Wednesday, January 30, 2019

√ Teladan Makalah Studi Kelayakan Bisnis/Entrepreunership | Bsi

Berikut ini yakni pola makalah studi kelayakan bisnis ketika aku berkuliah di BSI Karawang, aku menentukan bisnis masakan sebab berdasarkan aku cepat terjual dibanding bisnis selain makanan, ternyata benar saja, semoga sanggup menjadi materi rujukan anda. :D







MAKALAH
STUDI KELAYAKAN BISNIS
ENTREPREUNERSHIP
Tahun Ajaran 2012/2013






Disusun Oleh :
- Agus Susilo
-
- Ilham Saputra
- Sumiyati
- Yani Sri Mulyani
Kelas : 12.1G.14


AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA & KOMPUTER (AMIK – BSI)
BINA SARANA INFORMATIKA
Kampus E5 : Jl. Ahmad Yani No. 98 Karawang

RANGKUMAN EKSEKUTIF
Tentang Produk
Produk yang kami buat yakni produk masakan yang diberi nama “SOGUMI” atau sosis gulung mie. Bahan utama dari pembuatan SOGUMI yakni Sosis dan Mie. Proses pembuatan dari SOGUMI yaitu sangat mudah, mulai dari menggulungkan mie yang sudah diresbus ke Sosis, sehabis itu diberi tepung bumbu, kemudian digoreng dan siap di sajikan 
Tentang Pemasaran
Produk yang kami buat sangat diminati dikalangan pelajar, oleh sebab itu kami distribusikan disekitar lingkungan sekolah. Sistem penjualan produk ini dengan dititipkan dikoperasi area sekolah, tentunya dengan pertimbangan harga dari kami ke koperasi dan dari koperasi ke konsumen. 
Tentang Kekurangan Produk
Kekurangan produk yang kami hasilkan yakni proses penjualan yang sekali habis, jadi kami menciptakan produk pada hari yang ditentukan dan pada hari yang sama produk yang kami buat harus habis sebab masakan ini hanya bertahan sehari saja. Oleh sebab itu, kami mempertimbangkan berapa banyak produk yang harus kami buat dalam satu hari. 





KATA PENGANTAR


          Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memperlihatkan rahmat serta karunia-Nya kepada kami sehingga kami berhasil menuntaskan Makalah ini yang alhamdulillah tepat pada waktunya yang bertema “STUDI KELAYAKAN BISNIS”

         Makalah ini berisikan ihwal informasi mengenai Kewirausahaan/Entrepreunership atau yang lebih khususnya membahas Studi Kelayakan Bisnis perjuangan kami dalam menciptakan produk SOGUMI. Diharapkan Makalah ini sanggup memperlihatkan informasi kepada kita semua bagaimana cara berwirausaha yang baik dan benar. 

          Kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh sebab itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi kesempurnaan makalah ini.

         Akhir kata, kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan makalah ini dari awal hingga akhir. Semoga Allah SWT senantiasa meridhai segala perjuangan kita. Amin.

Karawang, 01 November 2012

      Penyusun






DAFTAR ISI
Cover
Rangkuman Eksekutif..................................................... iv
Kata Pengantar........................................................ iii
Daftar Isi.............................................................. ii
BAB I 
PENDAHULUAN
1.1 Latar belakang....................................................1
1.2 Maksud Dan Tujuan................................................1
1.3 Uraian Rencana Perusahaan...........................................1
1.3.1 Waktu Pelaksanaan Dan daerah Usaha..................................1
1.4 Keadaan perusahaan ketika ini..........................................2
1.4.1 Waktu Pelaksanaan dan Lokasi..........................................2
1.4.2 Komoditi yang akan direncanakan dlm rangka                  perluasan.................................................................2
BAB II 
ASPEK PASAR DAN PEMASARAN
    2.1 Tinjauan Umum........................................................3
    2.2 Tinjauan Tentang pasar sasaran.....................................3 
    2.3 Luas dan Potensi Permintaan.........................................3
    2.4 Tinjauan Tentang Kinerja Pemasaran Yang Lalu Dan Persaingan..3
    2.5 Strategi dan Program Pemasaran....................................... 3
    2.5.1 Kebijakan dan penetapan harga...................................4
    2.5.2 Kebijakan ihwal Produk, Distribusi dan Promosi................4
BAB III
ASPEK MANAJEMEN DAN ORGANISASI
3.1 Sistem Manajemen dan Struktur Organisasi Perusahaan.......................5
3.1.1  Informasi Tentang Partner.................................................5
3.1.2  Peranan dan Tanggung Jawab Anggota..................................5
BAB IV
ASPEK EKONOMI DAN KEUANGAN
4.1 Total Biaya Modal Kerja...................................................6
4.2 Pembelian bahan..........................................................6
4.3 Penjualan Produk.........................................................6
4.4 Bagi Hasil Keuntungan......................................................6
4.5 Perkiraan Omset..................................................................6
BAB V 
KESIMPULAN DAN SARAN
5.1 Kesimpulan..................................................................7
5.1.1 Aspek pasar dan pemasaran.....................................................7
5.1.2 Aspek Manajemen Dan Organisasi.......................................7
5.1.3 ASPEK  EKONOMI DAN KEUANGAN............................7
5.2 Saran...................................................................8
Lampiran-Lampiran........................................................9
Dokumentasi.................................................................11

