama. Pendaftaran, pembayaran/kasir, pengambilan STNK, pengesahan, Mutasi, Pajak progresif, pajak air menjadi satu padu dalam satu ruangan yang hanya disekat oleh tembok.

Pendaftaran sendiri terdapat dua sekat, begitupun pembayaran, sedangkan bagi saya yang pertama kali tiba kesini gundah untuk kemana registrasi awal. Tidak ada security penjaga untuk sekedar bertanya, risikonya saya eksklusif menanyakan ke petugas yang berada dipendaftaran.

Saya lihat memang ada beberaa security, namun mereka ada lantai satu semua yang entah mengapa tidak ada satupun dilantai 2, dan saya kesini bukan satu kali melainkan 2 kali, dan tidak ada security yang berjaga di lantai 2.

Kebingungan Panggilan Nama
Banyaknya tempat registrasi dan pembayaran menciptakan panggilan nama yang bersangkutan membingungkan, contohnya saya dipanggil untuk melaksanakan pembayaran, namun terdapat 2 sound speaker yang saling berdekatan sehingga saya gundah kearah mana saya harus membayar, bahkan saya salah mendatanginya, selain itu sebagian tidak menggunakan pengeras suara, jadi mereka memanggil nama dengan berteriak, yaa masih mending terdengar bagi yang duduk paling depan, ini kan ruangan sangat luas, dan pastinya yang ada dibelakang tidak akan terdengar. Ini menjadi kekurangan kemudahan SAMSAT, yaitu jumlah pengeras bunyi yang kurang.

Petugas Kurang Ramah
Saya sangat kecewa dengan pelayanan yang satu ini, sebagian dari mereka melayani dengan tidak ramah, wajah kusut dan terlihat menyerupai malas melayani, bahkan ada juga yang terlihat menyerupai emosi.

Pengalaman saya dikala akan mendaftar dipendaftaran, saya bertanya bahwa saya akan mendaftar perpanjangan STNK, namun petugas (bapak-bapak yang sudah senior) tidak menjawab sama sekali, saya bertanya untuk kedua kalinya barulah dibalas, itu pun dengan nada emosi bahwa persyaratannya harus menggunakan map dan ditaruh disana (menunjuk menggunakan palingan muka, bukan dengan tangan), secara sopan santun ini rasanya tidak pantas untuk seorang petugas pelayanan negeri. Mereka bekerja dan mendapat honor dari uang rakyat, tapi pelayanannya amatlah jelek untuk melayani rakyat, padahal kita disini membayar pajak untuk negara dan honor mereka tentunya.

Namun petugas yang kurang ramah dakam melayani customernya yakni mereka yang sudah senior, biasanya bapak-bapak yang usianya diatas 40tahun, tapi untuk bab kasirnya sangat ramah alasannya yang melayani yakni mbak-mbak yang masih muda usia antara 20th sampai 25th, yaa masuk akal sih mereka ramah mungkin masih gres atau terikat dalam sistem kontrak.

AKHIR KATA
Gedung SAMSAT Karawang yang terbilang gres ini menuai kritik yang beragam, ada kelebihan dan kekurangannya, kelebihannya terdapat pada kemudahan dan ruangan yang lebih baik lagi, namun pelayanan kepada masyarakat masih kurang menyerupai tidak ada security dan petugas yang melayani dengan perilaku kurang ramah.

Mungkin ini menjadi contoh bagi pemerintah kabupaten karawang untuk meningkatkan pelayanan masyarakat yang lebih baik lagi, dan tentunya menciptakan kota karawang lebih maju lagi.
Sumber http://www.hendrisetiawan.com