Download Contoh Soal dan Kunci Jawaban Siap UTS/PTS Semester 2/II Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI Kurikulum 2013
Download Contoh Soal dan Kunci Jawaban Siap UTS/PTS Semester 2/II Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI Kurikulum 2013 kami persiapkan sebagai sarana berguru dalam menghadapi ulangan/penilaian tengah semester 2/II bagi para penerima didik kelas 11/XI SMA/MA-SMK/MAK.
Pembuatan soal beserta kunci tanggapan mengacu pada kurikulum terbaru, yaitu Kurikulum 2013 dengan mengacu pada revisi terakhir. Sumber buku atau acuan ialah buku siswa mapel Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) Kelas XI SMA/MA-SMK/MAK Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017.
Materi UTS/PTS Semester 2/II Mapel Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) Kelas 11/XI SMA/MA-SMK/MAK ini terdiri atas tiga cuilan dengan rincian sebagai berikut:
BAB VI MENGANALISIS KETERAMPILAN GERAK AKTIVITAS SPESIFIK SENAM LANTAI ................................................................ 161
A. Analisis Keterampilan Gerak Loncat Kangkang .......................................... 161
1. Analisa Loncat Kangkang ............................................................................ 161
2. Analisa Gerak Loncat Kangkang ................................................................ 162
3. Aktivitas pembelajaran Gerak Loncat Kangkang ..................................... 164 a. Aktivitas Belajar Meloncati Kardus........................................................ 164 b. Aktivitas Belajar Meloncati Teman ........................................................ 164 c. Aktivitas Belajar Meloncati Peti Lompat Bertahap .............................. 165
4. Ringkasan....................................................................................................... 166
5. Penilaian......................................................................................................... 166
B. Analisis Keterampilan Gerak Loncat Jongkok .............................................. 166
1. Analisa Loncat Jongkok ............................................................................... 166
2. Analisa Gerak Loncat Jongkok ................................................................... 166
3. Aktivitas Pembelajaran Loncat Jongkok .................................................... 167 a. Aktivitas Pembelajaran Meloncati Peti Lompat Bertahap .................. 167
4. Ringkasan....................................................................................................... 168
5. Penilaian ........................................................................................................ 168
BAB VII MENGANALISIS SISTIMATIKA LATIHAN KETERAMPILAN AKTIVITAS GERAK BERIRAMA.................................................. 169
A. Analisis Keterampilan Gerak berirama ......................................................... 169
1. Analisis Gerak berirama Langkah Kaki..................................................... 169
2. Analisis Gerak Berirama Ayunan Lengan ................................................. 173
B. Analisis Sistimatika Latihan Aktivitas Gerak Berirama .............................. 177
1. Tahap Pemanasan (Warming up) ............................................................... 177
2. Tahap Inti (gerak berirama /ritmik)........................................................... 178
3. Tahap Pendinginan (Cool down) ................................................................ 179
C. Aktivitas Pembelajaran Sistimatika Latihan Gerak Berirama .................... 180
D. Ringkasan .......................................................................................................... 184
E. Penilaian ............................................................................................................ 184
BAB VIII MENGANALISIS KETERAMPILAN GERAK AKTIVITAS GAYA RENANG ................................................................................. 185
A. Mengenal Aktivitas Gerak Renang ................................................................ 185
1. Manfaat Renang Bagi Tubuh ....................................................................... 185
2. Hal – hal yang Harus Diperhatikan Dalam Renang ................................ 186
3. Prinsip Berenang........................................................................................... 188 a. Prinsip Psikologis ..................................................................................... 188 b. Prinsip Mengapung .................................................................................. 188 c. Prinsip Meluncur...................................................................................... 190
B. Analisis Keterampilan gerak Renang Gaya Bebas ........................................ 191
1. Mengenal Aktivitas Gerak Renang Gaya Bebas........................................ 191
2. Analisis Keterampilan Gerak Renang Gaya Bebas ................................... 191 a. Melakukan Gerak Renang Gaya Bebas.................................................. 191 b. Aktivitas Pembelajaran 1. ........................................................................ 195 c. Aktivitas Pembelajaran 2 ......................................................................... 196
