Download Contoh Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA Tahun Pelajaran 2017-2018 Mapel Matematika Peminatan IPS
Contoh Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA Tahun Pelajaran 2017-2018 Mapel Matematika Peminatan IPS ini dibagikan dengan impian bahwa ia sanggup menjadi sarana atau referensi berguru bagi para siswa atau peserta didik kelas XII Sekolah Menengan Atas atau MA yang hendak menempuh ujian nasional, baik berbasis komputer (UNBK) maupun berbasis kertas dan pensil (UNKP).
Contoh Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA Tahun Pelajaran 2017-2018 Mapel Matematika Peminatan IPS yang disajikan ini berasal dari teladan soal yang berasal semenjak dari dua tahun yang kemudian dengan mapel yang sama dan pada peminatan yang sama. Dengan demikian dibutuhkan bahwa teladan soal yang disajikan ini dibutuhkan bisa mempunyai prediktibilitas yang baik. Prediktibilitas yang baik tentu saja sangat bermanfaat bagi para calon peserta UN SMA/MA Tahun Pelajaran 2017-*-2018 untuk memetakan materi berguru dan mengasaha pemahaman yang telah diperoleh selama belajar.
Berusaha keras dengan berguru bersungguh-sungguh dalam mempersiapkan UN SMA-MA Tahun Pelajaran 2017-2018 ini tentu saja menjadi kata kunci yang taraf signifikansinya sangat tinggi. Tak ada yang jatuh dari langit dengan cuma-cuma. Tidak pula ada hasil tanpa usaha.
Berikut ialah tautan Download Contoh Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA Tahun Pelajaran 2017-2018 Mapel Matematika Peminatan IPS:
Berikut ialah kutipan dari Contoh Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA Tahun Pelajaran 2017-2018 Mapel Matematika Peminatan IPS tersebut:
BACA JUGA
- Contoh Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA 2018 Ekonomi-IPS
- Contoh Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA 2018 Sosiologi-IPS
- Contoh Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA 2018 Geografi-IPS
- Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA 2018 Bahasa Indonesia:IPS-MIPA
- Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA 2018 Bahasa Inggris:IPS-MIPA
- Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA 2018 Matematika:MIPA
17. Seorang pedagang buah-buahan menjual apel dan jeruk dengan modal sebesar Rp2.400.000,00. Dia menjual dengan memakai gerobak yang sanggup menampung buah-buahan sebanyak 180 kg. harga beli apel Rp15.000,00 per kg dan harga jualnya Rp18.000,00 per kg. Sedangkan jeruk dibeli dengan harga Rp12.000,00 per kg dan dijual Rp14.000,00 per kg. Jika barang terjual semua, laba maksimum yang diperoleh pedagang tersebut ialah ….
A. Rp320.000,00
B. Rp360.000,00
C. Rp420.000,00
D. Rp440.000,00
E. Rp480.000,00
18. Pertambahan penduduk suatu kota setiap tahun diasumsikan mengikuti barisan geometri. Pada tahun 2011 pertambahannya sebanyak 4 orang dan pada tahun 2013 sebanyak 64 tahun orang. Pertambahan penduduk pada tahun 2015 ialah ….
A. 256 orang
B. 572 orang
C. 1.024 orang D. 2.048 orang E. 3.032 orang
19. Diketahui barisan geometri dengan suku ke-5 ialah 16 dan suku ke-8 ialah 128. Suku ke-12 barisan tersebut ialah ….
A. 256
B. 1.024
C. 2.048
D. 3.164
E. 4.096
20. Sebuah kendaraan beroda empat dibeli dengan harga Rp60.000.000,00. Setiap tahun nilai jualnya menjadi dari harga sebelumnya. Nilai jual sesudah digunakan 3 tahun ialah ….
A. Rp20.000.000,00
B. Rp25.312.500,00
C. Rp33.750.000,00
D. Rp35.000.000,00
E. Rp45.000.000,00
21. Suku ke-6 dan ke-10 suatu deret aritmetika berturut-turut ialah 20 dan 32. Jumlah 10 suku
pertama deret tersebut ialah ….
A. 456
B. 210
C. 185
D. 160
E. 155
33. Dalam suatu ruang tunggu tersedia hanya 3 dingklik berjejer. Jika di ruang tersebut ada 8 orang.
Banyak susunan orang yang duduk pada dingklik tersebut ialah ….
A. 56
B. 36
C. 26
D. 24
E. 12
34. Seorang peserta didik diminta mengerjakan 9 dari 10 soal ujian. Jika soal nomor 1 hingga dengan nomor 5 harus dikerjakan, banyak pilihan yang sanggup diambil peserta didik tersebut ialah …
A. 4
B. 5
C. 6
D. 9
E. 10
35. Dua buah dadu dilempar undi bersama-sama. Peluang muncul mata dadu berjumlah 3 atau
bernomor sama ialah ….
