Download Buku Panduan/Petunjuk Pelaksanaan (Juklak) Lomba Menulis Esai (LME) Tingkat SMP Tahun 2018
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Dunia pendidikan di Indonesia sedang berupaya membuatkan pendidikan karakter sebagai inti pendidikan. Proses pendidikan tanpa pembangunan karakter diyakini sebagai proses yang akan menciptakan pendidika n kehilangan rohnya dan menjadi sekadar sarana training otak. Tanpa pembangunan karakter, pendidikan hanya akan menciptakan penerima didik tumbuh secara parsial, menjadi sosok yang mungkin saja pandai, tapi miskin emosional dan spriritual. Upaya mengembalikan pendidikan ke dalam proses pendidikan yang berkarakter menjadi hal yang sangat penting dan mendesak.
Dalam Rencana Strategis (Renstra) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2015-2019, visi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2015-2019 yaitu terbentuknya insan serta ekosistem pendidikan dan kebudayaan yang berkarakter dengan berlandaskan gotong royong.
Pemerintah sebagai pengelola dan penyelenggara pendidikan berupaya keras dalam melaksanakan program-program peningkatan mutu pendidikan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pembinaan SMP berusaha mewujudkan acara Nawacita Presiden Republik Indonesia, yakni meningkatkan kualitas hidup insan Indonesia dan melaksanakan revolusi karakter bangsa yang akan dilaksanakan melalui literasi membaca dan menulis melalui Lomba Menulis Esai SMP 2018.
Salah satu instrumen untuk penumbuhan karakter atau akal pekerti, yaitu internalisasi budaya literasi. Literasi yaitu kemampuan seseorang dalam mengolah dan memahami informasi ketika melaksanakan proses membaca dan menulis. Literasi yaitu keberaksaraan, yaitu kemampuan membaca dan menulis. National Institute for Literacy (NIFL) mengemukakan literasi yaitu kemampuan individu untuk membaca, menulis, berbicara, menghitung, dan memecahkan problem pada tingkat keahlian yang diharapkan dalam pekerjaan, keluarga, dan masyarakat.
Aktivitas budaya literasi sanggup dilakukan dalam bermacam-macam cara salah satunya yaitu pembiasaan membaca dan kemudian dari hasil bacaan akan muncul keinginan untuk menulis karya. Melalui acara menulis karya tulis, penerima didik sanggup menuangkan gagasan kritis dari hasil pembacaan dan memacu penerima didik untuk terus berkarya (menulis) sebab dengan menulis mereka mempunyai pengetahuan. Selain itu, kegiatan Karya Tulis Sis wa juga sebagai sarana untuk menumbuhkembangkan nilai -nilai kedisiplinan, kerja keras, empati, kepercayaan diri, kreativitas, kejujuran, inovasi, intelektualitas, dan memperkuat jaringan silaturahmi antarsiswa, dan nilai -nilai karakter lainnya.
Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berafiliasi Dharma Wanita Persatuan (DWP) menyadari pentingnya karya tulis siswa, maka merasa perlu untuk mengadakan Lomba Menulis Esai (LME), sebagaimana yang diamanahkan dalam Rakernas DWP pada Mei 2017. Kerjasama ini untuk memberi ruang kepada institusi lain untuk bersama- sama berafiliasi menumbuhkan dan memperkuat implementasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) pada penerima didik melalui bidang literasi.
Lomba Menulis Esai ini memperlihatkan kesempatan kepada para penerima didik yang berbakat dan berminat di bidang literasi sanggup meningkatkan pencapaian prestasi dengan mengirimkan karya tulisnya. Olehk arenanya, Direktorat Pembinaan SMP dipandang perlu memprogramkan kegiatan LME SMP tahun 2018 yang dilaksanakan eksklusif di tingkat nasional. Dalam rangka mempersiapkan Buku Panduan/Petunjuk Pelaksanaan (Juklak) Lomba Menulis Esai (LME) Tingkat SMP Tahun 2018 supaya terealisasi dengan baik, disusunlah Petunjuk Pelaksanaan LME SMP tahun 2018 sebagai contoh bagi sekolah, Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, dan Dinas Pendidikan Provinsi untuk sanggup mendorong para siswa dan para guru menggiatkan Gerakan Literasi Sekolah melalui karya tulis siswa.
