Thursday, June 29, 2017

√ Definisi Informasi Secara Umum

Apa itu informasi ?


Untuk menjawab pertanyaan itu, maka kita harus mengetahui definisi informasi secara umum serta definisi informasi berdasarkan Pers Barat dan Pers Timur.


Berita merupakan media yang visual-auditif, artinya semua orang sanggup menangkap informasi lewat penglihatan mata dan pendengaran lewat telinga.


Berita merupakan uraian insiden yang dikomunikasikan dalam bentuk visual maupun auditif kepada pendengar pada suatu insiden yang bersamaan.


Sedangkan berdasarkan aneka macam pendapat ahli. Pengertian perihal informasi tidaklah seragam. Tapi pendapat para hebat sebagian ada yang mirip.


 maka kita harus mengetahui definisi informasi secara umum serta definisi informasi berdasarkan Pers √ Definisi Berita Secara Umum

Gambar. Benda bersejarah yang menjadi saksi insiden penting sanggup dijadikan sebagai materi berita, contohnya pensiunan pesawat Tentara Nasional Indonesia AU (Foto: siswapedia.com)


Definisi Berita Menurut Para Ahli


Berikut aku merangkum beberapa pendapat para hebat dalam mendefinisikan mengenai suatu berita.


Pertama, berdasarkan Paul D.Maesenner, dalam bukunya berjudul Here’s The News. Berita ialah sebuah informasi yang gres perihal suatu insiden penting dan menarik perhatian serta minat pendengar.


Berita radio sanggup pula berarti : Apa yang terjadi ketika ini, apa yang segera terjadi, dan apa yang akan terjadi.


Kedua, sementara berdasarkan pendapat Prof. Mitchel V. Charnley, dalam bukunya berjudul Reporting. Berita ialah laporan perihal fakta, atau opini menarik perhatian dan penting, yang diperlukan sekelompok masyarakat.


James M. Neal, dan Mitchel V. Charnley mengartikan informasi radio sebagai laporan perihal suatu peristiwa, opini, kecenderungan situasi kondisi, interpretasi penting, menarik, masih baru, dan harus secepatnya disampaikan pada khalayak publik.


Ketiga, Curtis Beckman sedikit menyerupai dalam mendefinisikan informasi layaknya James M. Neal. Menurut Curtis Beckman informasi diartikan sebagai laporan atas opini, maupun insiden yang penting bagi sejumlah besar khalayak.


Berita yang besar ialah liputan opini, atau peristiwa, yang sangat diperlukan pula bagai banyak orang.


Dari beberapa literatur di atas, sanggup dikatakan bahwa definisi informasi merupakan satu sajian laporan berupa fakta dan opini yang mempunyai nilai berita, penting, dan menarik bagi sebanyak mungkin orang.


Berita menjawab problem apa yang sedang terjadi, serta bagaimana insiden itu sanggup berlangsung.


Berita Menurut Pemahaman Pers Barat, dan Berita Menurut Pemahaman Pers Timur


Pengertian informasi dalam pandangan Timur (Uni Soviet) berbeda sekali pengertiannya dengan pandangan Barat (Amerika, Eropa)


Dalam dunia Timur, informasi tidak dipandang sebagai komoditi, informasi bukan barang dagangan. Berita ialah suatu “proses” yang ditentukan arahnya untuk mengupayakan stabilitas negara. Begitulah definisi informasi dalam pandangan Timur.


Berbeda dengan pers Timur, Pers Barat jauh sangat berbeda. Pers barat memandang bahwa informasi itu merupakan bab dari “komoditi”, atau sebagai “barang dagangan” yang sanggup diperjual belikan.


Oleh karenanya, informasi sebagai barang dagangan yang sanggup diperjualbelikan itu harus menarik. Tidak heran jikalau pers Barat mendefinisikan informasi menyerupai yang didefinisikan oleh “raja pers” dari Inggris berjulukan Northliffe.


Nortlhiffe menuturkan bahwa informasi itu ialah sesuatu yang “if a dog bites a man, that’s not news, if a man bites a dog, that news” (kalau anjing menggigit orang, itu bukan berita, jikalau orang menggigit anjing itu gres berita).


Pers Barat dalam mendefinisikan informasi memang sesuatu yang harus sanggup menjual. Makanya pers Barat lebih tumbuh daripada pers Timur.


Hanya saja pers Barat punya sisi kelemahan. Yaitu susukan terhadap berita yang kadang dibentuk dengan melaksanakan pengiringan opini demi untuk meraih hype dari suatu berita.


Sedangkan perspektif informasi yang dianut oleh pers Timur juga mempunyai sejumlah kelemahan. Karena penyelenggaraan suatu informasi dilarang dibisniskan, dan dilarang didagangkan tapi menjadi bab penting bagi stabilitas negara.

Kadang informasi terlalu dikendalikan oleh rezim yang berkuasa. Berita kemudian menjadi alat kontrol untuk melanggengkan pemerintahannya.


Disinilah para pembaca perlu mengetahui bahwa informasi mempunyai dua definisi besar, yaitu definisi versi pers Barat, dan definisi versi pers Timur.



Sumber https://www.siswapedia.com