Friday, August 11, 2017

7 Kegunaan Satelit Dalam Bidang Geologi

Satelit buatan merupakan salah satu teknologi yang dibentuk oleh insan untuk memudahkan dalam banyak sekali hal. Beberapa hal yang ditunjang dengan adanya satelit menyerupai halnya komunikasi serta banyak sekali isu lainnya yang diperlukan oleh insan dalam banyak sekali bidang. Dalam cabang bidang geografi, satelit tidak lepas dengan pengembangan Sistem Informasi Geografis. Satelit memang banyak sekali kegunaannya dalam bidang ilmu geografi khususnya dalam cabang- cabang ilmu geografi tersebut. Salah satu cabang ilmu geografi yang banyak dibantu dengan adanya satelit yakni ilmu geologi. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai kegunaan atau manfaat satelit dalam bidang ilmu geologi. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak uraian berikut.


Kegunaan Satelit dalam Bidang Geologi


Sebelum membahas kegunaan satelit dalam bidang ilmu geologi, kita perlu mengetahu perihal apa ilmu ilmu geologi terlebih dahulu. Ilmu geologi merupakan salah satu cabang ilmu geografi yang mempelajari perihal Bumi yakni komposisi, struktur, sifat- sifat fisik, serta sejarah pebentukannya. Dalam perkembangannya geologi juga meliputi beberapa hal yang semakin luas. Dengan demikian peranan gambaran dalam Sistem Informasi Geografis sangatlah berarti. Cara kerja dalam Sistem Informasi Geografi ini memakai satelit sebagai alatnya. Oleh lantaran itulah satelit mempunyai banyak kegunaan dalam bidang geologi. Beberapa kegunaan satelit dalam bidang geologi antara lain sebagai berikut:



  1. Menentukan struktur geologi dan macam- macamnya


Salah satu kegunaan satelit dalam ilmu geologi yakni untuk memilih struktur geologi di suatu daerah. Kita semua tahu bahwa setiap kawasan mempunyai karakteristik yang berbeda- beda, termasuk struktur tanah dan juga batuan. Nah oleh lantaran adanya derma dari satelit dan segala kecanggihan di dalamnya maka kita akan sanggup mengetahui struktur geologi di suatu tempat serta macam- macamnya. Bahkan lantaran letak satelit yang sanggup menjangkau kawasan yang luas maka kita akan sanggup mengetahu kawasan lain yang mempunyai struktur geologi yang sama sehingga sanggup kita kelompokkan daerah- kawasan yang mempunyai struktur geologi sama.



  1. Pemantauan kawasan tragedi menyerupai gempa dan kebakaran


Kegunaan satelit yang selanjutnya yakni untuk memantau daerah- kawasan yang terkena dampak tragedi alam, menyerupai gempa dan juga kebakaran (sebagai teladan yakni kebakaran hutan). Daerah yang terkena dampak tragedi akan sulit dipatau apabila kita berada di tempat dengan bidang datar yang sama. Namun lantaran satelit memantau dari angkasa maka daerah- kawasan yang terkena dampak tragedi akan lebih gampang terlihat sehingga kita tahu kawasan mana saja yang terkena dampak bendana bahkan tingkat keparahannya.



  1. Pemantauan abu vulkanik


Selain pemantauan terhadap musibah menyerupai gempa dan kebakaran, kegunaan satelit lainnya juga termasuk dalam pemantauan arah abu vulkanik. Hal ini sangat penting bagi Indonesia mengingat negara kita ini mempunyai banyak sekali gunung api yang masih aktif dan sering mengalami erupsi. Terkadang letusan yang ditimbulkan gunung- gunung api ini bersifat kecil, namun tidak jarang pula bersifat besar dan merusak. Selain arah dari material cair yang dimuntahkannya, perlu diperhatikan pula material yang berupa abu vulkanik lantaran abu vulkanik juga merupakan material yang berbahaya. Dengan adanya satelit maka kita sanggup memantau arah pergerakan abu vulkanik yang cenderung mengikuti arah angin. Dengan demikian petugas sanggup menunjukkan peringatan yang lebih dini kepada masyarakat supaya lebih waspada.