Berikut yaitu tautan Download Buku Panduan/Petunjuk Pelaksanaan (Juklak) Lomba Menulis Esai (LME) Tingkat SMP Tahun 2018:
BACA JUGA
Berikut yaitu kutipan dari Buku Juklak Lomba Menulis Esai (LME) SMP Tahun 2018 tersebut:
D. Hasil yang Diharapkan
Hasil yang diharapkan pada Lomba Menulis Esai (LME) Tingkat SMP Tahun 2018 antara lain:
1. Siswa mempunyai kebiasaan membaca;
2. Siswa sanggup mengapresiasi hasil bacaan dan mengapresiasi kondisi masyarakat melalui budaya menulis;
3. Terhimpunnya karya-karya tulis siswa SMP dari aneka macam rumpun ilmu;
4. Terlaksananya silaturahim antar finalis LME SMP;
5. Terbentuknya karakter generasi muda yang akan menjadi identitas bangsa Indonesia.
6. Peningkatan minat dan prestasi siswa dalam bidang literasi terutama membaca dan menulis.
E. Sasaran Kegiatan
Sasaran kegiatan LME yaitu siswa SMP/MTs Negeri dan swasta atau sederajat.
F. Penyelenggara
1. Direktorat Pembinaan SMP, Ditjen Dikdasmen, Kemdikbud;
2. Dharma Wanita Persatuan.
G. Layanan Informasi
Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama memperlihatkan layanan Informasi yang sanggup dilihat dan diunduh melalui ditpsmp.kemdikbud. go.id/pesertadidik untuk mendapat informasi terkini perihal perubahan
perubahan yang terjadi dalam peraturan pertandingan, surat pemanggilan-
dan hal lain seputar LME SMP Tahun 2018.
Informasi layanan informasi sanggup diakses melalui:
FB Fan page : ditpsmp.lomba talenta prestasi 2018
Instagram : ditpsmp.prestasi_2018
Twitter : @bakatprestasi18
YouTube : talenta prestasi
Email : bakatprestasi.psmp@kemdikbud.go.id
Alamat sekretariat lomba, pameran dan olimpiade SMP Direktorat Pembinaan SMP
Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Jalan Jenderal Sudirman, Gedung E lantai 17
Senayan, Jakarta Pusat 10270
Telepon. +62 21 5725683
Fax. +62 21 57900459
Sekretariat Lomba. +62 87781037040
H. Pengiriman Naskah
Untuk pengiriman naskah Lomba Menulis Esai (LME) ditujukan ke dharmawanitapersatuanpusatlme@gmail.com
Alamat web
: dharmawanitapersatuan.com
: dwpsosmed
Alamat kantor : Dharma Wanita Persatuan Pusat
Jalan Pedurenan Masjid Kavling F 01
BAB II PENJELASAN UMUM
A. Pengertian
Lomba Menulis Esai (LME) Tingkat SMP Tahun 2018 yaitu ajang kompetisi Siswa SMP tingkat Nasional berupa karya tulis dari hasil pengamatan, hasil pembacaan, dan hasil perenungan dan pemikiran siswa terhadap permasalahan yang berkaitan dengan lingkungan hidup, lingkungan sosial, dan lingkungan budaya yang sanggup membentuk karakter bangsa.
B. Tema
Tema Lomba Menulis Esai SMP Tingkat Nasional Tahun 2018 dengan tema
“Cinta Kehidupan yang Berkarakter” yang mencakup:
1. Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika
2. Ilmu Pengetahuan Sosial dan Budaya
3. Teknologi dan Terapan
Adapun topik yang sanggup dipilih yaitu sebagai berikut.