A. 3
B. 6
C. 8
D. 10
E. 12
36. Dengan memakai angka-angka 1, 2, 3, 4, 5, 7, dan 9 akan dibuat bilangan 3 angka berbeda
dan lebih kecil dari 500. Banyak bilangan yang bisa dibuat ialah ….
A. 30
B. 60
C. 80
D. 120
E. 480
37. Tiga mata uang logam dilempar undi sebanyak 32 kali. Frekuensi impian muncul satu gambar
dan dua angka ialah ….
A. 9
B. 12
C. 18
D. 24
E. 27
38. Nilai hasil tes penerimaan calon pegawai di suatu perusahaan dinyatakan dalam bentuk tabel berikut.
Calon yang lulus sanggup diterima menjadi pegawai ialah mereka yang menerima nilai lebih besar sama dengan 6,5. Persentase calon pegawai yang diterima ialah ….
A. 65%
B. 50%
C. 40%
D. 35%
E. 25%
Berikut ialah kisi-kisi Contoh Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA Tahun Pelajaran 2017-2018 Mapel Matematika Peminatan IPS tersebut:
Level Kognitif | Lingkup Materi Soal UN (UNBK-UNKP) Tahun Pelajaran 2017-2018 Matematika Peminatan IPS | |||
---|---|---|---|---|
Aljabar | Kalkulus | Geometri dan Trigonometri | Statistika | |
Pengetahuan danPemahaman Mengidentifikasi Membandingkan Menentukan Menghitung Mengklasifikasi Menjelaskan | Peserta didik memilikikemampuan memahami konsep pada topik:- bentuk pangkat, akar, dan logaritma- fungsi, komposisi fungsi, fungsi invers, dan grafik fungsi- persamaan dan fungsi kuadrat- sistem persamaan dan sistem pertidaksamaan linear- agenda linear- matriks- barisan dan deret aritmetikadan geometri | Peserta didik memilikikemampuan memahami konsep pada topik:- limit fungsi aljabar- turunan fungsi aljabar- integral tentu dan tak tentu fungsi aljabar | Peserta didik memilikikemampuan memahami konsep pada topik:- perbandingan trigonometri- fungsi trigonometri dangrafiknya- kedudukan dan jarak dari titik, garis, dan bidang- besar sudut antara garis dan bidang, serta antara dua bidang | Peserta didik memilikikemampuan memahami konsep dasar pada topik:- penyajian data dalam bentuk tabel, diagram, dan grafik- ukuran pemusatan, letak, dan penyebaran data- kaidah pencacahan- peluang suatu kejadian |
Aplikasi Menentukan Menghitung Memodelkan Menyelesaikan masalah | Peserta didik memilikikemampuan mengaplikasikan konsep aljabar dalam problem kontekstual pada topik:- bentuk pangkat, akar, dan logaritma- fungsi, komposisi fungsi, fungsi invers, dan grafik fungsi- persamaan dan fungsi kuadrat | Peserta didik memilikikemampuan mengaplikasikan konsep kalkulus dalam problem kontekstual pada topik:- limit fungsi aljabar- turunan fungsi aljabar- integral tentu dan tak tentu fungsi aljabar | Peserta didik memilikikemampuan mengaplikasikan konsep geometri dan trigonometri dalam problem kontekstual pada topik:- perbandingan trigonometri- fungsi trigonometri dan grafiknya- kedudukan dan jarak dari titik, garis, dan bidang | Peserta didik memilikikemampuan mengaplikasikan konsep statistik dan peluang dalam problem kontekstual pada topik:- penyajian data dalam bentuk tabel, diagram, dan grafik- ukuran pemusatan, letak, dan penyebaran data- kaidah pencacahan |
- sistem persamaan dan sistem pertidaksamaan linear- agenda linear- matriks- barisan dan deret aritmetikadan geometri | - besar sudut antara garis dan bidang, serta antara dua bidang | - peluang suatu kejadian | ||
Penalaran Menganalisis Menyimpulkan Menginterprestasi Memprediksi Mensintesis | Peserta didik memilikikemampuan bernalar pada topik:- bentuk pangkat, akar, dan logaritma- fungsi, komposisi fungsi, fungsi invers, dan grafik fungsi- persamaan dan fungsi kuadrat- sistem persamaan dan sistem pertidaksamaan linear- agenda linear- matriks- barisan dan deret aritmetikadan geometri | Peserta didik memilikikemampuan bernalar pada topik:- limit fungsi aljabar- turunan fungsi aljabar- integral tentu dan tak tentufungsi aljabar | Peserta didik memilikikemampuan bernalar pada topik:- perbandingan trigonometri- fungsi trigonometri dan grafiknya- kedudukan dan jarak dari titik, garis, dan bidang- besar sudut antara garis dan bidang, serta antara dua bidang | Peserta didik memilikikemampuan bernalar pada topik:- penyajian data dalam bentuk tabel, diagram, dan grafik- ukuran pemusatan, letak, dan penyebaran data- kaidah pencacahan (perkalian permutasi, kombinasi)- Peluang suatu kejadian |
Demikian goresan pena perihal