  1. Pemantauan distribusi sumber daya alam


Kegunaan satelih sebagian besar memang untuk aktivitas pemantauan. Selanjutnya satelit juga berfungsi dalam aktivitas pemantauan distribusi sumber daya alam. Kita tahu bahwa karakteristik tanah di banyak sekali saerah berbeda- beda antara satu dengan lannya. Maka dari itulah sumber daya alam khususnya tanaman yang tumbuh juga berbeda- beda antara satu kawasan dengan kawasan lainnya. Nah, dengan derma satelit kita akan sanggup memantau distribusi atau persebaran sumber daya alam di daerah- daerah. Sehingga dengan ini maka kita sanggup mengetahui dimana kawasan yang mempunyai sumber daya alam lebih dan mana kawasan yang kekurangan sumber daya alam. Dengan demikian maka sanggup melengkapi antara satu dengan lainnya.



  1. Pemantauan pencemaran bahari dan lapisan minyak di laut


Pemantauan yang dilakukan oleh satelit memanglah menjangkau kawasan yang luas sehingga diperoleh hasil yang efektif. Salah satu yang dipantau oleh sitra satelit yakni mengenai pencemaran laut. Pencemaran bahari sanggup disebabkan oleh banyak sekali hal menyerupai kebocoran kilang minyak atau lantaran pembuangan limbah cair. Pencemaran bahari sanggup mengakibatkan dampak yang serius lantaran sanggup mecemari biota- biota bahari dan membuatnya mati. Oleh lantaran itulah pencemaran bahari perlu untuk dipantau. Satelit juga akan sanggup mendeteksi lapisan minyak yang berada di bahari serta kadarnya. Dengan demikian kita akan sanggup menginformasikan kawasan mana saja yang terkena dampak pencemaran dan juga tingkat keparahannya.



  1. Pemanfaatan bidang pertahanan dan militer


Satelit juga bermanfaat dalam bidang pertahanan dan juga kemiliteran. Hal ini akan sangat membantu bagi negara dalam memperkuat pertahanan negaranya. Satelit akan sanggup memantau kawasan mana saja yang perlu untuk diperketat penjagaannya dan juga kawasan mana saja yang sekiranya rawan untuk dimasuki musuh.



  1. Pemantauan permukaan, disamping pemotretan dengan pesawat terbang dan aplikasi Sistem Informasi Geografis (SIG)


Satelit mempunyai banyak sekali kegunaan khususnya dalam bidang geologi. Satelit ini sangat dekat kaitannya dengan perkembangan Sistem Informasi Geografis sehingga akan sanggup mencptakan banyak sekali inovasi yang sangat memudhkan insan dalam banyak sekali bidang. Kebanyakan kegunaan dari satelit memang berupa pemantauan lantaran letaknya yang mengambang di udara sehingga akan lebih akurat dan meliputi wilayah yang besar. Adapun pmantauan ini selain dari satelit juga dilakukan pemantauan atau pemotretan dengan pesawat terbang.


Demikianlah banyak sekali macam manfaat satelit, khususnya dalam bidang geologi dan beberapa lainnya dalam ilmu geografi secara umum. Dari uraian di atas tampak terperinci bahwa satelit merupakan benda yang sangat penting keberadaannya dalam banyak sekali bidang kehidupan manusia. Satelit merupakan benda yang sangat canggih sehingga sanggup menunjukkan isu dengan sangat detail dan susah untuk dilakukan manusia. Satelit tidak hanya memudahkan dalam  bidang geografi saja, namun juga bidang yang lain menyerupai komunikasi. Demikianlah isu yang sanggup kami sampaikan, biar bermanfaat untuk kita semua.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com