Monday, October 30, 2017

√ Pengertian Dan Fungsi Potensiometer

Pengertian dan Fungsi Potensiometer,  – Dalam Peralatan Elektronik, sering ditemukan Potensiometer yang berfungsi sebagai pengatur Volume di peralatan Audio / Video menyerupai Radio, Walkie Talkie, Tape Mobil, DVD Player dan Amplifier. Potensiometer juga sering dipakai dalam Rangkaian Pengatur terperinci gelapnya Lampu (Light Dimmer Circuit) dan Pengatur Tegangan pada Power Supply (DC Generator). Kaprikornus apa bahwasanya Potensiometer itu?


Potensiometer (POT) yaitu salah satu jenis Resistor yang Nilai Resistansinya sanggup diatur sesuai dengan kebutuhan Rangkaian Elektronika ataupun kebutuhan pemakainya. Potensiometer merupakan Keluarga Resistor yang tergolong dalam Kategori Variable Resistor. Secara struktur, Potensiometer terdiri dari 3 kaki Terminal dengan sebuah shaft atau tuas yang berfungsi sebagai pengaturnya. Gambar dibawah ini mengambarkan Struktur Internal Potensiometer beserta bentuk dan Simbolnya. sering ditemukan Potensiometer yang berfungsi sebagai pengatur Volume di peralatan Audio  √ Pengertian dan Fungsi Potensiometer


Struktur Potensiometer beserta Bentuk dan Simbolnya


Pada dasarnya bagian-bagian penting dalam Komponen Potensiometer yaitu :



  1. Penyapu atau disebut juga dengan Wiper

  2. Element Resistif

  3. Terminal


Jenis-jenis Potensiometer


Berdasarkan bentuknya, Potensiometer sanggup dibagi menjadi 3 macam, yaitu :



  1. Potensiometer Slider, yaitu Potensiometer yang nilai resistansinya sanggup diatur dengan cara menggeserkan Wiper-nya dari kiri ke kanan atau dari bawah ke atas sesuai dengan pemasangannya. Biasanya memakai Ibu Jari untuk menggeser wiper-nya.

  2. Potensiometer Rotary, yaitu Potensiometer yang nilai resistansinya sanggup diatur dengan cara memutarkan Wiper-nya sepanjang lintasan yang melingkar. Biasanya memakai Ibu Jari untuk memutar wiper tersebut. Oleh alasannya yaitu itu, Potensiometer Rotary sering disebut juga dengan Thumbwheel Potentiometer.

  3. Potensiometer Trimmer, yaitu Potensiometer yang bentuknya kecil dan harus memakai alat khusus menyerupai Obeng (screwdriver) untuk memutarnya. Potensiometer Trimmer ini biasanya dipasangkan di PCB dan jarang dilakukan pengaturannya. sering ditemukan Potensiometer yang berfungsi sebagai pengatur Volume di peralatan Audio  √ Pengertian dan Fungsi Potensiometer


Prinsip Kerja (Cara Kerja) Potensiometer


Sebuah Potensiometer (POT) terdiri dari sebuah elemen resistif yang membentuk jalur (track) dengan terminal di kedua ujungnya. Sedangkan terminal lainnya (biasanya berada di tengah) yaitu Penyapu (Wiper) yang dipergunakan untuk memilih pergerakan pada jalur elemen resistif (Resistive). Pergerakan Penyapu (Wiper) pada Jalur Elemen Resistif inilah yang mengatur naik-turunnya Nilai Resistansi sebuah Potensiometer.


Elemen Resistif pada Potensiometer umumnya terbuat dari materi adonan Metal (logam) dan Keramik ataupun Bahan Karbon (Carbon).


Berdasarkan Track (jalur) elemen resistif-nya, Potensiometer sanggup digolongkan menjadi 2 jenis yaitu Potensiometer Linear (Linear Potentiometer) dan Potensiometer Logaritmik (Logarithmic Potentiometer).


Fungsi-fungsi Potensiometer


Dengan kemampuan yang sanggup mengubah resistansi atau hambatan, Potensiometer sering dipakai dalam rangkaian atau peralatan Elektronika dengan fungsi-fungsi sebagai berikut :



  1. Sebagai pengatur Volume pada banyak sekali peralatan Audio/Video menyerupai Amplifier, Tape Mobil, DVD Player.

  2. Sebagai Pengatur Tegangan pada Rangkaian Power Supply

  3. Sebagai Pembagi Tegangan

  4. Aplikasi Switch TRIAC

  5. Digunakan sebagai Joystick pada Tranduser

  6. Sebagai Pengendali Level Sinyal


Baca juga : Cara Mengukur Potensiometer dengan Multimeter



Sumber https://teknikelektronika.com/