Download Buku Petunjuk (User Manual) Penggunaan Aplikasi EMIS: MI, MTs, MA, TPQ, PTAI, PAIS, Simali, Pengawas Terbaru
Sebelum memakai Aplikasi EMIS: MI, MTs, MA, TPQ, PTAI, PAIS, Simali, Pengawas Terbaru ini, sebaiknya pengguna mengetahui dulu tampilan dan fungsi dari tabel/grid identitas forum yang dipergunakan.
Aplikasi EMIS: MI, MTs, MA, TPQ, PTAI, PAIS, Simali, Pengawas Terbaru merupakan aplikasi yang berfungsi untuk memasukan data-data yang berkaitan dengan MI, MTs, MA, TPQ, PTAI, PAIS, Simali, Pengawas. Sebelum anda sanggup membuka tampilan aplikasi EMIS MI, MTs, MA, TPQ, PTAI, PAIS, Simali, Pengawas, perlu diingat bahwa Aplikasi EMIS: MI, MTs, MA, TPQ, PTAI, PAIS, Simali, Pengawas ini ialah aplikasi berbasis web, sehingga untuk membukanya diharapkan software penjelajah internet (browser) ibarat Mozilla Firefox, Google Chroom, Internet Explore dan lain-lain. Namun perlu diingat, untuk jenis browser yang disarankan yang compatible dengan aplikasi ini ialah Mozilla Firefox.
Berikut ialah tautan Download Buku Petunjuk Penggunaan Aplikasi EMIS: MI, MTs, MA, TPQ, PTAI, PAIS, Simali, Pengawas Terbaru:
Berikut ialah kutipan dari Petunjuk Penggunaan Aplikasi EMIS Terbaru tersebut:
DAFTAR ISI
BAB I BAGIAN INTERFACE LAMAN ...................................................................... 1
BAB II APLIKASI PENDATAAN MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) ................................. 10
II.1. Pendahuluan ................................................................................... 10
II.1.1. Update Data ......................................................................... 14
II.1.2. Detail Lembaga ..................................................................... 15
II.1.2.1. Data Umum ............................................................ 16
II.1.2.2. Data Kesiswaan ....................................................... 18
II.1.2.3. Data Keuangan ........................................................ 21
II.1.2.4. Data Sarana dan Prasarana ...................................... 24
II.1.2.5. Data Kurikulum dan Kegiatan .................................... 29
II.1.3. Detail Siswa .......................................................................... 31
II.1.3.1. Ubah NIS Lokal Siswa .............................................. 39
II.1.4. Detail Personal Guru/Non-Guru .............................................. 40
II.1.4.1. Ubah NIP/Nomor Karyawan ...................................... 53
II.1.5. Ubah Nomor Statistik ............................................................ 54
BAB III PANDUAN PENGISIAN FORMULIR ............................................................ 56
III.1. Pengisian Username dan Password pada jendela Login pada aplikasi.... 56
III.2. Pengisian pada jendela Pengaturan .................................................. 56
III.3. Pengisian Formulir Data Umum Lembaga .......................................... 57
III.3.1. Data Identitas ..................................................................... 57
III.3.2. Data Lokasi ......................................................................... 58
III.3.3. Data Personel ...................................................................... 58
III.4. Pengisian Formulir Data Kesiswaan ................................................... 59
III.4.1. Data Nilai Siswa ................................................................... 59
Buku Petunjuk Penggunaan Aplikasi EMIS: MI, MTs, MA, TPQ, PTAI, PAIS, Simali, Pengawas Terbaru
III.4.2. Data Siswa .......................................................................... 60
III.4.2.1. Tabel 1. Keadaan Siswa Akhir TP sebelumnya ......... 60
III.4.2.2. Tabel 2. Mutasi Siswa TP ketika ini ........................... 60
III.4.2.3. Tabel 3. Asal Siswa Kelas 1 TP ketika ini ................... 60
III.4.2.4. Tabel 4. Keadaan Siswa TP ketika ini ........................ 60
III.4.2.5. Tabel 5. Siswa Berdasarkan Usia TP ketika ini ........... 61
III.4.2.6. Tabel 6. Jumlah Siswa dan Rombel Menurut Waktu
Belajar TP ketika ini ................................................ 61
III.4.3. Data Keberadaan Lulusan Siswa ............................................ 61
III.4.4. Data Orangtua Siswa ........................................................... 61
III.4.4.1. Pendidikan Orangtua Siswa ................................... 61
III.4.4.2. Pekerjaan Orangtua Siswa ..................................... 61
III.4.4.3. Penghasilan Orangtua Siswa .................................. 62
III.5. Pengisian Formulir Data Keuangan ................................................... 62
III.5.1. Data Sumber Pendanaan ...................................................... 62
III.5.2. Data Keuangan .................................................................... 62