1. Pengenalan budaya melalui kisah rakyat
2. Sastra sebagai pembentuk karakter bangsa
3. Pembentukan jati diri bangsa melalui kearifan lokal
4. Alam dan Lingkungan sumber kehidupan
5. Penguasaan Teknologi Memajukan Bangsa
6. Pelestarian Budaya dan Lingkungan Hidup Merupakan Tanggung Jawab
Masyarakat
C. Persyaratan Peserta
1. Berkewarganegaraan Indonesia;
2. Siswa masih aktif sebagai siswa SMP/MTs negeri/swasta atau yang sederajat di seluruh wilayah Indonesia;
3. Masih kelas 7 atau kelas 8 pada tahun pembelajaran 2017/2018 pada ketika mengikuti lomba;
4. Memiliki NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) dan terdaftar di Data Pokok
6. Siswa SMP/MTs negeri/swasta atau yang sederajat putra-putri anggota/ keluarga DWP dan masyarakat dibuktikan dengan SK dari Ketua Umum DWP setempat;
7. Setiap sekolah hanya diwakili oleh 1 (satu) siswa/naskah;
8. Siswa SMP/MTs/sederajat dibuktikan dengan Surat Keterangan dari
Sekolah;
9. Wajib mengisi biodata penerima pada pendaftaran daring (registrasi online)
pada laman ditpsmp.kemdikbud.go.id/pesertadidik;
10. Naskah dan lampiran dikirim secara bersamaan.
D. Sifat Karya Tulis
1. Kreatif, yaitu karya tulis mempunyai daya cipta yang unik, artistik, imajinatif, kebaharuan, dan kaya gagasan.
2. Valid, yaitu goresan pena didukung oleh data dan/atau referensi, yaitu gagasan
gagasan yang berasal dari orang lain perlu -
3. Personal, yaitu karya perorangan, yaitu karya dikerjakan secara sendirian, tidak kelompok.
4. Orisinal, yaitu karya tulis belum pernah diikutsertakan dalam lomba atau dipublikasikan pada media apapun.
E. Ketentuan
1. LME 2018 dibuka semenjak diumumkan. Semua naskah untuk lomba tingkat nasional telah diterima oleh panitia selambat-lambatnya 31 Agustus 2018;
2. Esai dibentuk 3 s.d 5 halaman, ukuran kertas A4, spasi 1.5, ukuran 12, huruf
times new romans, dan margins atas-bawah 4 cm, kiri-kanan 3 cm;
3. Esai tidak mengandung unsur SARA yang berpotensi menimbulkan konfilk sosial;
4. Esai dikirim melalui email dharmawanitapersatuanpusatlme@gmail.com
5. Artikel dikirimkan dalam 2 berkas/file yang terdiri atas; satu berkas/file artikel dan satu berkas/file biodata naskah dan lampiran dikirim secara bersamaan;
6. Esai yang masuk final dipresentasikan oleh penulis di hadapan dewan juri;
7. Naskah esai yang dilombakan menjadi hak milik panitia dan sanggup disebarluaskan oleh panitia melalui media massa dengan mencantumkan
nama penulis;
8. Direktorat Pembinaan SMP akan mengumumkan finalis LME tingkat nasional tahun 2018 pada tanggal 14 September 2018 yang sanggup diunduh melalui laman ditpsmp.kemdikbud.go.id/pesertadidik dan dharmawanitapersatuanpusatlme@gmail.com
9. Penulis yang terpilih sebagai finalis didampingi guru pendamping akan diundang mengikuti acara final pada 27 s.d. 31 Oktober 2018 untuk mengikuti evaluasi presentasi di depan dewan juri;
3 lembar, fotokopi kartu pelajar, dan surat keterangan dari kepala sekolah.
