Download Contoh Soal dan Kunci Jawaban US dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional SD/ MI Lengkap Semua Mata Pelajaran Tahun 2019 I pdf
Untuk merangkum materi contoh soal USBN SD/ MI lengkap semua mapel tahun 2018/ 2019, kami hadir dengan tujuan untuk memudahkan Anda yang sedang mencari materi contoh soal USBN maupun US di laman ini. Anda tidak perlu repot untuk searching di mesin pencari dengan keyword Soal-Kunci US dan USBN SD Mapel ..... Tahun 2018/ 2019 yang kadang hasil pencarian tersebut justru tidak sesuai dengan apa yang dibutuhkan.
Dengan berkunjung ke halaman ini, Anda cukup menggerakkan mouse sesuai tautan d0wnl0ad dan sesuai materi contoh soal US/ USBN yang diharapkan pastinya. Kami sediakan link untuk mend0wnl0ad Kumpulan Soal-Kunci US dan USBN SD Semua Mapel Tahun 2019 tersebut dengan sangat gampang tanpa harus pusing lagi. Akan tetapi wajib diperhatikan bahwa pola soal yang kami share ini hanyalah sebuah contoh, kami tidak pernah menjanjikan atau bahkan menjamin bahwa contoh soal yang kami bagikan ini akan keluar kala USBN/ US yang bergotong-royong nanti berlangsung.
Pada akhirnya, tujuan contoh soal ini yakni membantu adik-adik kelas 6 SD/ MI dalam persiapan menghadapi USBN pada tahun aliran ini semoga lebih maksimal dan mendapat hasil nilai yang optimal sesuai dengan perjuangan yang adik-adik lakukan. Kunci kesuksesan akseptor didik/ siswa yaitu berguru secara reguler dan kontinyu. Belajar yakni kewajiban yang harus dipikul oleh siswa dengan rasa penuh semangat. Semoga pada USBN jenjang SD/ MI tahun aliran 2018/ 2019 ini adik-adik semua sukses menjalaninya!
Berikut kami sediakan tautan untuk mengunduh/ mend0wnl0ad soal beserta kunci jawab USBN/ US jenjang SD semua mapel tahun 2019:
Dipersilahkan untuk mendonwload pada tautan yang telah kami sediakan semoga mendapat isi file yang lengkap dan utuh.
Kami cukupkan hingga di sini goresan pena yang berjudul:
Kumpulan Soal-Kunci US dan USBN SD Semua Mapel Tahun 2019
Semoga sebaran isu ini bermanfaat dan salam sukses selalu untuk Anda!
Di bawah ini kami sajikan tabel kisi-kisi USBN SD/ MI mapel Bahasa Indonesia, IPA, dan juga Matematika yang memakai kurikulum irisan antara K13 sekaligus KTSP 2006.
Level Kognitif | Lingkup Materi | |||
---|---|---|---|---|
Membaca Nonsastra | Membaca Sastra | Menulis Terbatas | Menyunting kata/istilah, frase, kalimat, paragraf, ejaan, dan tanda baca | |
Pengetahuan danPemahaman• Mengidentifikasi• Menentukan• Memaknai | Peserta didik dapat:menentukan makna kata/istilah pada teksmenentukan antonim/sinonim menggali isu tersurat teksmenentukan unsur teks (kalimat utama/penjelas) | Peserta didik dapat: menentukan isu tersurat pada karya sastramenentukan unsur intrinsik karya sastra (tokoh, latar, watak tokoh) memilih makna kata/simbol/kias | Peserta didik sanggup melengkapi kalimat/teks dengan istilah/kata/ungkapan/peribahasa | Peserta didik dapat:menunjukkan kesalahan penggunaan ejaanmenunjukkan kesalahan penggunaan tanda baca |
Aplikasi | Peserta didik dapat: | Peserta didik dapat: | Peserta didik dapat: | Peserta didik dapat: |
Level Kognitif | Lingkup Materi | |||
Level Kognitif | Membaca Nonsastra | Membaca Sastra | Menulis Terbatas | Menyunting kata/istilah, frase, kalimat, paragraf, ejaan, dan tanda baca |