III.5.3. Data Bantuan Sarana Prasarana Pendidikan ........................... 63
III.5.4. Data Bantuan Pendidikan ..................................................... 63
III.6. Pengisian Formulir Sarana dan Prasarana .......................................... 64
III.6.1. Data Tanah ......................................................................... 64
III.6.2. Data Bangunan dan Sarana .................................................. 64
III.6.3. Data Mebel .......................................................................... 64
III.6.4. Data Administrasi ................................................................. 65
III.6.5. Data Olahraga dan Seni......................................................... 65
III.6.6. Data Sumber Air dan Penerangan........................................... 65
III.7. Pengisian Formulir Data Kurikulum dan Kegiatan ............................... 65
III.7.1. Data Kurikulum .................................................................... 65
Buku Petunjuk Penggunaan Aplikasi EMIS: MI, MTs, MA, TPQ, PTAI, PAIS, Simali, Pengawas Terbaru
III.7.2. Data Perpustakaan ............................................................... 65
III.8. Pengisian Formulir Detil Personal Pegawai ......................................... 66
III.8.1. Data Identitas/Pribadi Pegawai ............................................. 66
III.8.2. Riwayat Status Kepegawaian ................................................ 67
III.8.3. Riwayat Pendidikan Umum ................................................... 67
III.8.4. Riwayat Pesantren ............................................................... 68
III.8.5. Riwayat Penataran ............................................................... 68
III.8.6. Riwayat Sertifikasi ................................................................ 68
III.8.7. Riwayat Penugasan Utama ................................................... 69
III.8.8. Riwayat Tugas Tambahan di RA/Madrasah Utama ................... 69
III.8.9. Riwayat Tugas Mengajar di Lembaga Lainnya ........................ 69
III.8.10. Riwayat Tugas Tambahan di Lembaga Lainnya ..................... 70
III.8.11. Penugasan Non-Guru ......................................................... 70
III.9. Pengisian Formulir Detil Siswa .......................................................... 70
III.9.1. Data Identitas Pribadi Siswa ................................................. 70
III.9.2. Data Identitas Orangtua/Wali Siswa ...................................... 72
III.9.3. Data Aktivitas Belajar Siswa .................................................. 72
III.9.4. Data Pendidikan Lain ........................................................... 73
III.9.5. Data Beasiswa ..................................................................... 73
III.9.6. Data Prestasi ....................................................................... 73
III.9.7. Data Status Aktif dan Non-Aktif ............................................. 74
BAB IV REPORT atau LAPORAN ........................................................................... 75
BAB IV PENUTUP ............................................................................................... 79
BAB I
BAGIAN INTERFACE LAMAN
Sebelum memakai aplikasi ini, sebaiknya pengguna mengetahui dulu tampilan interface disertain dengan menu-menu yang tertera di dalam halam laman tersebut. Alamat laman yang dipakai ialah http://emispendis.kemenag.go.id, yang ketika alamat ini diketikkan di kafe address browser (IE, Firefox, Google Chroom, dll), maka akan terbuka halaman sebagai berikut:
Pada tampilan halaman awal tersedia banyak sekali macam hidangan pilihan yakni, Laporan Statistik Pendidikan, Aplikasi, FAQ, Petunjuk Pengisian dan Forum. Selain itu juga pada halaman tersebut juga tampil kemudahan cari detail forum untuk mengetahui posisi forum menurut titik koordinat.
Pada bab dibawah ini akan kita materi satu demi satu menu-menu yang ada pada tampilan awal laman ini.
1. Petunjuk Pengisian.
Pada hidangan ini tersedia petunjuk pengisian form pendataan yang dipakai untuk mengisi di bab Aplikasi. Saat ini petunjuk pengisian itu dibedakan untuk masing- masing jenjang forum yang akan didata, yakni RA/BA, Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah, Madrasah Diniyah, Pondok Pesantren, TPQ, Guru PAIS, Pengawas, PTAI dan tentunya petunjuk untuk aplikasi pengendalian kegiatan dan evaluasi.
2. FAQ.
Pada hidangan ini tersedia file pertanyaan dan solusi yang selama ini dirangkum dari permasalahan semenjak aplikasi EMIS berbasis web diluncurkan. Selain itu pada aplikasi ini juga tersedia petunjuk cara mencari titik koordinat bumi yang nanti akan diisikan pada formulir aplikasi pendataan, serta juga terdapat tools untuk mengkonversi titik koordinat bumi dari titik berbasis google map ke titik koodinat berbasis GPS.