3. Ringkasan.........................
Berikut ialah tautan Download Contoh Soal dan Kunci Jawaban Siap UTS/PTS Semester 2/II Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI Kurikulum 2013
BACA JUGA
- Soal-Jawab UTS/PTS 2 Bahasa Indonesia SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI K13
- Soal-Jawab UTS/PTS 2 PAI dan Budi Pekerti SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI K13
- Soal-Jawab UTS/PTS 2 PPKn SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI K13
- Soal-Jawab UTS/PTS 2 Bahasa Inggris SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI K13
- Soal-Jawab UTS/PTS 2 Sejarah Indonesia SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI K13
- Download Contoh Soal dan Kunci Jawaban Siap UTS/PTS Semester 2/II Seni Budaya SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI Kurikulum 2013
- Soal-Jawab UTS/PTS 2 PKWU SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI K13
Berikut ialah kutipan dari Soal-Jawab UTS/PTS 2 PJOK SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI K13 tersebut:
1. Berikut ialah hal yang pertama kali terjadi pada urutan pendaratan pada loncat kangkang tumpuan pangkal peti lompat
A. Seluruh kaki
B. Ujung kaki
C. Lutut yang tertekuk
D. Panggul yang dibungkukkan
2. Berikut merupakan kesalahan dalam loncat kangkan tumpuan pangkal peti lompat
A. Awalan lari cepat
B. Tolakan kedua kaki dilakukan secara bersamaan
C. Pandangan ke samping
D. Tumpuan ada pada pangkal peti lompat
3. Berikut ialah hal yang pertama kali terjadi pada urutan pendaratan pada loncat jongkok
A. Seluruh kaki
B. Ujung kaki
C. Lutut yang tertekuk
D. Panggul yang dibungkukkan
4. Berikut merupakan kesalahan dalam loncat jongkok
A. Awalan lari cepat
B. Tolakan kedua kaki dilakukan secara bersamaan
C. Pandangan ke samping
D. Kedua tungkai ditarik mendekati dada dikala tangan menolak
5. Perbedaan rangkaian loncat kangkang dengan loncat jongkok terutama ada pada
A. Sikap kaki dikala melewati peti lompat
B. Sikap tubuh pada dikala pendaratan
C. Media lompat yang berbeda
D. Sikap awalan gerakan
6. Berikut yang bukan merupakan manfaat gerak berirama
A. Membakar lemak dalam tubuh
B. Membakar karbohidrat dan protein
C. Menyehatkan mental
D. Memberikan keseimbangan bagi organ-oragan tubuh
7. Berikut merupakan perilaku awal gerak kaki depan-belakang
A. Badan membungkuk, kedua kaki melebar, lengan lurus di samping badan, pandangan ke depan
B. Badan tegak, kedua kaki rapat, lengan diangkat, pandangan ke samping
C. Badan tegak, kedua kaki rapat, lengan lurus di samping badan, pandangan ke depan
D. Badan tegak, kedua kaki rapat, lengan lurus di samping badan, pandangan ke belakang
8. Berikut yang merupakan kesalahan dalam melaksanakan gerak putaran lengan dan badan
A. Badan membungkuk
B. Hitungan dan putaran harmonis
C. Putaran lengan maksimal
D. Putaran tubuh maksimal
9. Dalam gerak berirama, durasi atau jangka waktu pemanasan yang ideal adalah
A. 3-5 menit
B. 6-9 menit
C. 10 menit
D. Lebih dari 10 menit
10. Berikut yang bukan merupakan tujuan pemanasan dalam gerak berirama
A. Menyiapkan dan memanaskan otot-otot anggota tubuh
B. Meningkatkan suhu tubuh dan denyut nadi
