Sunday, July 30, 2017

15 Kota Yang Dilalui Garis Khatulistiwa Di Indonesia Dan Mancanegara

Planet Bumi merupakan sebuah planet di tata surya yang mempunyai bentuk lingkaran dan pepat di kedua kutubnya. Ada banyak sekali hal- hal yang sanggup kita pelajari mengenai Bumi. Salah satunya ialah penyusunan garis- garis khayal yang menyelimuti Bumi dengan jarak yang sama antara satu dengan lainnya. Adanya garis- garis khayal ini bukan tanpa tujuan. Para ilmuwan menggambarkan garis- garis khayal yang berupa garis lintang dan garis bujur untuk mengklasifikasikan negara menurut kategori tertentu.


Sebagai pola ialah pembagian iklim di dunia yang bergantung letak suatu negara menurut posisi garis lintangnya, serta pembagia waktu di dunia yang di dasarkan pada garis bujur nol derajat. Baik, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai kota-kota mana saja di Indonesia dan di dunia yang dilewati oleh garis khatulistiwa atau garis ekuator atau garis lintang nol derajat. Namun sebelum itu alangkah baiknya kita mulai dengan pengertian garis bujur dan garis lintang terlebih dahulu.


Apa itu Garis Lintang dan Garis Bujur?


Pasti kita semua sudah pernah mempelajari atau paling tidak mendengar nama garis lintang dan garis bujur. Adapun keduanya ini merupakan garis- garis khayal yang dibentuk mengelilingi Bumi untuk tujuan tertentu. namanya garis khayal, pastilah garis ini tidak ada kenyataan. Kita sanggup menemukan keberadaan garis bujur atau lintang dari replika Bumi lingkaran atau yang disebut dengan globe. Di globe, kita akan menemukan garis yang vertikal atau berdiri yang menghubungkan kutub utara dan selatan dan garis yang melintang dai timur ke barat membelah Bumi. Adapun garis yang membujur dari utara dan selatan ini dinamakan garis bujur. Sementara garis yang melintang mengelilingi bumi disebut sebagai garis lintang.


Setiap garis khayal yang dibentuk di permukaan Bumi mempunyai letak dan biasa dituliskan dalam bentuk derajat. Lintang nol derajat merupakan garis lintang yang letaknya berada di tengah- tengah Bumi. Garis ini membelah Bumi menjadi penggalan yang sama besar yakni penggalan utara dan selatan. Garis lintang nol derajat lebih sering disebut sebagai Garis Ekuator atau Garisa Khatulistiwa. Adapun garis ini terpampang faktual melewati banyak sekali negara. Sementara garis bujur nol derajat merupakan garis bujur yang letaknya di posisi kota Greenwich. Namun kita tidak akan membahas mengenai garis bujur nol derajat, namun yang akan kita bahas ialah negara mana saja yang dilewati garis khatulistiwa. Tentunya kota- kota ini mempunyai iklim tropis alasannya ialah berada di tengah- tengah Bumi.


Ada banyak kawasan di Bumi ini yang dilalui oleh garis khatulistiwa, bahkan negara kita Indonesia pun juga dilalui oleh garis khatulistiwa. Di Bumi ini setidaknya ada tujuh negara yang dilalui oleh garis khatulistiwa. Dan di dalam negara tersebut ada kota- kota yang dilalui oleh garis khatulistiwa.  Yuk, cari tahu kota- kota yang dilalui garis khatulistiwa tersebut.



  1. Pontianak, Kalimantan Tengah


Kota pertama yang sangat dikenal alasannya ialah dilewati garis khatulistiwa ialah Pontianak. Kota ini berada di kalimantan tengah. Kota ini benar- benar merupakan kota yang berada di tengah- tengah Bumi. Di Kota ini dibangun sebuah tugu yang berjulukan tugu khatulistiwa. Tugu ini menggambarkan bahwa garis khatulistiwa melintasi kota ini.



  1. Kota Bonjol, Sumatera Barat


Kota Bonjol merupakan kota kelahiran pahlawa nasional Teuku Imam Bonjol. Kota ini berada di Provinsi Sumatera Barat. Untuk membuktikan bahwa kota ini merupakan kota yang dilalui garis khatulistiwa, maka di kota ini dibangun sebuah tugu Equator yang bentuknya mirip rumah gadang, yaitu rumah adab dari Sumatera Barat. Meskipun demikian kota ini terus mencoba menimbulkan posisi dibawah khatulistiwa ini menjadi sebuah hal yang populer, meski belu, sepopuler Pontianak yang menjadi ikon nasional.



  1. Kota Bontang


Kota Bontang menjadi salah stau kota di Indonesia yang juga dilalui garis khatulistiwa. Untuk menandai bahwa kota ini dilalui garis khatulistiwa maka dibangun sebuah tugu khatulistiwa Santan Ulu, Samarinda.


Itulah tiga kota di Indonesia yang dilalui oleh garis khatulistiwa. Selanjutnya masih banyak lagi kota yang dilalui garis Khatulistiwa di Indonesia, seperti:



  1. Lintas Riau, Sumatera Barat

  2. Riau

  3. Kepulauan Batu

  4. Kepulauan Lingga

  5. Sulawesi Tengah

  6. Kepulauan Kayoa, Halmahera Selatan

  7. Pulau Gebe

  8. Pulau Amberi


Selain di Indonesia, tentunya banyak juga kota- kota di dunia yang dilalui garis khatulistiwa, diantaranya adalah:



  • Pulau Isabela, Ekuador

  • Amazonas, Brazil

  • Roraimas, Brazil

  • Para, Brazil


Itu ia beberapa kota di dunia yang dilalui garis khatulistiwa. Sebenarnya masih sangat banyak ya bahkan banyak sekali mengingat jumlah yang dilewati garis khatulistiwa saja ada sebelas. Namun nama- nama kota ini tidak sanggup diperinci satu per satu. Baik, biar apa yang kami sampaikan bermanfaat untuk kita semua.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com