Saturday, October 20, 2018

√ Pengalaman Bekerja Di Pt Hppm Tes Tulis, Interview Medical Check Up & Training

PT HPPM (Honda Precision Parts Manuacturing) yaitu salah satu pabrik yang memproduksi bagian-bagian (parts) dalam kendaraan beroda empat dengan label honda yang berada di cikampek, karawang, walaupun nama pabrik yaitu honda namun tidak semua parts ini diperuntukan untuk kendaraan beroda empat yang brand honda saja melainkan hampir semua brand kendaraan beroda empat yang ada di indonesia.

Saya akan membuatkan pengalaman bagaimana sanggup masuk ke PT HPPM ini, bagi aku masuk ke pabrik dengan nama bergengsi itu membanggakan, bagaimana tidak sanggup masuk ke pabrik dengan brand populer dari jepang yakni HONDA.Setelah sebelumnya memiliki pengalaman di pabrik PT Yamaha Motor Parts MFG Indonesia (pabrikan motor), yaa sangat beruntung dilahirkan di kota Karawang alasannya daerah industri tidak mengecewakan banyak dikarawang.
Baca Juga : MITOS atau FAKTA Pengalaman Bekerja di PT YAMAHA tidak sanggup bekerja di PT HONDA / Astra Group


AWAL MULA TES TULIS PT HPPM
Sebenarnya aku yaitu lulusan D3 BSI Karawang, namun melamar ke HPPM masih memakai ijazah SMA. Saat aku menyusun Tugas Akhir D3 (semacam skripsi) dan sanggup menyelesaikannya sebelum sidang TA berlangsung, sembari menunggu sidang mencoba melamar pekerjaan, yaa sekedar iseng alasannya sedang tidak ada aktivitas apapun. Saya mencari lowongan mulai dari Dinas ketenaga kerjaan hingga BKK(bursa kerja) di sekolah-sekolah, hingga jadinya mendapatkan info ada lowongan di PT GS Baterry (salah satu brand AKI) yang tesnya akan dilaksanakan di BKK SMKN 1 Karawang, aku membawa lamaran yang sudah di siapkan sebelumnya dan tiba ke BKK SMKN 1 Karawang. Saya tiba jam 09.00 pagi dan menggelengkan kepala alasannya sangaaaaaattt aneka macam para pencaker yang telah antre di depan BKK, sempat mengantri hingga kuota registrasi habis, dengan rasa kecewa aku menerimanya. Namun, di ruang BKK yang lain ada gerombolan pencaker yang sedang bergerumun dengan mengangkat amplop lamaran dengan tinggi, aku hampiri dan ternyata itu lowongan PT HPPM. Saya berhasil menitipkan lamaran dari sekitar 1000-an lamaran, orang BKK menyampaikan aku sanggup mengikuti tes senin depan, alhamdulilah ini mungkin rejeki. 
Diantara 1000 pelamar PT HPPM hanya dilaksanakan satu hari saja dengan pembagian jam tes dari pagi hingga sore, dan alhamdulilah aku mengikuti tes pada jam 9 pagi, so tidak harus menunggu hingga sore.
Baca Juga : Pengalaman Bekerja Di PT Yamaha Selama 2th

TES APA SAJA KETIKA MASUK KE PT HPPM
Tes untuk masuk ke PT HPPM ini hanya berupa tes tulis saja, seperi kebanyakan tes lainnya yaitu tes matematika, bhs indonesia, bhs inggris, Psikotes. Tes itu pun hanya tes dasar saja berdasarkan saya, tidak ada rumus khusus yang rumit menyerupai disekolah, asalkan kita teliti niscaya kita sanggup menjawabnya. Tes ini didampingi oleh salah satu karyawan PT HPPM langsung, mungkin HRD recruitment atau sejenisnya. Dia menyampaikan bahwa kalau tes lulus akan ada panggilan via handphone baik itu sms ataupun telepon, beliau pun memberitahukan nomor resmi PT HPPM untuk menghindari penipuan.

Berminggu-minggu hingga berbulan-bulan menunggu namun sms tak ada. Sejak 2,5 bulan dari tanggal tes tulis gres mendapatkan sms bahwa aku lulus tes tulis, dan besoknya sanggup menjalani interview kerja. Interview kerja berlangsung sebentar saja, hanya sekitar 5 menit perorangnya, tapi waktu tunggu yang usang alasannya ada ratusan orang lainnya yang akan di interview. Jika interview lulus menyerupai biasa akan ada sms atau telp dari nomor resmi PT HPPM.
Tidak menunggu usang sekitar 1 ahad aku mendapatkan sms bahwa lulus interview, dan sanggup tiba ke laboratorium yang telah ditentukan (klinik Chio, karawang barat) untuk medical check up kesehatan. SMS yang mendadak sekali, sms jam 08.00 pagi dan hari itu juga harus medical checkup sedangkan aku gres berdiri tidur pukul 11.00 siang, ahhh aku pribadi bergegas tak ambil pusing. Sesampainya disana ternyata bukan aku saja yang telat, namun aneka macam bahkan ada pula yang dari luar kota, menyerupai jakarta, purwakarta, bandung. Ini yang namanya rejeki yang telah ditentukan.

sehabis satu ahad tes medical checkup, Sidang TA D3 pun berlangsung pada tanggal 29 juli 2015, aku pergi dari karawang ke bekasi untuk menjalani sidang. Sidang dimulai pukul 20.00WIB sementara itu pukul 16.00 aku mendapatkan sms dari PT HPPM bahwa aku lulus tes tulis. Bingung pun melanda, bagaimana tidak besok pukul 07.00 aku sudah mulai bekerja di PT HPPM sebagai trainee dengan syarat rambut harus botak plontos untuk pekerja laki-laki. Sidang selesai pukul 21.30 dan tak berlama-lama aku mencari tukang pangkas rambut yang masih buka, jadinya sanggup walaupun tukang pangkas rambutnya sudah akan menutup kiosnya.  Pukul 22.00 aku gres sanggup pulang dari bekasi ke karawang dan pukul 23.30 gres hingga dirumah. Saya melelapkan mata dan berharap esok tak kesiangan.
Baca Juga : Kesejahteraan Serta Tunjangan PT HPPM


SELAMA MENJALANI TRAINING DI PT HPPM
Satu ahad aku menjalani pembinaan center di aula general meeting PT HPPM, menjelaskan mengenai ISO dan peraturan yang harus dijalani ketika bekerja. Sisanya hingga 3 bulan menjalani pembinaan dilapangan atau sanggup pribadi bekerja di bab yang sudah ditentukan. Saya salah satu yang beruntung alasannya bab pekerjaan yaitu bab yang berdasarkan aku paling nyaman, aku bekerja di area dengan full AC walaupun bekerja di bab operator produksi. Hingga ketika ini aku sudah 1,5 tahun bekerja di pabrik berlabel HONDA ini.

PESAN
Rejeki memang sudah diatur oleh yang maha kuasa, namun tetap saja kita harus berikhtiar dan berusaha keras untuk mendapatkannya, serta syukuri apa yang telah ilahi berikan untuk kita.




Sumber http://www.hendrisetiawan.com