Friday, August 11, 2017

√ Panduan Dan Langkah Menciptakan Skripsi Kualitatif Yang Baik Dan Benar

Komputerdia.comSkripsi kualitatif adalah  suatu penelitian perihal riset yang bersifat deskriptif dan cenderung memakai analisis . Proses dan makna (perspektif subjek) lebih ditonjolkan dalam penelitian kualitatif. Dalam skripsi kualitatif, landasan teori dimanfaatkan sebagai pemandu biar fokus penelitian sesuai dengan fakta di lapangan. Selain itu landasan teori ini juga bermanfaat untuk menawarkan citra umum perihal latar penelitian dan sebagai materi pembahasan hasil penelitian.

Namun bila kita lihat pengertian skripsi kualitatif dari pandangan para ahli, maka akan terdapat beberapa pengertian diantaranya yakni sebagai berikut:

  • Menurut Saryono (2010), Penelitian kualitatif merupakan penelitian yang dipakai untuk menyelidiki, menemukan, menggambarkan, dan menjelaskan kualitas atau keistimewaan dari efek social yang tidak sanggup dijelaskan, diukur atau digambarkan melalui pendekatan kuantitatif.
  • Menurut Sugiyono (2011), metode penelitian kualitatif yakni metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat post positivisme, dipakai untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah, (sebagai lawannya eksperimen) dimana peneliti yakni sebagai instrumen kunci, pengambilan sampel sumber data dilakukan secara purposive dan snowball, teknik pengumpulan dengan tri-anggulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif atau kualitatif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari pada generalisasi.
Perlu kalian ketahui, bahwa didalam penelitian kualitatif, identitas serta tugas informan dan informasi-informasi yang disampaikan menjadi hal-hal yang berharga sehingga peneliti harus mempunyai tanggungjawab untuk memperlakukan identitas diri dan informasi yang disampaikan oleh informan tersebut. 

Identitas dan informasi tersebut sanggup terbuka ataupun tertutup untuk khalayak, tergantung dari akad antara peneliti dan informan yang tertulis dalam formulir akad (consent form). Peneliti boleh membuka identitas selama informan setuju dan peneliti juga harus menghargai keputusan apabila informan ingin identitasnya dilindungi.

Dalam pengambilan data penelitian kualitatif, sebaiknya peneliti mendapat izin baik secara tertulis ataupun verbal sehingga penelitian tidak melanggar norma-norma yang mungkin dianut oleh informan atau objek penelitian.

Sementara itu tujuan utama penelitian kualitatif Menurut Kriyantono, yakni untuk menjelaskan suatu fenomena dengan sedalam-dalamnya dengan cara pengumpulan data yang sedalam-dalamnya pula, yang memperlihatkan pentingnya kedalaman dan detail suatu data yang diteliti.

Pada penelitian kualitatif, bila semakin mendalam, teliti, dan semkain tergali suatu data yang didapatkan, maka hal ini sanggup diartikan pula bahwa semakin baik kualitas penelitian tersebut. Maka dari segi besarnya responden atau objek penelitian, metode penelitian kualitatif mempunyai objek yang lebih sedikit dibandingkan dengan penelitian kuantitatif, lantaran lebih mengedepankan kedalaman data, bukan kuantitas data

Baca Juga Artikel Lainnya :

 suatu penelitian perihal riset yang bersifat deskriptif dan cenderung memakai analisi √ Panduan dan Langkah Membuat Skripsi Kualitatif Yang Baik dan Benar

Panduan dan Langkah Membuat Skripsi Kualitatif

1. Pedoman Penulisan Skripsi Kualitatif

  • Untuk jenis kertas biasanya yang dipakai ada dua jenis tergantung kebijakan universitas, yaknik ukuran kertas A4 80gram dan ukuran kertas Letter 80gram
  • Ukuran batas tepi kertas (ukuran margin) yakni mirip berikut. Tepi Atas (Top) 4cm, Tepi Bawah (Bottom) 3cm, Tepi Kiri (Left) 4cm dan Tepi kanan (Right) 3cm.
  • Jenis abjad yang dipakai yakni Times New Roman dengan ukuran 12
  • Khusus untuk penulisan pada penggalan cover ukuran abjad yang dipakai yakni ukuran 14
  • Untuk kata gila harus ditulis dengan format miring (italic)
  • Keterangan untuk tabel harus diletakkan diatas tabel tersebut
  • Keterangan untuk gambar harus diletakkan dibawah ganbar tersebut

