Saturday, May 20, 2017

√ Perbedaan Sel Binatang Dan Sel Tumbuhan

Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan – Sel merupakan unit struktural dan fungsional terkecil dari makhluk hidup yang sanggup melakukan kehidupan. Dikatakan unit struktural alasannya ialah sel tersusun atas membran sel dan organel sel. Sel sendiri mempunyai bentuk dan ukuran yang beraneka ragam. Bentuk dari sutu sel dipengaruhi oleh fungsi dari sel itu sendiri.


Sel mempunyai ukuran yang sangat kecil sehingga untuk sanggup melihatnya membutuhkan santunan mikroskop. Sel binatang dan sel flora apabila diamati dengan mikroskop cahaya akan terlihat sama. Namun apabila diamati dengan mikroskop elektron antara sel binatang dan sel flora mempunyai perbedaan yang sangat mendasar.


Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan


Umumnya sel binatang mempunyai bentuk dan ukuran yang lebih kecil dari sel tumbuhan. Sel binatang mempunyai bentuk yang tidak tetap sedangkan pada sel flora cenderung mempunyai bentuk yang tetap. Antara sel binatang dan sel flora pada kenyataannya mempunyai perbedaan mendasar, menyerupai ada tidaknya dinding sel, plastida, serta sentriol.


Baca juga: Struktur sel binatang dan tumbuhan



  1. Sel Hewan


Sel binatang mempunyai banyak sekali komponen termasuk organel-organel sel yang dibatasi oleh membran. Pada sel binatang organel yang biasanya paling menonjol ialah nukleus. Aktivitas metabolisme sel sebagian besar terjadi dalam sitoplasma. Sitoplasma mengandung banyak organel serta komponen sel lain yang tertanam dalam medium semi cair.


 Sel merupakan unit struktural dan fungsional terkecil dari makhluk hidup yang sanggup melak √ Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan



  1. Sel Tumbuhan


Sebagian besar ciri yang ada dalam sel binatang juga terdapat dalam sel tumbuhan, pada sel flora mempunyai organel yang disebut plastida. Untuk jenis plastida terpenting yang harus  ada dalam sel flora ialah kloroplas yang sanggup melakukan fotosintesis. Kebanyakan dari sel flora mempunyai vakuola sentral yang besar.


Baca juga: Organel-organel sel


Tugas dari vakuola ialah melakukan fungsi yang dilakukan oleh lisosom pada sel hewan. Pada bab luar dari membran plasma terdapat dinding sel yang tebal, yang ditembus oleh saluran-saluran yang disebut plasmodesma.


 Sel merupakan unit struktural dan fungsional terkecil dari makhluk hidup yang sanggup melak √ Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan


Tabel perbandingan antara sel binatang dan sel tumbuhan







































































































No.Bagian SelSel HewanSel TumbuhanFungsi
1.Dinding selTidak adaAdaMemberi bentuk dan proteksi bagi sel.
2.Membran PlasmaAdaAdaMelindungi isi sel, mengatur keluar masuknya molekul-molekul, dan sebagai reseptor (penerima) rangsang dari luar sel.
3.NukleusAdaAdaPengendali seluruh acara sel, membawa info genetik, dan mengatur pembelahan sel.
4.Retikulum endoplasmaAdaAdaMenampung protein yang telah disintesis oleh ribosom untuk disalurkan ke tubuh golgi, mensitesis lemak dan kolesterol, menetralkan racun, transportasi molekul-molekul dari bab sel yang satu kebagian sel yang lain.
5.RibosomAdaAdaUntuk sintesis protein
6.PeroksisomAdaAdaMengandung enzim katalase yang yang berfungsi menguraikan hydrogen peroksida menjadi oksigen dan air
7.GlioksisomTidak adaAdaMenghasilkan enzim katalase dan oksidase yang keduanya berperan dalam proses metabolisme lemak, yaitu mengubah lemak menjadi gula
8.Kompleks GolgiAdaAdaMembentuk glikolipid, membentuk dinding sel tumbuhan, membentuk lisosom, sebagai organel sekretori, dan menambahkan glioksilat pada protein sehingga terbentuk glikoprotein.
9.MitokondriaAdaAdaSebagai penghasil energi alasannya ialah berfungsi untuk respirasi
10.LisosomAdaTidak adaSebagai organ pencernaan intraseluler dan sebagai alat pertahanan sel.
11.SentriolAdaTidak adaBerfungsi sebagai kutub-kutub pembelahan pada ketika pembelahan sel.
12.PlastidaTidak adaAdaBadan organel dalam sitoplasma yang mempunyai struktur dan fungsi khusus, salah satunya ialah kloroplas yang memperlihatkan warna hijau pada tumbuhan.
13.VakuolaAda/tidak adaAdaTempat cadangan makanan, menyimpan pigmen, menyimpan minyak atsiri, dan menyimpan sisa metabolisme.

Nah, jika temen-temen ada pertanyaan terkait perbedaan sel binatang dan sel flora menyerupai yang dijelaskan pada goresan pena di atas. Temen-temen sanggup menulisnya di kotak komentar di bawah ini.


Baca juga: Struktur membran sel lipid bilayer


Daftar Pustaka


Campble. (Edisi kedelapan jilid 1). Biologi. Jakarta: Erlangga


Heryana, Nanang dan Rahma merdia. (2010). Biologi Umum. Tasikmalaya: Universitas Siliwangi.


Pujianto Sri, (2014). Menjelajah Dunia Biologi. Surakarta: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.



Sumber https://www.siswapedia.com