Tuesday, December 18, 2018

√ Rumus Vlookup

Rumus Vlookup merupakan salah satu fungsi ataupun rumus excel dasar yang umum dibutuhkan. Rumus Excel Vlookup termasuk di dalam kategori lookup & reference ini akan sering di butuhkan ketika mengerjakan tugas-tugas keseharian yang terkait dengan microsoft excel.


Bagaimana cara menggunakan rumus vlookup pada excel?


Berikut selengkapnya akan kami jelaskan di bawah ini


Pengertian Vlookup Excel


Sebelum mempelajari ihwal cara menggunakan vlookup excel, perlu diketahui terlebih dahulu apa itu fungsi Vlookup microsoft excel.


Fungsi / Rumus Excel VLOOKUP yaitu salah satu fungsi ms. Excel yang digunakan untuk mencari data pada kolom pertama pada sebuah tabel data, kemudian mengambil nilai dari sel manapun di baris sama pada tabel data tersebut.


Dengan rumus Vlookup Microsoft Excel ini kita bisa mengisi data pada sebuah tabel menurut data pada sebuah tabel referensi lain dengan memaka sebuah nilai kunci yang spesifik.


Salah satu rujukan pada penggunaan fungsi Vlookup yaitu untuk konversi rentang nilai angka ke abjad pada excel


Awalan abjad “V” didepan pada kata Vlookup yaitu kependekan dari kata Vertical. Istilah vertikal merujuk pada bentuk tabel referensi yang dipakai, dimana header maupun judul tabel ada dibagian atas dan field datanya tersusun kebawah atau vertikal.


“Fungsi rumus Vlookup Excel ini ada disemua versi Ms. Excel”


Kebalikan dari Fungsi Vlookup yaitu Fungsi Hlookup. Kedua fungsi ini (Hlookup dan Vlookup) yaitu fungsi excel yang spesifik dari Fungsi Lookup yang umum digunakan untuk data vertikal ataupun horisontal.


Rumus Vlookup pada Excel


 merupakan salah satu fungsi ataupun rumus excel dasar yang umum diharapkan √ Rumus Vlookup
rumus vlookup

Untuk mengetahui fungsi dari Vlookup ini, maka kau wajib mengetahui syntax Vlookup , Simak rumusnya di bawah ini:











Rumus Vlookup
=VLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num,[range_lookup])

Keterangan Rumus


– lookup_value (Wajib diisi) Merupakan suatu nilai yang digunakan untuk mencari data yang diinginkan.


– table_array (wajib diisi) yaitu range ataupun tabel yang digunakan untuk mencari data. Sebagai pengingat yaitu table array ini disebut juga dengan tabel vlookup.


– col_index_num (wajib diisi), yaitu nomor urut kolom yang ingin diambil nilainya yaitu menurut nomor kolom pada tabel. Jika diisi dengan nilai yang jumlahnya kurang dari 1, maka alhasil yaitu ERROR#VALUE!. Namun, jikalau kau mengisinya dengan angka yang lebih besar daripada jumlah kolom yang ada di tabel yaitu alhasil ERROR#REFF!.


– range_lookup (opsional) yaitu nilai true (false). Jika nilai true akan digpakai dan jikalau ingin mendapat hasil yang mendekati, sedangkan false digunakan jikalau kau menginginkan nilai yang pasti. Agar syntax rumusnya lebih singkat, maka true sanggup diganti dengan 0 dan untuk false diganti dengan angka


Contoh Menggunakan Vlookup


Ada tips yang begitu efektif dalam menggunakan Vlookup padaexcel. Dimana di dalam beberapa hal yang dilakukan tentunya sanggup memudahkan dan menghindari kesalahan ketika menggunakan fungsi tersebut. Tips-tipsnya sebagai berikut,


1. Reference absolute

Kamu bisa menggunakan reference absolute pada tablle array yang caranya yaitu tekan F4 di argument range.


2. Define Name

Jika tidak menggunakan reference absolute, kau sanggup juga menggunakan define name yang fungsinya memberi nama range dengan menggunakan fitur table.


Seperti rujukan berikut, kau namai tabel data stock dengan nama “table_stock”. Lalu bisa lakukan dengan cara blok table dan pilih sajian pada tab formula dan pilih define name, kemudian kau beri nama “tabel_stock”lalu save.


 merupakan salah satu fungsi ataupun rumus excel dasar yang umum diharapkan √ Rumus Vlookup


Dengan menggunakan define name maka didapatkan rumus yang lebih simpel.


 merupakan salah satu fungsi ataupun rumus excel dasar yang umum diharapkan √ Rumus Vlookup


Sehingga rumus yang simpel itu maka outputnya akan terlihat menyerupai dibawah ini


 merupakan salah satu fungsi ataupun rumus excel dasar yang umum diharapkan √ Rumus Vlookup


Kesalahan dalam Penggunaan Vlookup


Bagi kau yang mrmakai Vlookup pada ms. Excel, tentu tidak menyadari bahwa ada beberapa kesalahan di dalam penggunaannya. Kesalahan-kesalahan tersebut diantaranya yaitu.


1. Pada range tabel, banyak yang tidak dibentuk otoriter / mutlak dan tidak menggunakan simbol $. Dengan begitu, data sanggup bergerak ketisaat ka dicopi. Seperti misalnya A1:E20 seharusnya dituliskan $A$1:$E$20.


2. Pada format nilai yang digunakan untuk melookup tak sama. Seperti contohnya, pada salah satu nilai yang sudah memiliki format number sedangkan di tabel yang digunakan yaitu format text.


Untuk lebih jelasnya kembali, kau bisa menyimak rujukan dari penggunaan vlookup menyerupai rujukan di bawah ini.


Pada cell 15 sanggup diketahui rumusnya menyerupai berikut,


=VLOOKUP(B15,B2:G13,6,0)


Dari rumus itu maka sanggup dihasilkan nilai 11,000 yang merupakan harga beras.


Dengan menggunakan fungsi vlookup yang efektif ini, maka mendapat akomodasi kesaat tika akan mencari data dan mengambil data dari tabel yang referensinya menurut dari nilai tertentu.


Sesuai dengan namanya yaitu vertical lookup, maka proses pencarian datanya dilakukan denga cara vertikal, Sebab pada aktivitas ms. Excel ini memiliki fungsi khusus untuk mencari data dengan horizontal pula, yaitu Hlookup.








Catatan :

Seperti yang dijelaskan bahwa Vlookup Excel hanya melaksanakan pencarian di kolom pertama. Rumus pada Vlookup excel tidak sanggup mencari data disebelah kanan yaitu kolom pencarian.Sebagai catatan terakhir yaitu fungsi excel vlookup hanya mengambil data pertama yang ditemukan, Maka, jikalau data yang dicari lebih dari satu untuk megambil data ganda perlu menggunakan cara lain.


Catatan lain bergotong-royong Fungsi Vlookup berlaku jikalau tabel kita susun secara Vertikal.


Demikianlah pembahasan kali ini, Semoga bermanfaat


Rumus Excel Lainnya :





Sumber https://rumusrumus.com