Sunday, June 25, 2017

√ Cara Melaksanakan Defrag Hardisk Pada Windows Xp, 7, 8, Dan 10

Cara Melakukan Defrag Hardisk Windows Xp √ Cara Melakukan Defrag Hardisk Pada Windows Xp, 7, 8, dan 10

Semakin usang PC atau laptop telah digunakan, maka kinerjanya akan menurun, salah satu faktor menurunya kinerja yaitu alasannya fragmentasi, cara untuk mengatasi fragmentasi yaitu dengan melaksanakan defrag, bila kau tidak tahu cara melaksanakan defrag pada komputer kamu, artikel ini akan memberitahu cara melaksanakan defrag baik pada windows XP, Windows 7, Windows 8 ,dan Windows 10.

Sebelum saya menunjukkan kepada kau cara melaksanakan defrag pada hardisk, baik diwindows XP, 7, 8, dan 10, saya akan memberitahu kepada kau apa itu fragmentasi, dan kenapa kau harus melaksanakan defrag, beserta fungsi dari defrag itu sendiri.

Kenapa Melakukan Defrag dan Apa Itu Fragmentasi


Fragmentasi yaitu sebuah insiden dimana file - file yang terletak pada HDD atau Harddisk Drive pada komputer kau berada ditempat yang acak, atau dengan kata lain tidak berada ditempat yang seharusnya.

Ini dapat terjadi dikala kau memindahkan sebuah file, atau menginstal sebuah file kedalam HDD, yang mana tanpa sengaja HDD mengacak file - file tersebut.

Tetapi fragmentasi biasanya terjadi pada HDD yang hampir penuh, selain file yang teracak, kinerja dari HDD juga berkurang, alasannya fragmentasi ini.

Dengan melaksanakan Defrag, maka semua file akan dicoba untuk dikembalikan ketempat dimana seharusnya file tersebut berada, dan juga mengembalikan Kinerja HDD kamu.


Tetapi sebelum melaksanakan defrag, kau wajib tahu bagaimana cara melaksanakan defrag itu sendiri, dan cara melaksanakan defrag dapat berbeda - beda pada setiap seri windows.

Cara Melakukan Defrag

Disini saya akan memberitahu kepada kau bagaimana cara melaksanakan defrag pada windows XP, windows 7, windows 8, dan juga windows 10.

Tidak ada data akurat wacana berapa % fragmen yang diharapkan untuk melaksanakan defrag, tetapi dari beberapa situs terpercaya lainnya, dibawah 5% yaitu angka ideal melaksanakan defrag, bila lebih dari 5% lebih baik lakukan defrag secepatnya.

Cara Melakukan Defrag Pada Windows XP.


1. Buka sajian start, biasa berada dipojok kiri.

2. Klik My Computer

3. Klik kanan pada Local Disk C:, Lalu pilih Properties.

4. Klik Menu Tools, kemudian Cari dan Klik goresan pena Defragment Now

5. Disini tetap pilih Local Disk C:, kemudian klik Analyze, tunggu hingga selesai.

6. Sesudah selesai, klik goresan pena Defragment, tunggu hingga selesai.


Cara Melakukan Defrag Pada Windows 7 dan 8


1. Buka sajian start, kemudian dikolom pencarian tulis "Disk Defragmenter"

2. Klik Disk Defragmenter, kemudian pilih disk mana yang mau kau Defrag, contohnya Dick C:

Cara Melakukan Defrag Hardisk Windows Xp √ Cara Melakukan Defrag Hardisk Pada Windows Xp, 7, 8, dan 10

Catatan : Jika % fragmen diangka 5% maka itu yaitu angka ideal melaksanakan defrag, bila lebih maka lakukan defrag secepatnya.

3. Klik tombol Analyze Disk, dan tunggu hingga selesai.

4. Setelah selesai, Klik tombol Defragment Disk, dan tunggu hingga selesai.

Jika kau ingin memberi jadwal untuk melaksanakan defrag, supaya kau tidak lupa, maka caranya menyerupai dibawah ini.

1. Buka sajian start, kemudian dikolom pencarian tulis "Disk Defragmenter"

2. Klik Tombol Configure Schedule.

Cara Melakukan Defrag Hardisk Windows Xp √ Cara Melakukan Defrag Hardisk Pada Windows Xp, 7, 8, dan 10

3. Cocokkan tanggal, hari, dan waktu sesuai harapan kamu.

4. Pilih disk yang ingin kau defrag pada kolom terakhir.

5. Klik ok.

Catatan: pastikan laptop atau komputer kau menyala sesuai waktu dan tanggal yang sudah kau tentukan tadi, bila laptop kau tidak menyala pada waktu yang ditentukan, maka defrag juga tidak akan berjalan.

Cara melaksanakan defrag pada Windows 10


1. Dikolom pencarian Ketik, "Defrag" atau "Defragment and Optimise Drives".

2. Pilih software "Defragment and Optimise Drives".
Cara Melakukan Defrag Hardisk Windows Xp √ Cara Melakukan Defrag Hardisk Pada Windows Xp, 7, 8, dan 10
Source: alphr.com
Catatan : Jika % fragmen, 5% yaitu angka ideal melaksanakan defrag.

3. Lalu pilih disk yang mau didefrag.

4. Setelah itu Klik tombol Analyze dan tunggu hingga selesai

5. Setelah proses Analyze selesai, klik Tombol Optimise dan tunggu hingga selesai.


Itulah ia cara melaksanakan defrag pada komputer atau laptop yang kau gunakan, terlebih saya sudah memisahkan tutorial untuk setiap versi windows, supaya kau dapat lebih gampang melaksanakan defrag.

Catatan :

- Jika kau memakai SSD, tidak usah melaksanakan defrag, alasannya teknologi yang dimiliki SSD sudah jauh lebih baik daripada HDD, yang juga dapat mencegah yang namanya Fragmentasi, pada dasarnya tidak perlu melaksanakan defrag pada driver SSD.

- Menurut beberapa sumber defrag sebaiknya dilakukan sebulan sekali, atau beberapa ahad sekali, jangan terlalu sering, alasannya ditakutkan akan berdampak jelek pada komputer kamu.

- Saat proses defragment berjalan, supaya hasil yang diberikan terbaik, maka disarankan tutup semua aplikasi berjalan, dan sehabis fragment selesai, sebaiknya restart dulu laptop, sebelum dipakai kembali.

- Untuk duduk masalah berat, menyerupai Bluescreen, Drive rusak, komputer mati mendadak, maka defrag bukanlah solusinya, melainkan membawa ketukang reparasi komputer yaitu solusi terbaik.

Jika kau mempunyai pertanyaan seputar cara melaksanakan defrag hardisk pada windows xp, 7, 8, dan 10 ini kau dapat ketikkan pertanyaan kau dikolom komentar atau bila ingin bertanya pribadi kepada saya, dapat gunakan kolom Kontak Kami, dibagian paling bawah.
Sumber http://www.domarsma.com