2. Halaman - Halaman Pembuka dan Pelengkap Skripsi Kualitatif

Sebelum melangkah pada pembahasan BAB I, hal yang harus kalian buat yakni melaksanakan penyusuan halaman-halaman pembuka dan komplemen lainnya. Halaman-halaman tersebut diantaranya yakni sebagai berikut :
  • Halaman Judul (Cover Skripsi)
Isi untuk halaman cover ini, kalian silahkan isi dengan judul skripsi yang akan kalian buat, logo universitas daerah kalian belajar, informasi eksklusif (seperti nama dan NIM) dan masukkan informasi jurusan yang kalian ambil, juga sertakan informasi tahun kelulusan yang akan kalian jalani. Untuk lebih jelasnya kalian sanggup melihat teladan cover skripsi kualitaif perihal analisis swot di http://bit.ly/2Jx1Qqg

  • Halaman Prasyarat (Halaman Pelengkap).
Isi untuk halaman halaman prasyarat ini, biasanya hampir sama dengan format cover. Namun dalam penggalan ini kalian harus menambahkan beberapa kalimat yang menggambarkan suatu persyartan untuk melengkapi gelar sarjana kalian. Untuk lebih jelasnya kalian sanggup melihat teladan halaman prasyarat pada skripsi kualitatif analisis swot di http://bit.ly/2NTFmUu

  • Halaman Pembimbing.
Dihalaman ini, silahkan kalian buat format yang sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. Dalam halaman ini kalian harus memasukkan infrormasi diri kalian mirip Nama, NIM, Judul Skripsi, Jurusan Kuliah yang kalian ambil serta menambahkan nama pembimbing materi serta nama pembimbig teknis. Untuk teladan lebih lanjutnya, kalian sanggup lihat di http://bit.ly/30yAOEx.

  • Halaman Pengesahan.
Halaman pengakuan ini, hampir sama formatnya dengan penggalan halaman pembimbing, Untuk lebih jelasnya kalian sanggup lihat di http://bit.ly/2LMVG6R

  • Lembar Pernyataan.
Untuk halaman ini merupakan rangkaian beberapa kata yang menyatakan bahwa kalian sanggup bertanggung jawab atas skripsi yang kalian buat. Untuk lebih lanjutnya silahkan lihat misalnya di http://bit.ly/2LMVG6R

  • Lembar Pernyataan Tidak Plagiat.
Halaman tidak plagiat ini merupakan halaman yang berisikan pernyataan bahwa semua isi skripsi kalian merupakan hasil karya sendiri dan bukan hasil plagiat atau salinan dari skripsi orang lain. Untuk misalnya kalian sanggup lihat di http://bit.ly/2LMVG6R.

  • Abstrak
Isi halaman abnormal merupakan garis besar dari isi semua skripsi yang kalian buat dan hampir ibarat dengan rangkuman namun abnormal lebih menggambarkan kerangka dari skripsi yang kalian buat. Biasanya abnormal mempunyai 3 (tiga) paragraf.
  1. Paragraf pertama : berisikan informasi eksklusif serta judul skripsi yang kalian buat
  2. Paragraf kedua : berisi perihal tujuan kalian melaksanakan penelitian ini, dan isi tujuan tersebut harus sama dengan tujuan penelitian yang kalian buat pada penggalan satu (Copy Paste saja pada penggalan tersebut). Dalam paragraf kedua ini juga, kalian harus menuliskan jenis atau metode yang kalian gunakan untuk menyusun skrispi ini (tulis saja metode penulisannya metode deskriptif kualitatif).
  3. Paragraf ketiga : merupakan inti hasil pembahasan yang terdapat pada penggalan 5 atau pada penggalan kesimpulan dan saran. Untuk teladan abnormal sendiri sanggup kalian lihat atau kalin d0wnl0ad  pada link http://bit.ly/2LMVG6R.