11. Para finalis diwajibkan menyerahkan materi presentasi (format MS- Powerpoint, untuk video: format MP4);
12. Bila ada alat peraga, maka pada ketika presentasi, alat tersebut harus dapat
diperagakan sesuai dengan fungsinya;
13. Para finalis yang tidak hadir dalam presentasi dinyatakan gugur sebagai finalis;
14. Para finalis wajib mengenakan pakaian seragam sekolah pada saat
presentasi di hadapan dewan juri;
15. Proses penulisan dibimbing oleh seorang guru sekolah yang bersangkutan
(didukung surat keterangan sekolah)
F. Tahapan Seleksi
1. Penyusunan esai, yaitu tahap penulisan karya tulis siswa sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan panitia. Tahapan ini dilaksanakan sebelum naskah dikirim ke panitia;
2. Pengiriman esai, tahap mengirim naskah secara daring ( online ) ke alamat
pos-el (email) panitia sesuai ketentuan yang ditetapkan;
3. Seleksi administrasi, yaitu tahapan evaluasi manajemen yang didasarkan pada kelengkapan ketentuan yang ditetapkan;
4. Seleksi isi, yaitu tahapan evaluasi substansi (isi) naskah menurut kategori penilaian
5. Presentasi, tahapan evaluasi orisinalitas karya yang didasarkan pada penguasaan penerima akan isi naskah yang dikirim melalui acara presentasi peserta;
6. Tanya jawab, yaitu tahapan evaluasi untuk menguji sejauh mana penerima menguasi materi naskah penulisan;
7. Pembekalan, yaitu kegiatan non evaluasi yang memperlihatkan bekal kepada
penerima terkait kegiatan penulisan esai;
8. Penulisan, yaitu kegiatan penulisan esai oleh para finalis sesuai tema dan topik yang ditentukan dewan Juri;
9. Penilaian akhir, yaitu tahapan evaluasi kemampuan penerima (finalis) esai dalam menulis naskah sesuai ketentuan yang diberikan Dewan Juri.
G. Finalis
Finalis LME SMP Tingkat Nasional akan diumumkan pada awal bulan Juli 2018 .
H. Penghargaan
1. Para finalis akan mendapat penghargaan berupa medali (emas, perak, dan perunggu), piagam, dan hadiah lainnya.
2. Pemenang LME SMP tingkat Nasional akan mendapat penghargaan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI dan Dharma Wanita Persatuan;
3. Pemenang LME SMP Tingkat Nasional terdiri atas, peringkat I, II, III, serta
Harapan I, II, dan III.
4. Setiap penerima LME SMP tingkat nasional tahun 2018 sesuai dengan persyaratan penerima akan mendapat Beasiswa Bakat dan Prestasi SMP tahun 2018 sejumlah Rp. 3.000.000,- [tiga juta rupiah].
I. Nilai-Nilai Penguatan Pendidikan Karakter
Nilai-nilai Penguatan Pendidikan Karakter yang dikembangkan dalam kegiatan LME SMP Tingkat Nasional Tahun 2018 yaitu kreativitas, kedisiplinan, kerja keras, empati, kepercayaan diri, kejujuran, inovasi, intelektualitas, dan kekuatan jaringan, dan nilai-nilai karakter lainnya.
BAB III JURI DAN PENILAIAN
A. Persyaratan Juri
1. Menguasai bidang yang dilombakan serta memahami dunia penulisan;
2. Mempunyai perilaku obyektif, jujur, adil, disiplin, profesional dalam penjurian;
3. Memiliki pengalaman dalam kegiatan lomba sejenis minimal 2 [dua] tahun;
4. Melaksanakan kiprah penjurian sesuai surat keputusan penugasan sebagai dewan juri;
5. Memberikan hasil evaluasi tertulis kepada Panitia di setiap tahapan.
B. Unsur Dewan Juri
Penilaian Lomba Menulis Esai (LME) Tingkat SMP Tahun 2018 Tingkat Nasional dilakukan oleh dewan juri yang terdiri atas beberapa unsur:
1. Direktorat Pembinaan SMP dan unsur di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan;
2. Dharma Wanita Persatuan;
3. Perguruan Tinggi yang kompeten dengan bidang yang dilombakan;
4. Praktisi dalam bidang yang dilombakan.
Komposisi anggota Dewan Juri diadaptasi kebutuhan secara proporsional dengan jumlah Dewan Juri yaitu ganjil.