3. Aplikasi.
Pada hidangan ini tersedia aplikasi-aplikasi yang dikelola oleh Subbag Sistem Informasi antara lain:
1. Aplikasi pendataan RA dan Madrasah.
2. Aplikasi pendataan Pontren, Madin dan TPQ.
3. Aplikasi pendataan Guru PAIS dan Pengawas.
4. Aplikasi pendataan PTAI, dan
5. Aplikasi Pengendalian Program dan Evaluasi.
Aplikasi EMIS online selama ini adonan dari aplikasi RA dan Madrasah, Pontren, Madin dan TPQ, Guru PAIS dan Pengawas. Sementara Aplikasi PTAI dan Pengendalian
Program dan Evaluasi bangun sendiri.
Buku Petunjuk Penggunaan Aplikasi EMIS: MI, MTs, MA, TPQ, PTAI, PAIS, Simali, Pengawas Terbaru
4. Laporan Statistik Pendidikan.
Pada hidangan ini tersedia laporan-laporan berupa rekapitulasi data statistik yang ditampilkan per propinsi, per kabupaten/kota, dan per kecamatan. Untuk ketika ini laporan statistik ini gres tersedia untuk jenjang RA/BA, MI, MTs, MA dan Pengawas.
Di masing-masing jenjang forum pada laporan statistik pendidikan antara lain berisi: jumlah lembaga, jumlah rombel, Kualifikasi pengajar, jumlah siswa, penghasilan orangtua, kondisi ruang kelas, jumlah siswa do, jumlah siswa pengulang, jumlah siswa tamat belajar, jumlah tenaga pengajar yang bersertifikat. Pada hidangan Laporan ini juga disertai pilihan tahun pelajaran yang ingin dilihat.
5. Forum.
Forum ini merupakan kemudahan gres sebagai sarana saling membuatkan gosip dan pengalaman antar sesama pengguna aplikasi.
6. Menu Pencarian.
Menu ini merupakan hidangan gres yang tersedia di laman ini. Menu ini dipakai untuk mencari letak suatu forum (untuk ketika ini gres RA/BA, MI, MTs, dan MA) menurut titik koordinat bumi yang nantinya ditampikan ke dalam bentuk peta Google. Nah titik pencarain ini untuk ketika ini masih menurut NSM forum yang bersangkutan, ibarat teladan berikut ini:
Gambar I-2. Gambar Fasilitas Pencarian Lembaga
Setelah menentukan jenjang forum yang akan dicari, kemudian memasukkan NSM sebagai indikator pencarian maka, silahkan tekan tombol , maka akan muncul tampilan sepeti berikut ini:
Setelah tampilan diatas terlihat, untuk melihat lebih detail lagi gosip yang tersedia dari masing-masing lembaga, silahkan klik salah satu lambang ini ( ), sehingga
ketika di klik maka akan muncul tampilan pop-up sebagai berikut ini:
Gambar I-7. Gambar pop-up info box salah satu titik lembaga
Untuk melihat lebih detail lagi gosip forum tersebut silahkan klik , sehingga akan muncul tampilan sebagai berikut ini:
Gambar I-8. Gambar titik detail forum serta gosip profil lembaga
Pada bab box informasi, box gosip terdiri dari profil, siswa, guru, sarpras, dan foto. Untuk gosip profil terdiri dari gosip Nomor Statistik Baru, Nomor Statistik Lama, Nama lembaga, Alamat, Jumlah Siswa, Jumlah Guru, dan Kondisi Ruang Kelas secara keseluruhan.
Kemudian pada bab siswa silahkan klik , sehingga akan muncul tampilan sebagai berikut ini:
Gambar I-9. Gambar box info siswa
Petunjuk Penggunaan Aplikasi Emis – MI Halaman 7
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam – Kementerian Agama RI
Pada tampilan box siswa berisi gosip jumlah siswa, jumlah siswa kebutuhan khusus, jumlah siswa DO, Jumlah siswa pengulang, jumlah siswa miskin, dan jumlah rombel. Untuk setiap kategori jumlah siswa jumlah yang muncul ialah jumlah siswa menurut per kelas dan jenis.
Kemudian pada bab guru silahkan klik , sehingga akan muncul tampilan sebagai berikut ini:
Gambar I-10. Gambar box info Guru
Pada tampilan box info guru berisi gosip jumlah Guru total, jumlah Guru yang sudah tersertifikasi, serta kualifikasi guru menurut status kepegawaian dan jenis kelamin. Kemudian juga pada bab ini terdapat gosip jumlah tenaga kependidikan, yakni TU dan Laboran menurut status kepegawaian dan jenis kelamin.