  • Lembar Moto.
Pada halaman ini, silahkan kalian masukkan moto kalian (biasanya berupa kata-kata bijak). Untuk misalnya silahkan kalian lihat di http://bit.ly/2LMVG6R.

  • Kata Pengantar
Halaman ini biasanya berupa ucapan terima kasih serta hal-hal lainnya yang dianggap penting.Untuk misalnya kalian sanggup lihat di http://bit.ly/2LMVG6R.

  • Daftar Isi
Halaman ini berisi daftar isi materi serta informasi halaman pada skripsi yang kalian buat. Untuk misalnya sanggup kalian lihat di http://bit.ly/2LMVG6R.

  • Daftar Tabel
Daftar tabel merupakan informasi mengenai berapa banyak format tabel yang kalian buat pada skripsi tersebut. dan biasa dibentuk mirip daftar isi. Contohnya lihat di http://bit.ly/2LMVG6R.

  • Daftar Gambar
Sama mirip daftar tabel, halaman ini merupakan halaman yang memberitahukan informasi berapa banyaknya gambar yang terdapat pada skripsi tersebut. Contohnya sanggup kalian lihat di http://bit.ly/2LMVG6R.

  • Daftar Lampiran
Halaman ini merupakan daftar lampiran, mirip daftar kuesioner, wawancara, dokumentasi atau hal lainnya yang menjadi penunjang dikala menyusun skrispi. Contohnya sanggup kalian lihat di http://bit.ly/2LMVG6R.

3. Penyusunan BAB I Pendahuluan

Dalam melaksanakan penyusunan BAB I terdapat beberapa penggalan penting diantaranya yakni sebagai berikut :
  • Latar Belakang Masalah
Pada halaman ini silahkan kalian isi dengan informasi-informasi yang terkait dengan dilema yang sedang kalian teliti. Biasanya berkaitan dengan materi, sejarah serta hal lainnya yang berkaitan dengan hal yang sedang kalian teliti sehingga sanggup membentuk judul skrkipsi tersebut. Contohnya sanggup kalian lihat di http://bit.ly/32ndA63.

  • Identifikasi Masalah
Halaman ini berupa penulisan masalah-masalah yang berada pada latar belakang masalah. Dalam hal ini, kalian sanggup mengidentifikasi suatu dilema menurut data-data yang valid dan terjadi dalam realita ruang lingkup dilema yang sedang kalian teliti.

Bisanya untuk menciptakan identifikasi masalah, kalian harus melihat masalah-masalah yang akan atau sedang terjadi pada penelitian tersebut dan di tuliskan ke dalam 10 bentuk Pertanyaan. Contohnya sanggup kalian lihat di http://bit.ly/32ndA63.

  • Pembatasan Masalah
Dalam penggalan ini kalian harus mempunyai batasan yang akan kalian bahas dan sesuai dengan judul. Agar penelitian ini sanggup dilakukan lebih fokus, sempurna, dan mendalam maka kalian harus memandang permasalahan penelitian yang diangkat perlu dibatasi variabelnya. Contohnya sanggup kalian lihat di http://bit.ly/32ndA63.

  • Perumusan Masalah
Untuk menciptakan perumusan masalah, silahkan kalian cari 6 pertanyaan yang kalian anggap sangat penting dari penggalan identifikasi masalah. Untuk misalnya silahkan lihat di http://bit.ly/32ndA63.

  • Tujuan Penelitian
Jika perumusan sudah kalian tetapkan, maka kalian sudah sanggup menciptakan tujuan penelitian tersebut. Isi dari tujuan penelitian tersebut biasanya merupakan suatu balasan yang cocok dan seimbang dari semua pertanyaan yang dibentuk pada penggalan perumusan masalah. Contohnya silahkan kalian lihat di http://bit.ly/32ndA63.

  • Kegunaan Penelitian
Untuk keguanaan atau manfaat penelitian, silahkan kalian simpulkan sendiri dari permasalahan yang sednag kalian teliti. Biasadi http://bit.ly/32ndA63.

