Thursday, August 10, 2017

√ Kuesioner Penelitian Dengan Skala Guttman

kuesioner sebagai salah satu instrumen yang dipakai untuk mengumpulan informasi/data penelitian mempunyai banyak sekali macam skala pengukurannya. adapun yang pernah kami bahas sebelumnya yakni wacana skala likert, namun pada kesempatan kali ini kami akan melanjutkan pada pembahasan kuesioner yang memakai skala Guttman.


kuesioner sebagai salah satu instrumen yang dipakai untuk mengumpulan gosip √ kuesioner penelitian dengan skala Guttman


Skala Guttman yakni skala pengukuran yang membutuhkan jawab tegas dari respondennya, menyerupai tanggapan “iya” atau “tidak, “benar” atau “salah”, “pernah” atau “tidak pernah” dan lain sebagainya. tanggapan tersebut diajukan untuk mendapat tanggapan yang tegas oleh peneliti terkait permasalahan yang ditanyakan.


agar mempermudah dalam pemahaman, maka kami akan memperlihatkan referensi penggunaan kuesioner skala Guttman sebagaimana berikut:


Contoh skala Guttman


1 apakah anda yakin apabila manajer perusahaan diganti maka lingkungan kerja akan menjadi lebih baik?


a Yakin


b Tidak Yakin


2 apakah anda susah tidur siang?


a iya


b tidak


dua referensi di atas memperlihatkan ketegasan tanggapan yang diberikan oleh responden. maka selanjutnya, untuk kebutuhan analisis data secara statistik diharapkan dukungan skor kepada tanggapan tersebut, yang mana skor untuk tanggapan yang mendukung atau tanggapan faktual (yakin dan ya) diberi skor 1 , dan skor untuk tanggapan yang tidak mendukung atau tanggapan negatif (tidak yakin dan tidak) diberi skor 0.


demikian yang sanggup kami sampaikan terkait skala Guttman, semoga artikel singkat ini sanggup membantu rekan-rekan semua.



Sumber https://www.spssstatistik.com