• Menyimpulkan• Menggunakan konsep/prinsip | menentukan wangsit pokok teksmenggali isu tersirat teksmenentukan pernyataan sesuai isi teksmengidentifikasi jenis teks | menggali isu tersirat dalam karya sastra (menyimpulkan/ memaknai bab teks ) memilih unsur intrinsik karya sastra (konflik, amanat, tema) | menyusun aneka macam petunjuk (menggunakan/membuat sesuatu)menyusun aneka macam teks(deskripsi, narasi)? melengkapi aneka macam jenis teks (laporan, iklan, pidato)melengkapi kalimat/teks dengan kata bentukan | menggunakan ejaan? menggunaan tanda baca |
Penalaran• Mengevaluasi• Membandingkan pola(menganalisis)• Menanggapi | Peserta didik dapat:memprediksikejadian menurut isi teksmembandingkan isi teksmelengkapi tabel dengan pokok-pokok pikiran menurut isi teks | Peserta didik dapat: memprediksikejadian menurut isi kisah memilih nilai- nilai cerita? memilih keteladanan tokoh cerita | Peserta didik dapat:memperbaiki penulisan/penggunaan istilah/katamemperbaiki tata kalimat dalam paragraf | Peserta didik dapat:memperbaiki kesalahan penggunaan ejaanmemperbaiki penggunaan kesalahan penggunaan tandabaca |
Level Kognitif | Lingkup Materi | ||
---|---|---|---|
Bilangan | Geometri dan Pengukuran | Pengolahan Data | |
Pengetahuan dan pemahaman Mengidentifikasi Membuat tabulasi Menghitung Menginterpretasi Menentukan | Peserta didik sanggup mengenaldan memahami pengetahuan tentang:? operasi hitung bilangan cacah? operasi hitung bilang bulat? operasi hitung bilangan pangkat dua dan tiga, akar pangkat dua dan tiga? KPK dan FPB? pecahan? perbandingan | Peserta didik sanggup mengenal danmemahami pengetahuan tentang:- satuan ukuran kuantitas, satuan berat, satuan panjang, satuan waktu, satuan volum- waktu, jarak, dan kecepatan- keliling dan luas segiempat- keliling dan luas lingkaran- sifat-sifat berdiri datar- sifat-sifat berdiri ruang- koordinat Kartesius- simetri dan pencerminan | Peserta didik dapatmengenal dan memahami pengetahuan tentang:? penyajian data dalambentuk tabel, diagram batang, dan diagram lingkaran? rata-rata hitung dan modus |
Aplikasi Mengklasifikasi Menentukan Menghitung Menyelesaikan masalah | Peserta didik sanggup mengaplikasikan pengetahuan wacana operasi hitung bilangan cacah? operasi hitung bilangan bulat? operasi hitung bilangan pangkat dua dan tiga, akar | Peserta didik sanggup mengaplikasikanpengetahuan tentang:- satuan ukuran kuantitas, satuan berat, satuan panjang, satuan waktu, satuan volum- waktu, jarak, dan kecepatan- keliling segiempat | Peserta didik dapatmengaplikasikan pengetahuan tentang:? penyajian data dalam bentuk tabel, diagram batang, dan diagram lingkaran |
Level Kognitif | Lingkup Materi | ||
Level Kognitif | Bilangan | Geometri dan Pengukuran | Pengolahan Data |
pangkat dua dan tiga? KPK dan FPB? pecahan? perbandingan | - keliling dan luas lingkaran- luas permukaan kubus, balok, dan tabung- volume kubus, balok, dan tabung- koordinat Kartesius- simetri dan pencerminan | ? rata-rata hitung danmodus | |
