Sunday, May 14, 2017

√ Kepingan I : Pendahuluan Makalah Penyakit Jantung Koroner (Coronary Artery Disease)

BAB I
PENDAHULUAN



A.    Latar belakang
Penyakit jantung koroner yakni penyakit jantung yang di sebabkan oleh lantaran penyempitan dan penyumbatan pembuluh darah yang mengalirkan darah ke jantung. Penyebab Jantung Koroner yakni pengapuran dinding pembuluh darah. Banyaknya perubahan fisiologis yang terjadi pada perempuan hamil nampaknya mempersulit diagnosis kelainan jantung, contohnya bising jantung fisiologis sering ditemukan pada perempuan hamil normal.
Kehamilan  mengakibatkan terjadinya sejumlah perubahan fisiologis dari sistem kardiovaskuler yang akan sanggup ditolerir dengan baik oleh perempuan yang sehat, namun akan menjadi ancaman yang berbahaya bagi ibu hamil yang memiliki kelainan jantung sebelumnya. Tanpa diagnosis yang akurat dan penanganan yang baik maka penyakit jantung dalam kehamilan sanggup mengakibatkan mortalitas ibu yang signifikan.
Koonin dkk (1997) melaporkan penyakit jantung menjadi penyebab dari 5,6% janjkematian maternal di Amerika Serikat antara tahun 1987 – 1990. Di RS. Hasan Sadikin angka janjkematian ibu lantaran kelainan jantung  pada tahun 1994 – 1998 sebesar 5,4 % ( 2 dari 37 kasus), sedang di RSCM pada tahun 2001 penyakit jantung mengakibatkan 10,3% janjkematian ibu dan merupakan penyebab janjkematian terbanyak sesudah preeklamsi/eklamsi dan perdarahan postpartum.
Penelitian terbaru ini meneliti 150 masalah serangan jantung yang terjadi pada masa kehamilan pada tahun 2005 hingga 2011. Penelitian yang telah dilaporkan ke konferensi American College of Cardiology ini memperlihatkan bahwa sepertiga dari masalah serangan jantung yang terjadi pada masa kehamilan disebabkan oleh adanya radang pembuluh darah yang lazim disebutaterosklerosis. Risiko janjkematian maternal  akan meningkat hingga 25 – 50% pada kasus-kasus dengan hipertensi pulmonal, coartasio aorta, sindroma Marfan yang mengalami komplikasi. Namun penanganan prenatal, intrapartum dan post partum yang baik sanggup memperlihatkan hasil yang memuaskan. 
B.     Tujuan Penulisan
1.      Tujuan umum
Mahasiswa sanggup mengetahui Asuhan keperawatan penyakit jantung pada kehamilan.
2.      Tujuan Khusus
a.       Mengetahui Definisi Penyakit jantung.
b.      Mengetahui Klasifikasi Penyakit jantung pada kehamilan.
c.       MengetahuiPenatalaksanaan penyakit jantung pada kehamilan.
d.      Mengetahui Penatalaksanaan Tumor tulang.

C.    Sistematika Penulisan
Sistematika dalam penulisan makalah ini yakni sebagai berikut:
BAB I PENDAHULUAN
Terdiri dari latar belakang masalah, tujuan penulisan, dan sistematika penulisan, manfaat
BAB II TINJAUAN TEORITIS
Penjelasan perihal Asuhan keperawatan Penyakit jantung pada kehamilan.
BAB III KESIMPULAN DAN SARAN
Meliputi kesimpulan tamat dari keseluruhan penulisan makalah.

D.    Manfaat
1.      Bagi Mahasiswa
Diharapkan sanggup membantu dalam Pengetahuan keperawatan maternitas perihal Asuhan keperawatan penyakit jantung pada kehamilan.


2.      Bagi Institusi Pendidikan
Diharapkan sanggup bermanfaat dalam menambah ilmu pengetahuan perihal asuhan keperawatan penyakit jantung pada kehamilan

3.      Bagi Penulis
Hasil penulisan makalah ini diperlukan sanggup menambah wawasan dan ilmu pengetahuan bagi penulis khususnya Asuhan keperawatan penyakit jantung pada kehamilan.




Sumber http://macrofag.blogspot.com