C. Meningkatkan elastisitas otot dan ligamen di sekitar persendian
D. Meningkatkan fokus dalam melaksanakan gerak berirama
SOAL URAIAN
1. Jelaskan perbedaan antara loncat jongkok dengan loncat kangkang!
Jawab:
Loncat jongkok ialah jenis loncatan yang dilakukan memakai peti lompat dengan posisi tubuh jongkok pada dikala melewati peti lompat. Rangkain loncat jongkok sama dengan loncat kangkang hanya saja yang membedakan ialah perilaku kaki dikala melewati peti lompat harus keadaan jongkok atau menarik kedua tungkai sedekat mungkin dengan dada. Belajar loncat jongkok sanggup dilakukan dengan meloncati peti lompat yang mempunyai ketinggian secara sedikit demi sedikit dari mulai yang pendek, sedang, hingga tinggi. Kalian sanggup melaksanakan kegiatan berguru tersebut di rumah dengan memakai peti yang berpengaruh dan ketinggianya sama.
2. Jelaskan manfaat melaksanakan gerak berirama bagi tubuh!
Jawab:
Beberapa manfaat melaksanakan gerak berirama bagi tubuh: Membakar timbunan lemak yang ada di dalam tubuh; mengkoordinasikan posisi otot yang tidak sempurna pada posisi semestinya; menunjukkan keseimbangan bagi organ-organ tubuh; menciptakan tubuh menjadi lebih bugar; menjaga kesehatan dan stamina tubuh; menyehatkan mental; meningkatkan kerja jantung; melenturkan dan menguatkan otot-otot tubuh; memperbaiki bentuk otot lengan, otot paha, otot perut dan otot dada.
3. Sebutkan beberapa kesalahan dalam melaksanakan gerak langkah kaki lurus ke depan!
Jawab:
tubuh kurang tegak dan kaku, hitungan dan langkah kurang sesuai atau tidak harmonis, kaki tidak lurus.
4. Jelaskan gerakan-gerakan tangan dalam gerakan inti gerak berirama
Jawab:
1) Mengangkat tangan ke depan, ke atas, ke samping, ke belakang
2) Gerakan tangan membuka dan menyilang
3) Mendorong dan memompa ke depan, ke atas, dan ke samping
4) Gerakan tangan meninju, ke depan, ke samping, ke atas, ke bawah, dan menyilang
5) Gerakan mengayun satu tangan atau dua tangan
6) Tepukan, antara lain kedua tangan menepuk, tangan menepuk paha, bahu, dan lain sebagainya.
5. Jelaskan hal-hal yang harus diperhatikan sebelum berenang!
Jawab:
1) Melakukan pemanasan untuk mencegah terjadinya kejang – kekang otot pada dikala berenang. Pemanasan senam bisa dilakukan dengan cara menggerak – gerakan tubuh (senam kecil) atau dengan berlari – lari kecil.
2) Mandi pada air pancuran yang tersedia sebelum masuk ke kolam renang. Hal ini dimaksudkan untuk memastikan bahwa tubuh dalam keadaan higienis dan tubuh sanggup menyesuaikan dengan suhu air.
3) Latihlah irama kaki terlebih dahulu, sebelum bentuk – bentuk latihan lainnya.
4) Ukurlah kemampuan diri atau diubahsuaikan dengan kemampuannya.
5) Memakai pakaian renang yang berwarna (tidak putih) alasannya air kolam sanggup menjadikan pakaian berwarna putih bermetamorfosis kekuning – kuningan (mangkak)
6) Berjalan – jalan terlebih dahulu di dalam kolam dengan ke dalaman yang cocok merupakan kesenangan yang menarik.
7) Jangan berenang dalam keadaan perut kosong atau terlalu kenyang. Karena dalam berenang diharapkan banyak tenaga dan apabila perut terlalu kenyang maka beban tubuh menjadi lebih berat.
Demikian goresan pena perihal