Penalaran Memprediksi Membedakan Menafsirkan Menyimpulkan | Peserta didik dapatmenggunakan kebijaksanaan yang berkaitan dengan:? operasi hitung bilangan cacah? operasi hitung bilangan bulat? KPK dan FPB? pecahan? perbandingan | Peserta didik sanggup memakai nalaryang berkaitan dengan:? satuan ukuran? waktu, jarak, dan kecepatan? keliling dan luas segiempat? keliling dan luas lingkaran? luas permukaan kubus, balok, dan tabung? volume kubus, balok, dan tabung | Peserta didik dapatmenggunakan kebijaksanaan yang berkaitan dengan:? penyajian data dalam bentuk tabel,diagram batang, dan diagramlingkaran? rata-rata hitung dan modus |
Level Kognitif | Lingkup Materi | ||||
---|---|---|---|---|---|
Makhluk Hidup dan Lingkungannya | Struktur dan FungsiMakhluk Hidup | Benda danSifatnya | Energi danPerubahannya | Bumi dan AlamSemesta | |
Pengetahuan danPemahaman? Mengidentifikasi? Menunjukkan? Memberi contoh? Menyebutkan | Peserta didikmampu memahami pengetahuan tentang:? kekerabatan antar makhluk hidup dengan lingkungannya? adaptasi diri makhluk hidup? pelestarian lingkungan | Peserta didik mampumemahami pengetahuan tentang:? bab badan tumbuhan/hewan dan fungsinya? daur hidup hewan? alat gerak dan fungsinya? sistem pernapasan pada manusia/hewan? sistem pencernaan pada manusia? sistem peredaran darah pada manusia? perkembangbiakan makhluk hidup? perkembangan dan pertumbuhan manusia | Peserta didikmampu memahami pengetahuan tentang:? sifat benda? perubahan wujud benda | Peserta didikmampu memahami pengetahuan tentang:? gaya dan gerak? bentuk energi dan perubahannya? suhu dan kalor? suara dan cahaya? listrik dan magnet | Peserta didikmampu memahami pengetahuan tentang:? sumber dayaalam? daur air? sistem tata surya |
Level Kognitif | Lingkup Materi | ||||
Level Kognitif | Makhluk Hidup dan Lingkungannya | Struktur dan FungsiMakhluk Hidup | Benda danSifatnya | Energi danPerubahannya | Bumi dan AlamSemesta |
? pemeliharaan kesehatanorgan | |||||
Aplikasi• Menerapkan• Membandingkan• Mengklasifikasi | Peserta didikmampu mengaplikasikan pengetahuan tentang:? kekerabatan antar makhluk hidup dengan lingkungannya? adaptasi diri makhluk hidup | Peserta didik mampumengaplikasikan pengetahuan tentang:? daur hidup hewan? prosedur sistem gerak? prosedur sistem organ (pernapasan, pencernaan, dan peredaran darah)? pemeliharaan kesehatan organ | Peserta didikmampu mengaplikasikan pengetahuan tentang:? sifat benda? perubahan wujud benda | Peserta didikmampu mengaplikasikan pengetahuan tentang:? gaya dan gerak? bentuk energy dan perubahannya? suhu dan kalor? suara dan cahaya? listrik danmagnet | Peserta didikmampu mengaplikasikan pengetahuan tentang:? sumber daya alam? daur air? sistem tata surya |
Penalaran• Menganalisis• Memprediksi• Menyimpulkan | Peserta didikmampu memakai kebijaksanaan berkaitan dengan:? kekerabatan antarmakhluk hidup? upaya insan dalam pelestarian lingkungan | Peserta didik mampumenggunakan kebijaksanaan berkaitan dengan:? kekerabatan antara system organ dan gangguan yang ditimbulkan? percobaan pada system organ kekerabatan antara daur? hidup/perkembangbiakan dengan pelestarian makhluk hidup | Peserta didikmampu memakai kebijaksanaan berkaitan dengan:? perubahan wujud benda | Peserta didikmampu memakai kebijaksanaan berkaitan dengan:? gaya dan gerak? bentuk energi dan perubahannya? suhu dan kalor? suara dan | Peserta didikmampu memakai kebijaksanaan berkaitan dengan:? sumber daya alam? daur air |