Monday, December 17, 2018

√ Rumus Kimia Sulfur (Sulfur), Sifat Belerang, Dan Fungsi Belerang

Rumusrumus.com pada pembahasan kali ini akan membahas perihal belerang, termasuk rumus, pembuatan belerang, sifat sifat belerang serta fungsi belerang bagi kehidupan manusia. termasuk tabel periodik dan juga hal menarik perihal sulfur atau yang biasa kita kenal dengan sulfur


Pengertian Belerang


Belerang atau dengan nama lain sulfur ialah unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang S dan dengan nomor atom 16. Belerang juga merupakan unsur non-logam yang tidak berasa. dalam bentuk aslinya ialah sebuah zat padat kristalin kuning.


Di alam, sulfur sanggup ditemukan sebagai unsur murni ataupun sebagai mineral sulfat dan sulfida . Belerang termasuk unsur penting bagi kehidupan dan ditemukan pada 2 asam amino. satu teladan penggunaan sulfur biasanya dalam pupuk. Selain itu, sulfur juga digunakan dalam bubuk mesiu, insektisida, korek api , dan fungisida.


Rumus Belerang


 pada pembahasan kali ini akan membahas perihal sulfur √ Rumus Kimia Belerang (Sulfur), Sifat Belerang, Dan Fungsi Belerang
tabel periodik belerang

Pembuatan Sulfur


Belerang biasanya dihasilkan secara komersial pada sumber mata air hingga endapan garam yang melengkung sepanjang Lembah Gulf. air yang dipanaskan masuk ke sumber mata air untuk mencairkan belerang, dan lalu terbawa ke permukaan.


Belerang pun terdapat pada minyak mentah dan gas alam, tetapi sulfur harus dihilangkan dari keduanya. hal ini dilakukan secara kimiawi, yang akhinya harus membuang belerang. Namun ketika ini, proses yang gres memungkinkan untuk mengambil balik sulfur yang terbuang. Sebagian besar sulfur diambil dari ladang gas Alberta.


Sifat Sifat Sulfur


Belerang atau dengan nama lain sulfur itu berwarna kuning pucat, padatan yang ringkih dan tidak larut didalam air akan tetapi gampang larut dalam CS2 atau yang di sebut karbon disulfida. Dalam aneka macam bentuk, baik cair , gas , maupun padat, unsur sulfur terjadi sebagai bentuk alotrop yang lebih dari satu atau banyak campuran. Dengan bentuk yang berbeda, hasilnya sifatnya pun berbeda dan keterkaitan antara sifat dan bentuk alotropnya belum sanggup dipahami.


Isotop


Ada empat isotop stabil sulfur atau yang sering dikenal sebagai sulfuR

meliputi sulfur 32, 33, 34, dan 36.

Mayoritas yang alami sulfur ialah sulfur 32.


 pada pembahasan kali ini akan membahas perihal sulfur √ Rumus Kimia Belerang (Sulfur), Sifat Belerang, Dan Fungsi Belerang
gambar belerang

Kegunaan Belerang


Belerang atau sulfur ialah komponen serbuk mesiu yang digunakan didalam proses vulkanisasi karet alam dan berperan juga sebagai fungisida. Belerang digunakan jumlah besar dalam pembuatan pupuk fosfat. Berton-ton sulfur digunakan supaya menghasilkan asa sulfat, materi kimia yang sangat penting.


Belerang atau sulfur juga digunakan untuk membuat kertas sulfit dan jenis kertas lainnya, untuk menciptakan streril alat pengasap, dan juga untuk memutihkan buah kering. Belerang merupakan insultor yang amat baik.


Belerang atau sulfur begitu penting bagi kehidupan. Belerang menjadi penyusun lemak, mineral tulang dan cairan tubuh, dalam kadar yang sedikit.


Belerang atau sulfur juga sanggup dengan cepat menghilangkan bau. namun Belerang dioksida termasuk zat berbahaya di atmosfer, sebagai pencemar udara.


Fakta Menarik perihal Sulfur


Planet Jupiter dengan salah satu satelitnya terlihat berwarna kuning itu dikarenakan terdapat banyak jumlah besar sulfur atau sulfur di permukaannya. Belerang ini juga berasal dari banyak gunung berapi yang masih aktif di suatu planet.


Sumber utama hujan asam ialah ketika sulfur dioksida masuk ke atmosfer dan diubah menjadi asam sulfat.


Siklus sulfur penting yang kerap terjadi di bumi itu ibarat dengan siklus unsur lain ibarat siklus karbon, nitrogen dan oksigen.


Amerika serikat , china, Kanada, dan Rusia ialah negara penghasil sulfur terbanyak di planet ini.


Baca Juga :





Sumber https://rumusrumus.com