  • Sistematika Penulisan
Sistematika penulisan biasanya dibentuk sama persis dengan daftar isi, namun pada masalah ini tidak memakai daftar halamannya. Contohnya sanggup kalian lihat di http://bit.ly/32ndA63.

4. Penyusunan BAB II Landasan Teori dan Kerangka Berfikir

Sama mirip pada BAB I, penyusunan pada penggalan landasan teroi dan kerangka berfikir juga terdapat beberapa penggalan diantaranya yakni sebagai berikut :
  • Landasan Teori
Pada landasan teori ini, silahkan kalian menyusun dan mencari sumber atau acuan terkait materi yang berafiliasi dengan dilema yang sedang kalian teliti, baik pada buku ataupun internet dan materi-materi ini harus berafiliasi satu sama lain. Contohnya sanggup kalian lihat di http://bit.ly/32ndA63.

  • Kerangka Berfikir
Untuk menciptakan kerangka berfikir, silahkan kalian menciptakan gambar atau denah perihal alur pembuatan pada skripsi yang kalian buat serta menjelaskan dalam bentuk uraian yang lebih spesifik. Contohnya sanggup kalian lihat di http://bit.ly/32ndA63.

5. Penyusunan BAB III Metodologi Penelitian

Dalam penyusunan BAB III ini terdapat 5 elemen penting, diantaranya yakni sebagai berikut :
  • Tempat dan Waktu Penelitian
Pada penggalan ini, silahkan kalian gambarkan dan jelaskan terkait tenpat serta waktu penelitian yang kalian lakukan dan gambarkan juga pada bentuk tabel sederhana. Untuk misalnya silahkan kalian lihat di http://bit.ly/2YQirdM

  • Metode Penelitian
Pada penggalan ini, silahkan kalian deskripsikan jenis metode apa yang kalian gunakan dalam melaksanakan penyusunan skripsi tersebut dan jelaskan secara detail. Untuk misalnya silahkan kalian lihat di http://bit.ly/2YQirdM

  • Subjek dan Sumber Data Penelitian
Untuk pengisian lembar ini silahkan kalian cari materi dari banyak sekali sumber perihal apa itu subjek dan sumber data penelitian serta cantumkan juga elemen atau materi penunjang lainnya yang berkaitan dengan subjek dan sumber data penelitian. Untuk misalnya silhakan kalian lihat di http://bit.ly/2YQirdM

  • Teknik Pengumpulan Data
Dalam menyusun teknik pengumpulan data silahkan kalian deskripsikan dengan cara apa saja kalian memperoleh data tersebut. Biasanya untuk skripsi kualitatif data yang dipakai yakni Teknik Observasi, Teknik Wawancara atau Kuesioner (angket), dan Dokumentasi berupa poto hasil penelitian kalian. Untuk misalnya sanggup kalian lihat di http://bit.ly/2YQirdM

  • Teknik Analisis Data
Untuk menyusun penggalan ini, silahkan kalian mencari materi terkait dengan dilema yang sedang di teliti. Biasanya menyangkut teknik apa yang biasa dipakai untuk menuntaskan dilema yang sedang kalian teliti. Untuk lebih jelasnya, silahkan kalian lihat misalnya di http://bit.ly/2YQirdM

6. Penyusunan BAB IV Hasil Penelitian dan Pembahasan

  • Profil Tempat Penelitian
Pada pembukaan BAB IV kalian harus menjelaskan secara detail terkait profil daerah penelitian kalian yang meliputi, sejarah perusahaan, visi dan misi perusahaan, deskripsi bidang yang dijalani perusahaan, menggambarkan struktur organisasi perusahaan serta menjelaskan setiap bagian-bagiannya atau sering dikenal dengan Job Desk. Untuk misalnya sanggup kalian lihat di http://bit.ly/2LOPVWk