Kemudian pada bab sarpras silahkan klik , sehingga akan muncul tampilan sebagai berikut ini:
Buku Petunjuk Penggunaan Aplikasi EMIS: MI, MTs, MA, TPQ, PTAI, PAIS, Simali, Pengawas Terbaru
Gambar I-11. Gambar box info Sarana dan Prasarana
Pada tampilan box info sarpras berisi gosip jumlah sarana dan prasarana yang dimiliki serta kondisinya masing.
Kemudian pada bab foto silahkan klik , sehingga akan muncul tampilan sebagai berikut ini:
Gambar I-12. Gambar box info Foto
Pada tampilan box foto ini berisi gosip wacana gambar atau foto kondisi forum yang bersangkutan.
Form yang Nampak pada gambar II-24 diatas ialah form penambahan data batuan sarana prasarana, isikan gosip sesuai dengan yang diminta (cara pengisian akan dijelaskan di BAB III).
Setelah mengisi dengan sempurna, silahkan tekan tombol
. Setelah menekan tombol , maka form akan berubah atau menuju ke form list data dukungan sarana prasarana pendidikan ibarat pada Gambar II-23. Setelah simpulan mengisi formulir bantuan
sarana prasarana dengan sempurna, silahkan tekan tombol .
Setelah tombol ditekan, maka form akan berubah atau kembali ke awal ibarat gambar II.13. Langkah selanjutnya anda diminta untuk mengisi data Bantuan Pendidikan dengan cara
menekan tombol , sehingga akan terbuka jendela formulir sumber pendanaan ibarat nampak pada gambar berikut ini:
Gambar II-25. Form List Data Bantuan Pendidikan
Form diatas menampilkan list data Bantuan Pendidikan yang dimiliki oleh lembaga. Untuk melaksanakan penambahan klik tombol
atau tombol untuk merubah.
Gambar II-26. Form Tambah Data Bantuan Pendidikan
Petunjuk Penggunaan Aplikasi Emis – MI Halaman 23
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam – Kementerian Agama RI
Form yang Nampak pada gambar II-26 diatas ialah form penambahan data baru, isikan gosip sesuai dengan yang diminta (cara pengisian akan dijelaskan di BAB III). Setelah mengisi dengan
sempurna, silahkan tekan tombol . Setelah menekan tombol , maka form akan berubah atau menuju ke form
list data dukungan pendidikan ibarat pada Gambar II-25. Setelah
simpulan mengisi formulir dukungan pendidikan dengan sempurna,
silahkan tekan tombol . Setelah tombol ditekan, maka form akan berubah atau kembali ke awal ibarat gambar II.13. Dan hal ini proses pengisian data keuangan telah selesai.
II.1.2.4 Data Sarana dan Prasarana
Setelah proses pengisian data keuangan simpulan dengan sempurna, proses selanjutnya ialah pengisian data Sarana dan Prasarana. Pada data sarana ini terdapat kemudahan gres yakni untuk mengunggah data foto kondisi lembaga. Caranya ialah dengan menekan tombol
sehabis itu silahkan tekan tombol
. Setelah tombol ditekan maka akan muncul tampilan sebagai berikut:
Setelah form ini terbuka silahkan isikan data sarana-olahraga dan seni yang ada di lembaga. Setelah simpulan input dengan sempurna
data sarana-olahraga dan seni, silahkan tekan tombol
atau . Setelah menekan tombol atau
, maka akan muncul form berikutnya yakni form sarana- sumber air dan penerangan, ibarat nampak pada gambar dibawah ini:
Gambar II-35 Form Sarana Sumber Air dan Penerangan
Setelah form ini terbuka silahkan isikan data sarana-sumber air dan penerangan yang ada di lembaga. Setelah simpulan input dengan
Petunjuk Penggunaan Aplikasi Emis – MI Halaman 28
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam – Kementerian Agama RI
tepat data sarana- sumber air dan penerangan, silahkan tekan tombol atau . Setelah menekan tombol
atau , maka form akan berubah atau
kembali ke awal ibarat gambar II.13. Dan hal ini proses pengisian data sarana dan prasarana telah selesai.
II.1.2.5. Data Kurikulum dan Kegiatan
Setelah proses pengisian data sarana dan prasarana simpulan dengan sempurna, proses selanjutnya ialah pengisian data kurikulum dan kegiatan. Caranya ialah dengan menekan tombol
. Setelah tombol ditekan, kemudian silahkan tekan tombol
. Setelah tombol kurikulum ditekan, maka akan
terbuka formulir data kurikulum dan kegiatan belajar, ibarat nampak pada gambar dibawah ini:
Demikian goresan pena wacana