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar belakang 
Gagasan Ide dari latar belakang perusahaan ini yakni  untuk mencari peluang perjuangan di kalangan masyarakat terutama diwilayah sekolah. Karena perjuangan yang dijalani yakni produk kudapan yang dibentuk secara rumahan. Produk ini di minati kalangan pelajar sebab harganya relatif murah dan terjangkau.

1.2 Maksud Dan Tujuan
Maksud dari perjuangan yang kami jalankan yakni untuk berguru bagaimana cara berwirausaha yang baik, mulai dari pembuatan produk, pemasaran dan mengatur keuangan. Selain itu juga, untuk mencari keuntungan dan memenuhi kiprah dari mata kuliah Entrepreunership.


1.3 Uraian Rencana Perusahaan
Perusahaan yang kami dirikan bersifat Produksi rumahan, dan tentunya produk yang kami buat dibentuk secara manual

1.3.1 Waktu Pelaksanaan Dan daerah Usaha
Nama dan alamat perusahaan (tempat usaha) 
    - Sogumi (sosis gulung mie)
    - Jln. Raya kosambi I RT/RW 22/06 No.49 Des.Duren                      klari-  Karawang
 Nama dan alamat pemilik
    -Ilham saputra
    - Jln. Raya kosambi I RT/RW 22/06 No.49 Des.Duren klari-Karawang
 Nama dan alamat Penanggung jawab
    -
    -Jln. Raya kosambi I RT/RW .20/06 No.95 Des.Duren klari-Karawang




1.4 Keadaan perusahaan ketika ini
Keadaan perusahaan cukup stabil sebab perjuangan yang dijlankan berjalan lancar. Produksi kami sejenis produksi rumahan yang dibentuk secara manual, jadi kami saling bekerja sama menjalankan perjuangan ini.

1.4.1 Waktu Pelaksanaan dan Lokasi
Waktu Pelaksanaan
1.4.2 Komoditi yang akan direncanakan dlm rangka                  perluasan
Penambahan Lokasi Usaha yag akan diperbanyak, selain itu kami akan berkreasi lagi dalam produk masakan yang sebagian besar diminati oleh Pelajar.


BAB II
ASPEK PASAR DAN PEMASARAN

2.1 Tinjauan Umum
Agar Pemasaran semakin baik maka kami harus banyak mempromosikan produk kami, contohnya melalui media online atau lebih efektif melalui verbal ke mulut.

2.2 Tinjauan Tentang pasar sasaran
2.2.1 Segmen Pasar Potensial
Selain produk kami dipasarkan dikalangan pelajar, produk kami juga dipasarkan ke daerah yang ramai dikunjungi orang-orang, contohnya dipinggir jalan, daerah hiburan dan lain-lain.

2.3 Luas dan Potensi Permintaan
Potensi seruan yang tinggi dari produk yang kami buat yakni dikalangan pelajar dan bawah umur disekitar lingkungan pembuatan produk.

2.4. Tinjauan Tentang Kinerja Pemasaran Yang Lalu Dan Persaingan 
Persaingan produksi kami sangat ketat, sebab produk kami di tempatkan dikoperasi sekolah yang tentu saja banyak produk lain yang diperjualkan. oleh sebab itu kami memfasilitasi produk kami, Misalnya dengan menyediakan  saos dan bungkus untuk SOGUMI semoga konsumen lebih menikmati produk kami.

2.5 Strategi dan Program Pemasaran
Program pemasaran dari produk yang kami buat yakni dengan sistem penitipan produk ke koprasi sekolah, jadi kami tidak secara eksklusif menjualnya ke konsumen. Tentunya dengan memperkirakan harga jual dari kami ke koprasi , dan koprasi ke konsumen.





