Wednesday, December 19, 2018

√ 12 Pola Kalimat Titik Puncak Dalam Bahasa Indonesia

Salah satu keunikan dan keindahan bahasa Indonesia yaitu memiliki macam-macam majas.  Penggunaan majas dalam kalimat menciptakan kalimat terdengar lebih indah. Salah satu majas yang sering dipakai yaitu majas klimaks. Majas titik puncak merupakan gaya bahasa yang mengatakan urutan dari yang paling bawah sampai paling atas. Sedangkan kalimat titik puncak yaitu kalimat yang mempunyai majas titik puncak di dalamnya. Berikut yaitu beberapa referensi kalimat titik puncak yang sanggup Anda pelajari:



  1. Semua warga negara mulai dari yang muda sampai yang tua wajib menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

  2. Buku kisah itu sangat anggun untuk dibacakan kepada anak usia 2 tahun sampai 5 tahun semoga daya pikirnya semakin terasah.

  3. Wahana permainan itu hanya memperbolehkan orang yang berada pada tinggi tubuh mulai dari 100 cm ke atas.

  4. Mulai dari SD, SMP, sampai SMA, Bella dan Juna selalu menjadi juara kelas setiap tahunnya.

  5. Mita harus mengikuti les musik mulai dari Senin sampai Jumat.

  6. Anak pria itu terus bangun di depan toko itu sejak pagi sampai malam.

  7. Sejak matahari terbit sampai matahari terbenam, ayam ahli Pak Toto tidak ditemukan juga.

  8. Mulai dari lahir sampai 1000 hari pertama kehidupan merupakan masa emas bagi perkembangan otak anak.

  9. Mutia yaitu anak yang selalu disenangi siapa saja, mulai dari bawah umur sampai ibu-ibu.

  10. Rumah nomor 6 sampai 55 dalam komplek tersebut akan menerima giliran mati listrik mulai besok pagi.

  11. Mulai dari camilan manis yang paling lezat sampai yang tidak enak sekalipun niscaya akan selalu habis dimakan Jarwo.

  12. Dari kecil sampai dewasa, sifat manjanya kian menjadi-jadi.


Itulah beberapa referensi kalimat titik puncak dalam Bahasa Indonesia yang sanggup Anda pelajari. Bahasan lainnya yang berkaitan dengan majas adalah contoh majas titik puncak dan antiklimakscontoh majas metaforacontoh majas sarkasmecontoh majas klimaks, contoh majas mesodiplosiscontoh majas epiforacontoh majas apofasiscontoh majas polisidentoncontoh majas asidentoncontoh majas alusiocontoh majas eponimcontoh majas perifrasa, contoh majas disfemisme, contoh majas simetricontoh majas parabelcontoh majas satirecontoh majas innuendo, contoh majas inversi, dan majas alegori. Semoga bermanfaat. Terima kasih.



Sumber https://dosenbahasa.com