Definisi Komunikasi Masa dan Ciri Komunikasi Masa
Ada salah satu pertanyaan yang cukup menggelitik, pertanyaannya yaitu apakah dalam masyarakat modern ketika ini kita bisa lepas dari imbas media masa ? Ketika kita mendiskusikan sebuah topik aktual, bisakah topik tersebut tidak berkaitan sama sekali dengan berita-berita yang disajikan koran, televisi, internet atau radio ? Apakah seorang dosen dalam mengajar bisa lepas dari sebuah buku ?.
Coba ejekan pula sebuah pertanyaan lain pada seseorang. Merek kendaraan beroda empat apa yang populer dan mahal ? Biasanya orang akan menjawab BMW atau Mercedes Benz. Kemudian tanyakan, apakah Anda mempunyai kendaraan beroda empat tersebut ? Jawaban umumnya yaitu tidak.
Kalau mereka disuruh memperlihatkan alasan mengapa mereka menjawab menyerupai itu padahal mereka tidak mempunyai mobilnya, barangkali jawabannya menyerupai yang dikatakan oleh Will Rogers atau Jerry Seinfeld “ Yang saya tahu hanyalah apa yang saya baca di koran.”
Jawaban menyerupai yang dikatakan Rogers itu tentu bukan tanpa alasan yang terang dan tak semata-mata untuk materi tertawaan saja. Tetapi ini yaitu dunia rill media masa kita.
Kebanyakan orang tetapkan apa yang baik dan tidak itu menurut informasi di media masa. Kita tidak akan bisa mengamati realitas dunia ini hanya dengan mata dan pendengaran saja. Kita juga perlu mengandalkan media masa sebagai pihak ketiga.
Bisa jadi kita tidak percaya pada apa yang diberikan koran, tetapi kita yakin koran bagaimanapun bentuknya telah mempengaruhi kehidupan kita. Bahkan, kita tidak akan bisa berpartisipasi dalam kehidupan kita ini tanpa pemberian media masa. Dengan kata lain, tanpa media masa insan bisa dibilang istilahnya akan mati.
Ilustrasi dan pertanyaan-pertanyaan tersebut memperlihatkan betapa kita tidak bisa lepas begitu saja dari imbas media masa bukan ? Radio, internet, koran, buku, dan televisi yang dicontohkan di atas yaitu beberapa pola dari media masa yang berkaitan erat dengan komunikasi masa yang tidak sanggup dipisahkan dalam kehidupan manusia.
Agar kita bisa lebih memahami apa itu komunikasi masa, bagaimana definisinya dan ruang lingkup pembahasannya menyerupai apa. Ada baiknya kita membahas terlebih dahulu definisi dari komunikasi masa.
Definisi Komunikasi masa
Banyak definisi wacana komunikasi masa yang telah dikemukakan oleh para ahli. Banyak ragam dan titik tekan yang ditemukannya. Namun, dari sekian banyak definisi itu ada benang merah kesamaan antara definisi satu dengan definisi yang lainya. Pada dasarnya komunikasi masa yaitu komunikasi melalui media masa ( media cetak dan elektronik ). Sebab, awal perkembangannya saja, komunikasi masa berasal dari pengembangan kata media of mass comunication (media komunikasi masa).
Hal ini perlu ditekankan lantaran ada media yang bukan berupa media masa, yakni media tradisional menyerupai kentongan, angklung, gamelan, dan lain-lain. Jadi, disini terang media masa menunjuk pada hasil produk teknologi modern sebagai kanal dalam komunikasi masa.
Dalam hal ini kita juga perlu membedakan masa dalam arti umum, dengan masa dalam artian sempit. Misalnya saja kita pernah mendengar. “Pemirsa, masa yang jumlahnya ratusan itu bergerak menuju gedung DPR-RI untuk memprotes kebijakan pemerintah.’’ Kata masa dalam hal ini lebih mendekati arti secara sosiologis. Dengan kata lain, masa yang dimaksud dalam hal itu yaitu sekumpulan individu insan yang sedang berada dalam lokasi tertentu.
Agar tidak ada kerancuan dan perbedaan persepsi wacana masa, ada baiknya kita perlu membedakan arti masa dalam komunikasi masa dengan masa dalam artian umum.
masa dalam artian komunikasi masa lebih menunjuk pada akseptor pesan yang berkaitan dengan media masa. Dengan kata lain, masa yang dalam sikap dan perilakunya berkaitan dengan tugas media masa. Oleh lantaran itu, masa disini menunjuk pada khalayak, audience, penonton, pemirsa, atau pembaca.