2.5.1 Kebijakan dan penetapan harga
- Harga mula Jual ke Koperasi sekolah ;
Rp. 1800,00-
- Harga jual ke konsumen ;
Rp. 2000,00-

2.5.2 Kebijakan ihwal Produk, Distribusi dan Promosi
Produksi yang kami buat  harus diperkirakan jumlah produksinya, sebab jenis produk kami yakni Jenis masakan tanpa materi pengawet yang harus habis dalam satu hari. Pendistribusian produk kami diantar oleh serpihan pengantar dari salahsatu kelompok kami. Sistem promosi produk kami promosikan ke teman disekolah, melalui media online (facebook dan blog).


BAB III
ASPEK MANAJEMEN DAN ORGANISASI

3.1 Sistem Manajemen dan Struktur Organisasi Perusahaan

3.1.1 Informasi Tentang Partner
Kami berafiliasi dengan Pembina koperasi sekolah di SMAN  1 KLARI, Dkk.

3.1.2 Peranan dan Tanggung Jawab Anggota
1. Pemilik daerah usaha
- Ilham Saputra
2. Pembuatan Produk
- Yani Sri mulyani
- Sumiyati
3. Delivery Order 
- Agus Susilo
4. Bendahara dan Product Promotions
-  



BAB IV
ASPEK EKONOMI DAN KEUANGAN

4.1 Total Biaya Modal Kerja
Biaya modal dari perjuangan yang kami jalankan yakni dari investasi/penanaman modal 5 orang atau 1 kelompok.

4.1.1 Proyeksi Aliran Kas
Modal Awal usaha : Rp.10.800 @5orang
= Rp. 54.000 

4.2 Pembelian bahan
Di lampirkan

4.3 Penjualan Produk
Di lampirkan

4.4 Bagi Hasil Keuntungan
-Modal awal : 
Rp.10.800 x 5 = Rp.54.000
  -Keuntungan Penjualan selama 6hari :
Rp. 264.400 : 5 = Rp.52.880/orang
-Keuntungan Bersih (keuntungan-modal awal) :
                Rp. 52.880 – 10.800 = Rp.42.080/orang

4.5 Perkiraan Omset 

-Rata-rata Penjualan Selama 6 hari
           Rp 264.400 : 6 = Rp.44.066/hari

-Omset Perbulan :
           Rp.44.066 x 30 = Rp 1.321.980 




BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN

5.1 Kesimpulan

5.1.1 Aspek pasar dan pemasaran
Sasaran Produk kami yaitu dipasarkan atau di jual dikalangan pelajar dan anak-anak, sebab produk masakan kami sangat di minati oleh kalangan tersebut. Segi promosi produk kami tawarkan mulai dari orang yang dikenal disekitar lingkungan sekolah juga ditawarkan di media online facebook.
5.1.2 Aspek Manajemen Dan Organisasi
Pengatur administrasi mulai dari pembuatan, pengiriman dan keuangan dari produk kami diatur oleh kelompok kami sendiri yang berjumlah sebanyak 5 orang. Dan partner kami yaitu pembina koperasi di sekolah SMAN 1 Klari atau daerah di jualkan/disalurkn ke konsumen secara langung.

5.1.3 ASPEK  EKONOMI DAN KEUANGAN
Biaya modal dari perjuangan yang kami jalankan yakni dari investasi/penanaman modal 5 orang atau 1 kelompok.
Modal Awal usaha : Rp.10.800 @5orang
= Rp. 54.000 
-Keuntungan Penjualan selama 6hari :
Rp. 264.400 : 5 = Rp.52.880/orang

-Keuntungan Bersih (keuntungan-modal awal) :
                Rp. 52.880 – 10.800 = Rp.42.080/orang


5.2 Saran
Dalam hal berbisnis kita harus mempertimbangkan segala sesuatunya, baik itu dalam perjuangan mikro atau perjuangan makro. Pertama yang harus diantisipasi yakni peluang dari perjuangan itu sendiri, misalkan dari segi produk kita harus tahu apa yang sedang terkenal atau banyak diminati masyarakat sebagai konsumen. Dari segi pemasaran kita juga harus mengetahui produk yang kita buat paling sering diminati/dicari dilingkungan tertentu. Dalam hal keuangan kita juga harus melaksanakan pencatatan semoga sanggup mengetahui perkembangan perjuangan yang kita jalani, contohnya dari modal, keuntungan ataupun kerugiannya dalam berusaha.





LAMPIRAN-LAMPIRAN

4.2 Pembelian Bahan


4.3 Penjualan Produk
Penjualan Produk Sogumi selama 6 hari

DOKUMENTASI

- Proses Pembuatan Produk “SOGUMI”
Gb. Proses menggulung mie pada sosis

   Gb. Proses menggoreng 

- Produk  “SOGUMI”

- Konsumen
- Kerja sama dengan kantin sekolah



DOWNLOAD MAKALAH STUDI KELAYAKAN BISNIS DIBAWAH INI ;

Sumber http://www.hendrisetiawan.com