Saturday, November 17, 2018

√ Referensi Prosa Gres Cerpen Dan Novel Dalam Bahasa Indonesia

Cerpen dan novel merupakan dua diantara jenis-jenis prosa baru yang ada. Cerpen atau kisah pendek merupakan prosa gres yang menceritakan secara khusus kehidupan seseorang atau suatu peristiwa. Sementara itu, novel diartikan sebagai prosa gres yang menceritakan kehidupan seseorang atau kejadian yang disampaikan secara panjang dan berbab. Kedua jenis prosa gres tersebut akan ditampilkan contohnya, yang bisa dilihat sebagaimana berikut ini!


A. Contoh Prosa Baru Cerpen


Ikan-Ikan dalam Sendang*

Karya: Kuntowijoyo


Pedusunan sudah terlelap saat pria renta itu menggeliat dari tidurnya, masih berbaring. Sarung yang dipakainya untuk selimut, kinidiselempangkan di leher. Dia merasa hangat sekarang. Sebuah jas lurik dan celana hitam hingga lutut. Masih lagi selembar sarung ikat kepala dan sandal. Itu cukup untyk melindunginya dari malam-malam yang beku di dusun. Segera beliau menyambar batang kail di pojok kamar, sebuah bungkus cacing umpan, dan sebuah kepis. Lalu, dibukanya pintu pelan. Selamat tidur, Istri. Selamat ternyenyak, pedudusunan. Dia meninggalkan rumahnya.


Dalam kepekatan malam itu, beliau hanyalah sebuah bayang hitam yang bergerak arah pinggiran dusun. Memang ada lampu-lampu yang digantng di emper-emper rumah, tapi kelip-kelipnya cuma menerangi pohonan rimbun di sekitar. selain itu, semuanya ialah kegelapan. Jauh di pojok dusun, entah di mana, terdengar orang menabuh kentong bambu. Itu menegaskan kesunyian. Siapa orang yang sudi bangkit pada lewat tengah malam itu?


B. Contoh Prosa Baru Novel


Pingkan Melipat Jarak**

Karya: Sapardi Djoko Damono


Sudah lebih dari sejam Pingkan duduk di depan cermin. Setiap kali becermin, ia ingat kata ibunya bahwa cermin itu sudah dipakainya semenjak ia pintar balig cukup akal di Makassar. Alasan ayahnya membawa benda antik itu ke Jawa ialah arena telah puluhan tahun digunakan oleh Hartini. Cermin itu benda keramat, katanya dengan wajah datar, yang telah menyulap ibumu menjadi cantik. Sebelumnya Pingkan tidak pernah berpikir wacana itu, tetapi sesudah sejam membisu saja di depannya, untuk pertaa kalinya ia bayangkan ibarat apa raut muka ibunya sebelum pindah ke Jawa. Tidak ada wajah ibunya di cermin sore itu, hanya wajahnya sendiri yang bertahap bermetamorfosis setua ibunya. Ia tatap wajah itu lama-lama dan tiba-tiba dari dalam cermin disaksikannya ibunya muncul membuka pintu kamr, berdiri menatapnya tanpa mengucapkan sepatah kata pun.


Pingkan menoleh, dilihatnya sosok yang tadi di cermin itu bertahap bermetamorfosis dirinya. Tidak tahu apa yang harus dikatakan. Ibu? tanyanya. Tidak ada jawaban. Pergilah dari sini, saya tak mengenalmu. Tidak terperinci baginya bunyi siapa yang didengarnya, suaranya sendiri atau bunyi siapa. Ia dekati sosok itu, semakin akrab semakin kabur lalu mundur sangat pelahan, menembus pintu dan lenyap….


Demikianlah beberapa teladan prosa gres cerpen dan novel dalam bahasa Indonesia. Jika pembaca ingin menambah refrensi soal cerpen dan novel, pembaca bisa membuka artikel macam-macam cerpen, contoh kisah cerpen, jenis-jenis novel, dan contoh kisah novel. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan para pembaca sekalian, baik itu mengenai cerpen dan novel pada khususnya, maupun bahan pembelajaran bahasa Indonesia pada umumnya. Sekian dan juga terima kasih.


*Disadur dari buku kumpulan cerpen “Dilarang Mencintai Bunga-Bunga” karya Kuntowijoyo.


**Disadur dari novel “Pingkan Melipat Jarak” karya Sapardi Djoko Damono.



Sumber https://dosenbahasa.com