Lalu apa media masa dalam komunikasi masa ?
Ada banyak versi juga wacana bentuk ini. Namun, dari sekian banyak definisi yang ada, bisa dikatakan media masa bentuknya antara lain media elektronik (televisi, radio), media cetak (surat kabar, majalah, tabloid, buku, dan film). Dalam perkembangan komunikasi masa yang sudah sangat modern cendekia balig cukup akal ini, ada satu perkembangan wacana media masa, yakni ditemukannya internet.
Belum ada, untuk tidak menyampaikan tidak ada bentuk media dari definisi komunikasi masa yang memasukkan internet dalam bentuk komunikasi masa. Dengan demikian, bentuk komunikasi masa bisa ditambahkan dengan internet.
Bisa jadi pula beberapa definisi yang tidak menyebutkan internet dalam definisi komunikasinya lantaran definisi itu dibentuk beberapa puluh tahun yang lalau ketika internet belum mewabah menyerupai sekarang. Maka sah-sah saja jikalau di kurun kini kita mencantumkan internet kedalam bentuk media masa.
Ciri-Ciri Komunikasi masa
Komunikator dalam komunikasi masa bukan satu orang, tetapi kumpulan dari beberapa orang. Artinya, campuran antar banyak sekali macam unsur dan bekerja satu sama lain dalam sebuah forum yaitu ciri-ciri dari komunikasi masa.
Sebagaimana kita ketahui, sistem itu yaitu sekelompok orang, pedoman, dan media yang melaksanakan suatu acara mengolah, menyimpan, dan mengolah simbol menjadi pesan dalam menciptakan keputusan untuk mencapai suatu akad dan saling pengertian satu sama lain.
Di dalam sebuah sistem ada interdependensi, artinya komponen-komponen itu saling berkaitan, berinteraksi, dan berinterdependensi secara kesuluruhan. Tidak bekerjanya satu unsur akan mempengaruhi kinerja unsur-unsur yang lain. Eksistensi masing-masing komponen-komponennya, sebaliknya eksistensi masing-masing komponen dipengaruhi oleh kesatuannya.
Di dalam komunikasi masa, komunikator merupakan forum media masa itu sendiri. Itu artinya, komunikatornya bukan orang per orang menyerupai seorang wartawan misalnya.
Wartawan merupakan salah satu penggalan dari sebuah lembaga. Wartawan sendiri bukan seorang komunikator dalam komunikasi masa. Ia yaitu orang yang sudah terinstitutsikan / dilembagakan.
Artinya, banyak sekali sikap dan sikap wartawan sudah diatur dan harus tunduk pada sistem yang sudah diciptakan dalam kanal komunikasi tersebut. Kaprikornus tidak sanggup diganggu gugat lagi.
Meskipun pemilik modal dalam media masa yaitu orang yang paling kuat dalam memilih kebijakan media yang bersangkutan, ia pun tidak bisa disebut sebagai seorang komunikator dalam media masa. Ia juga hanya merupakan salah satu penggalan dalam forum media masa.
Dengan demikian, komunikator dalam komunikasi masa setidak-tidaknya mempunyai ciri sebagai berikut 1.) kumpulan individu-individu 2.) dalam berkomunikasi individu-individu itu terbatasi kiprahnya dengan sistem dalam media masa. 3.) Pesan yang disebarkan atas nama media yang bersangkutan dan bukan atas nama eksklusif unsur-unsur yang terlibat. 4.) Apa yang dikemukakan oleh komunikator biasanya untuk mencapai keuntungan atau mendapat keuntungan secara ekonomis.
Mengapa Kita Harus Mempelajari Komunikasi masa
Ada alasan logis mengapa kita harus mempelajari komunikasi masa. Berikut alasan mengapa kita harus mencar ilmu komunikasi masa.
1. Media masa merupakan sumber kekuatan bagi pemberdayaan ekonomi.
2. Media masa bisa merawat nilai-nilai dan norma yang ada pada lingkungan kita.
3. Media masa sering kali berperan sebagai wahana pengembangan kebudayaan.
Demikian uraian wacana definisi komunikasi masa dan ciri komunikasi masa serta tetap simak artikel-artikel pengetahuan lainya di Siswapedia dengan gratis.
Sumber https://www.siswapedia.com