C. Tugas dan Tanggung Jawab Juri
1. Menyeleksi seluruh karya tulis yang masuk ke sekretariat lomba/panitia sentra dengan kriteria yang telah ditentukan;
2. Menentukan esai siswa yang masuk sebagai finalis;
3. Melaporkan kepada Direktorat Pembinaan SMP dan Dharma Wanita
Persatuan hasil evaluasi awal dari esai yang masuk.
4. Melakukan evaluasi atas karya yang dipresentasikan penerima di depan dewan juri;
5. Melakukan evaluasi final atas hasil penulisan akhir;
6. Menentukan pemenang pada setiap tahapan, untuk selanjutnya diserahkan ke panitia melalui informasi acara pemenang.
D. Tahapan Penilaian
1. Seleksi administratif
2. Seleksi isi
3. Presentasi
4. Penilaian penulisan sehabis pembekalan
E. Aspek yang Dinilai
Setiap tahapan evaluasi esai mempunyai aspek penilaian. Berikut aspek yang dinilai dalam LME SMP Tingkat Nasional Tahun 2018
1. Seleksi Administrasi
Aspek yang dinilai apakah naskah tersebut sudah sesuai dengan ketentuan lomba, menyerupai kesesuaian naskah, jumlah halaman, dll;
2. Seleksi Isi
Aspek yang dinilai berupa ide, relevansi goresan pena dengan tema, g aya bahasa, bentuk penulisan, dan tata bahasa serta pencantuman footnote/endnote dan daftar pustaka;
3. Seleksi Presentasi
Aspek yang dinilai berupa penguasaan masalah, sistematika penyajian, penggunaan bahasa tutur yang baku, perilaku (performance) dalam presentasi, ketepatan waktu, kebenaran dan ketepatan jawaban, serta perilaku dalam menjawab pertanyaan;
4. Seleksi Penulisan Akhir
Aspek yang dinilai berupa ide, relevansi goresan pena dengan tema, gaya bahasa, bentuk penulisan, dan tata bahasa serta pencantuman footnote/endnote dan daftar pustaka
F. Bobot Penilaian
1. Seleksi Naskah bobot evaluasi sebesar 20 persen
2. Seleksi Presentasi (termasuk Tanya-Jawab) bobot evaluasi sebesar 30 persen
3. Seleksi Penulisan Akhir bobot evaluasi sebesar 50 persen
BAB IV PENUTUP
Dengan memahami panduan ini diharapkan panitia penyelenggara, penerima dan pihak-pihak lain sanggup melaksanakan kiprah dengan sebaik-baiknya sehingga kegiatan Lomba Menulis Esai [LME] ini mencapai hasil secara optimal. Hal-hal lain yang belum tercantum dalam panduan pelaksanaan lomba ini akan ditentukan kemudian oleh Panitia Penyelenggara berupa surat keputusan tambahan, adendum atau hukum suplemen dalam peraturan lomba ini. Seluruh keputusan panitia penyelenggara yang tercantum di dalam peraturan perlombaan di atas mutlak dan tidak sanggup diganggu gugat.
Menyadarimasihbanyakkekurangandalampanduanini, kamisangatmengharapka n kritik dan saran sebagai materi masukan bagi perbaikan penyelenggaraan LME di tahun-tahun mendatang.
Semoga Buku Panduan/Petunjuk Pelaksanaan (Juklak) Lomba Menulis Esai (LME) Tingkat SMP Tahun 2018 ini sanggup membantu dalam mencapai sasaran, harapan, dan tujuan yang akan dicapai.
Demikian goresan pena perihal