Friday, April 7, 2017

√ Pengertian Kekuasaan Secara Umum Dan Berdasarkan Para Mahir Di Bidang Politik

Dalam pelaksanaan suatu acara atau proyek, seorang leader (pemimpin) diperlukan bisa mengorganisasi seluruh anggota untuk melaksanakan kiprah tugas sesuai dengan apa yang di instruksikan oleh leader. Leader ialah seseorang yang dianggap bisa untuk mengatur seluruh tahapan pekerjaan dalam suatu organisasi. Atas dasar apa leader tersebut berhak untuk mengatur semua itu ? tentunya atas dasar kepercayaan dan kekuasaan yang di miliki oleh leader tersebut. Lantas apa yang di sebut dengan kekuasaan itu sendiri ? berikut ialah ulasannya.

Pengertian Kekuasaan Secara Umum

Secara umum, pengertian kekuasaan ialah hak wewenang yang di miliki seseorang (umumnya disebut pemimpin) untuk mensugesti prilaku orang lain guna melaksanakan pekerjaan sesuai dengan apa yang telah di perintahkan oleh pemimpin. Dengan kekuasaan yang dimiliki oleh pemimpin, ia sanggup memeberikan isyarat kepada orang lain untuk menuntaskan kiprah yang ia instruksikan.

Defini lain dari kekuasaan yang mungkin sanggup lebih gampang untuk anda fahami, bahwa kekuasaan merupakan hubungan antara individu atau kelompok dengan individu atau kelompok lain, dimana pihak pertama sanggup mensugesti tindakan pihak yang lain. 

Power is a relationship in which one person or group is able to determine the action of another in the direction of the former’s own ends

Pengertian Kekuasaan Menurut Para Ahli

Berjalan dengan berkembangnya ilmu pengetetahuan, khususnya ilmu pengetahuan yang berkembang di bidang politik atau pemerintahan, memunculkan banyak teori dan pendapat terkait dengan kekuasaan seseorang dalam politik atau secara umum. berikut ialah pendapat para andal ihwal definisi kekuasaan:

#1- Pengertian Kekuasaan  Menurut Harold D. Laswell dan Abraham Kaplan
Harold D. Laswell dan Abraham Kaplan menjelaskan bahwa suatu kekuasaan ialah hubungan diantara individu.golongan yang bisa memilih merupakan sebuah tindakan individu atau kelompok yang lainnya ke suatu arah tujuan daripihak yang pertama.

#2- Pengertian Kekuasaan Menurut Max Weber
Max Weber mendefinisikan kekuasaan sebagai kemungkinan bagi seseorang untuk memaksakan orang-orang lain berperilaku sesuai dengan kehendaknya.  Dalam memberkan definisi ihwal kekuasaan ini, weber juga mengacu pada teori kekuasaan Max Weber dan teori fungsional struktural talcoot parsons. 

#3- Pengertian Kekuasaan Menurut R.M. MacIver
R.M. MacIver mendefinisikan kekuasaan sebagai kemampuan untuk mengendalikan tingkah laris orang lain, baik secara pribadi dengan memberi perintah, maupun secara tidak pribadi dengan memper- gunakan segala alat dan cara yang tersedia.

#4- Pengertian Kekuasaan Menurut Walterd Nord
Kekuasaan ialah suatu kemampuan supaya sanggup mensugesti ajaran energi dan juga dana yang tersedia supaya sanggup mencapai suatu tujuan yang tidak sama dan secara terperinci dari tujuan yang lainnya.

#5- Pengertian Kekuasaan Menurut Miriam Budiardjo
Miriam budiardjo dalam karya tulisnya menjelaskan bahwa kekuasaan merupakan kemampuan individu atau kelompok untuk mensugesti tingkah lakunya individu atau kelompok lain sedemikian rupa, sehingga tingkah laris itu menjadi sesuai dengan harapan dan tujuan dari orang yang mempunyai kekuasaan itu.

#6.-Pengertian kekuasaan Oleh Barbara Goodwin
Dalam karyanya, growin menunjukkan definisi ihwal kekuasaan, yang menjelaskan bahwa kekuasaan adalah: Kemampuan (Force is the ability) untuk mengakibatkan  seseorang bertindak dengan cara yang oleh yang bersangkutan (to cause someone to act in a way which she would not choose), dan tidak akan dipilih seandainya ia tidak dilibatkan (left to herself). Dengan kata lain memaksa seseorang untuk melaksanakan sesuatu yang bertentangan dengan kehendaknya (In other words to force someone to do something against her will).

Conculsion . . . !
Berdasarkan beberapa pendapat para andal diatas yang berteori atau berpendapat ihwal kekuasaan, sanggup kita tarik suatu kongklusi atau kesimpulan bahwa kekuasaan ialah hak wewenang untuk menunjukkan isyarat kepada pihak lain, baik itu pribadi atau tidak langsung, terpaksa atau tidak, dan sedemikian rupa, agar sanggup mencapai suatu tujuan yang di memutuskan di awal.

Demikian ulasan artikel kami terkait dengan Pengertian KEKUASAAN Secara Umum dan Menurut Para Ahli di Bidang Pemerintahan yang kami rangkum dari aneka macam macam sumber bacaan, baik online maupun offline. Semoga bermaanfaat dalam penyusunan makalah ihwal kekuasaan anda. Mohon maaf kalau ada kesalahan dan terma kasih telah berkunjung. 

Sumber http://www.galinesia.com