Tuesday, October 31, 2017

√ Apa Itu Pengertian Oracle Virtualbox, Vdi, Vhd, Hdd, Vmdk

Apa Itu Pengertian Oracle VirtualBox, VDI, VHD, HDD, VMDK. Assalamu'alaikum sahabat Guru Jugan. Dunia Pendidikan sudah mulai menggulirkan peraturan yang mewajibkan sekolah dan Madrasah melaksanakan ujian dengan mengunakan komputer atau istilahnya UBK (Ujian Berbasis Komputer).

Pada kesempatan kali ini Guru Jugan akan membahas Virtualbox dan VHD yang sering dipakai dalam pelaksanaan ujian bertarap Nasional menyerupai UNBK, UAMBN-BK, USBN-BK dan ujian lainnya.



Dikutip dari https://id.wikipedia.org/, Oracle VM VirtualBox yakni perangkat lunak virtualisasi, yang sanggup dipakai untuk mengeksekusi sistem operasi "tambahan" di dalam sistem operasi "utama". Sebagai contoh, jikalau seseorang memiliki sistem operasi MS Windows yang terpasang di komputernya, maka seseorang tersebut sanggup pula menjalankan sistem operasi lain yang diinginkan di dalam sistem operasi MS Windows.

Fungsi ini sangat penting jikalau seseorang ingin melaksanakan ujicoba dan simulasi instalasi suatu sistem tanpa harus kehilangan sistem yang ada. Aplikasi dengan fungsi sejenis VirtualBox lainnya yakni VMware dan Microsoft Virtual PC.

Sistem operasi yang sanggup menjalankannya antara lain Linux, Mac OS X, Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, Solaris, dan OpenSolaris

Berikut Beberapa Virtual Disk yang sering dipakai dalam Ujian Berbasis Komputer
  • VDI (Virtual Disk Image) 
VDI yakni Virtual Format drive yang dipakai oleh Oracle VM VirtualBox, jadwal virtualisasi desktop open-source, sanggup dipasang sebagai harddisk pada Mac, Windows, dan platform Unix, memungkinkan pengguna untuk menjalankan jadwal yang ditulis untuk sistem operasi yang berbeda dalam lingkungan virtual kecepatan tinggi .
  • VHD (Virtual Hard Disk)
VHD merupakan file gambar Harddisk yang dipakai oleh Microsoft Windows Virtual PC, menyimpan data dalam file tunggal yang bertindak sebagai harddisk individu.VHD sanggup dipakai untuk menginstal beberapa sistem operasi pada satu komputer, jadwal perangkat lunak uji coba, atau menjalankan aplikasi yang lebih tua.
  • HDD (Parallels Hard Disk) 
HDD yakni harddisk virtual yang dibentuk oleh perangkat lunak Virtualisasi Parallels Desktop, menyimpan data untuk hard drive mesin virtual. HDD dipakai untuk memuat file VM dikala VM dimulai. File HDD disimpan dalam PVM file mesin virtual.
  • VMDK (Virtual Machine Disk) 
VMDK yakni Virtual disk yang menyimpan isi dari mesin virtual hard disk VMware, sanggup diakses sebagai harddisk fisik dengan software VMware, biasanya berjulukan "[vmname] vdmk;." Mungkin diatur pada ukuran yang tetap atau dikonfigurasi untuk tumbuh dari waktu ke waktu memakai Virtual Disk Manager VMware.

Demikian gosip tentang Apa Itu Pengertian Oracle VirtualBox, VDI, VHD, HDD, VMDK, biar goresan pena ini bermanfaat. Aamiin.

Sumber http://www.gurujugan.com