  • Deskrispi Data Penelitian
Sebelum kalian menyusun isi Deskripsi Data Penelitian, sebelumnya kalian harus menciptakan beberapa data pelengkapnya mirip berikut ini:
  1. Angket atau Kuesioner : Angket pertama ini ditujukan untuk para konsumen yang menjadi pelanggan perusahaan yang sedang kalian teliti, kemudian sesudah menciptakan format tersebut silahkan kalian sebar angket tersebut kepada beberapa konsumen untuk mendapat hasil data yang real, paling sedikit angket ini hasrus disebar kepada 25 orang konsumen . Untuk format pembuatan angket konsumen sanggup kalian lihat di http://bit.ly/2SbC0L0
  2. Lembar Observasi : Lembar observasi ini yakni suatu bentuk pernyataan yang diajukan untuk pihak perusahaan. biasanya untuk melaksanakan survey perihal kelengkapan serta kemudahan yang diberikan perusahaan tersebut. Untuk misalnya sanggup kalian lihat di http://bit.ly/32neCir
  3. Lembar Wawancara : Lembar wawancara ini ditujukan kepada pemilik atau orang kepercayaan dari perusahaan, untuk menggali beberapa informasi perusahaan tersebut. Untuk misalnya sanggup kalian lihat di http://bit.ly/2Sbm7UL
  4. Lembar Pengisian Bobot Pakar Ahli : Dalam skripsi kualitatif biasanya akan ada perhitungan tertentu untuk memperoleh data real, maka untuk mendapat data awal, kalian harus mempunyai data yang diisi oleh para pakar jago dari perusahaan tersebut. Untuk misalnya sanggup kalian lihat di http://bit.ly/2YPzpJp
Setelah kalian mendapat data-data real diatas, selanjutnya silahkan kalian buat deskripsi atas data-data yang telah kalian dapatkan tersebut dan silahkan jelaskan secara detail. Biasanya menyangkut beberapa deskripsi penting mirip deskripsi data responden menurut umur, menurut pendidikan, berdasarakan jenis kelamin serta klarifikasi mengenaui faktor internal dan eksternal perusahaan. Untuk teladan lengkapnya sanggup kalian lihat di http://bit.ly/2LOPVWk.

  • Hasil Penelitian
Masih berkaitan erat dengan hasil data real diatas, pada penggalan hasil penelitian ini juga, silahkan kalian deskripsikan secara mendetail hasil data real tersebut secara detail menurut rumusan masalah. Untuk misalnya sanggup kaian lihat di http://bit.ly/2LOPVWk

  • Pembahasan Hasil Penelitian
Untuk penggalan ini, silahkan kalian isi dengan selesai yang terdapat pada penggalan Hasil Penelitian. Untuk misalnya sanggup kalian lihat di aciknadzirah.blogspot.com/search?q=contoh-skripsi-kualitatif-analisis-swot" target="_blank">Lihat juga teladan skripsi analisi SWOT kualitatif yang benar

7. Penyusunan BAB V Kesimpulan dan Saran

Pada penggalan ini terdapat 3 elemen, diantaranya yakni sebagai berikut :
  • Kesimpulan
Bagian ini silahkan kalian isi dengan selesai yang diambil atau diperoleh dari BAB IV, silahkan kalian ambil garis pentingnya. Untuk misalnya sanggup kalian lihat di http://bit.ly/2Sg8cNw

  • Keterbatasan Penelitian
Pada penggalan ini, silahkan kalian gambarkan dan jelaskan hal apa saja atau hambatan apa saja yang menjadi rintangan dikala melaksanakan penyusunan skripsi tersebut, biasanya menyangkut waktu, jarak tempuh dan biaya. Untuk teladan lengkapnya sanggup kalian lihat di http://bit.ly/2Sg8cNw

  • Saran
dalam menciptakan saran, biasanya ada dua bagian. Yakni saran yang diperuntukkan untuk perusahaan tersebut dan keduanya untuk para peneliti selanjutnya. Untuk teladan detailnya, kalian sanggup lihat di http://bit.ly/2Sg8cNw

8. Penyusunan Daftar Pustaka

Daftar pustaka merupakan deretan atau daftar dari sumber-sumber yang kalian gunakan sebagai acuan dalam melaksanakan penyusunan skripsi. Dalam pembuatan daftar pustaka sendiri harus berurutan sesuai Abjad (Alfabet). Untuk misalnya sanggup kalian lihat di http://bit.ly/2Sg8cNw

Sumber http://www.komputerdia.com