Saturday, June 3, 2017

12 Langkah-Langkah Penelitian Geografi

Geografi merupakan salah satu cabang ilmu yang penting untuk dipelajari oleh manusia. Geografi sangat penting alasannya ialah mempelajari ihwal bumi beserta dengan aspek- aspek yang berkaitan dengannnya, menyerupai lapisan tanah, lapisan batuan dan lain sebagainya. Keberadaan ilmu geografi sangat penting alasannya ialah insan sendiri hidup di planet Bumi sehingga insan perlu mengetahui keadaan mengenai Bumi. Selain mempelajari ihwal Bumi, geografi juga mempelajari ihwal iklim di Indonesia, cuaca dan segala sesuatu yang berkaitan dengan langit bahkan yang berada di luar angkasa. Maka dari itulah aspek- aspek geografi sangatlah banyak dan ilmu geografi dipecah menjadi cabang ilmu geografi yang sangat banyak.


Dalam ilmu geografi, kita juga akan melaksanakan sebuah studi penelitian. Studi penelitian ini merupakan “Penelitian Geografi”. Penelitian geografi merupakan penelitian yang dilakukan dalam bidang geografi.  Penelitian geografi merupakan penelitian yang logis dan juga ilmiah. Maka dari itulah penelitian geografi dilakukan dengan langkah- langkah yang sistematis. Penelitian geografi dilakukan untuk mendapat suatu tujuan yang berupa hasil maupun pemecahan sebuah persoalan geografi. Maka dari itulah sebelum dilakukan penelitian geografi, tentunya ada persoalan yang ditemukan terlebih dahulu dalam bidang geografi. Pada kesempatan kali ini kita akan mempelajari ihwal langkah- langkah metode penelitian geografi. Hal ini sanggup dipakai sebagai aliran bagi yang ingin melaksanakan penelitian dalam bidang geografi tentunya.


Bagi kita yang sering menciptakan suatu karya ilmiah, tentu sudah tidak gila lagi dengan sebuah penelitian. Sejatinya, dimanapun berada yang namanya penelitian dilakukan dengan berpedoman kepada langkah- langkah ilmiah dan sistematis. Bahkan tidak hanya di geografi saja, namun juga di sains ataupun penelitian lain pun niscaya berpedoman pada langkah- langkah yang ilmiah dan juga sistematis. Nah, bagi Anda yang ingin melaksanakan sebuah penelitian geografi, ada beberapa langkah yang harus dilakukan demi mendapat hasil yang diinginkan. Langkah-langkah penelitian geografi ialah sebagai berikut:



  1. Menentukan masalah


Penelitian geografi pertama kali diawali dengan adanya suatu perkara atau masalah. Masalah yang dimaksud tentu merupakan persoalan dalam bidang geografi. Masalah ini sanggup berupa keadaan yang berbeda dengan biasanya atau persoalan yang ditimbulkan dari adanya suatu tindakan yang dilakukan oleh insan maupun alasannya ialah alam. Sebagai teladan contohnya keadaan air di suatu wilayah yang tidak menyerupai biasanya, dari segi warna, bau, maupun rasa. Nah, hal ini sanggup dicari penyebabnya melalui suatu penelitian.



  1. Menyusun rumusan masalah


Setelah ditemukan suatu persoalan yang ingin dipecahkan atau diteliti, langkah selanjutnya ialah menyusun rumusan masalah. Rumusan persoalan ini sanggup disusun dengan kalimat pertanyaan. Rumusan persoalan merupakan pertanyaan yang mewakili maksud penelitian dilakukan. Mengapa harus berupa kalimat pertanyaan? Hal ini untuk memudahkan dalam mencapai maksud dilakukannya penelitian.



  1. Menentukan variabel penelitian


Langkah selanjutnya sehabis menyusun rumusan persoalan ialah memilih variabel penelitian. Variabel penelitian merupakan suatu objek yang akan diteliti. variabel disini sanggup merupakan variabel bebas maupun terikat. Variabel bebas merupakan variabel yang masih sanggup diganti- ganti oleh peneliti sementara variabel terikat merupakan variabel yang terpengaruh. Dalam hal ini maka variabel terikat ialah objek yang tidak sanggup diganti- ganti. Perlu diketahui bahwa dalam suatu penelitian memang harus ada variabel yang diamati. Jika tidak ada, maka penelitian tidak sanggup dilakukan.



  1. Menentukan landasan teori


Setelah memilih variabel penelitian, langkah selanjutnya ialah memilih landasan teori. Landasan teori merupakan dasar teori yang akan dipakai untuk menjadi aliran dalam penelitian. Hal ini perlu ada alasannya ialah penelitian geografi merupakan penelitian yang ilmiah, sehingga harus ada teori yang mendasarinya.



  1. Menyusun kerangka pemikiran


Selanjutnya ialah menyusun kerangka pemikiran. Kerangka pemikiran merupakan jalannya penelitian atau alur penelitian yang akan dilakukan. Kerangka pemikiran ini akan memudahkan dan tentu saja menciptakan penelitian menjadi terang arahnya. Kerangka pemikiran sanggup digambarkan dalam sebuah skema yang kemudian diberi keterangan di bawahnya.



  1. Merumuskan hipotesis


Selanjutnya ialah menyusun hipotesis. Apa itu hipotesis? Hipotesis merupakan tanggapan sementara atau asumsi sementara dari penelitian. Hipotesis yang disusun ini nantinya akan diuji untuk dibuktikan apakah hipotesis tersebut benar atau salah sementara dari penelitian.



  1. Menentukan populasi dan sampel


Setelah disusun hipotesi, selanjutnya kita masuk kepada proses penelitian yakni memilih populasi dan juga sampel yang akan diteliti. mengapa perlu adanya sampel? Hal ini perlu untuk mewakili populasi. Penggunaan sampel ini akan menciptakan penelitian lebih sederhana.



  1. Menentukan teknik pengambilan sampel


Sampel yang diambil dihentikan sembarangan, namun harus memakai teknik pengambilan sampel biar lebih akurat.



  1. Menentukan teknik pengumpulan data


Selain memilih teknik pengumpulan data. Banyak teknik yang sanggup digunakan. Hal ini bertujuan supaya data yang dipakai lebih akurat.



  1. Pengolahan data


Setelah sampel dan data diperoleh, proses selanjutnya ialah pengolahan data. Pengolahan data penelitian sanggup memakai suatu software tertentu ataupun memakai alat lain yang mendukung.



  1. Analisis data


Setelah data diolah, kemudian data dianalisis. Analisis data dilakukan dengan tujuan memperoleh hasil yang diinginkan.



  1. Menyusun kesimpulan


Setelah data dianalisis, langkah yang terakhir ialah menyusun kesimpulan. Kesimpulan disusun menurut hasil analisis dan olah data. Kesimpulan yang disusun sanggup sejalan dengan hipotesis yang sudah disusun maupun bertentangan.


Nah itulah beberapa langkah-langkah penelitian geografi. Penelitian geografi merupakan penelitian yang ilmiah sehingga tidak sanggup dilakukan sembarangan, apalagi untuk mendapat suatu kesimpulan yang penting. Demikianlah yang sanggup kami sampaikan, semoga bermanfaat untuk kita semua.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com