Wednesday, November 1, 2017

6 Ciri- Ciri Fauna Indonesia Bab Timur

Flora dan fauna merupakan salah satu kekayaan yang dimiliki oleh suatu negara, tak terkecuali Indonesia. Flora dan fauna menjadi sebuah kekayaan alasannya merupakan ciri khas yang dimiliki oleh bangsa atau negara yang membedakannya dengan negara lain. Flora dan fauna di suatu negara mempunyai ciri khas atau tipenya sendiri- sendiri sehingga berbeda dengan negara lainnya. Bahkan terkadang di suatu negara pun mempunyai beberapa tumbuhan dan fauna khas di setiap sudut wilayahnya. Maksudnya yaitu suatu negara dibagi atas beberapa penjuru dan di setiap penjuru mempunyai tumbuhan dan fauna khasnya masing- masing. Sebagai pola yaitu Indonesia, negara kita. Berdasarkan jenis tumbuhan dan faunanya, Indonesia dibagi atas tiga wilayah, yaitu wilayah timur atau Australis, wilayah tengah atau Peralihan dan wilayah barat atau Asiatis.


Setiap wilayah Indonesia ini mempunyai ciri khasnya masing- masing mengenai tumbuhan dan faunanya. Misalnya ibarat Indonesia bab timur yang mana tipe faunanya ibarat dengan yang di Australia, sementara  di wilayah bab barat tipe faunanya ibarat dengan yang ada di wilayah Asia (flora Asiatis) yang mempunyai ukuran besar- besar. Kali ini kita akan membahas mengenai ciri- ciri fauna tipe Australis atau fauna yang berada di wilayah Indonesia bab timur. Kita akan membahas mengenai ciri- ciri dan juga pola dari fauna yang hidup di wilayah timur Indonesia.


Ciri- ciri Fauna Tipe Australis


Fauna atau hewan tipe Australis ini mempunyai kesamaan dengan hewan atau fauna yang ada di Benua Australia, maka dari itulah namanya tipe Australis. Binatang- hewan atau fauna di Indonesia bab timur ini mempunyai kenampakan yang khas ibarat berbulu, ukurannya kecil, suka memanjat pohon dan lain sebagainya. Untuk mengetahui lebih terang mengenai ciri- ciri dari fauna Australis, berikut ini merupakan ciri- ciri yang dimiliki oleh fauna Australis:



  1. Berbulu


Salah satu ciri khusus yang dimiliki oleh fauna tipe Australis atau Indonesia bab timur yaitu binatangnya berbulu. Banyak hewan atau fauna tipe Australis ini yang mempunyai bulu yang berupa rambut maupun bulu- bulu. Sebagai pola yaitu kanguru atau koala yang mempunyai rambut- rambut halus yang pendek dan lebat. Selain itu banyak sekali jenis burung juga mempunyai bulu- bulu yang indah dan terkadang panjang, ibarat burung Cenderawasih dan juga burung kasuari.



  1. Mamalia Berukuran kecil


Binatang atau fauna Australis didominasi oleh hewan menyusui atau yang biasa disebut dengan mamalia. Namun mamalia- mamalia Australis ini biasanya mempunyai ukuran yang kecil sehingga kebanyakan imut dan menggemaskan. Lain dengan hewan atau fauna Asiatis yang sebagian besar mempunyai ukuran jumbo atau besar. Sebagai pola hewan mamalia Australis yaitu koala yang mempunyai bentuk lucu dan suka hidup di pohon. Selain koala, Kanguru juga merupakan hewan khas Australis yang mempunyai kantong di depannya. Binatang ini tidak berukuran kecil, namun juga tidak terlalu besar.



  1. Banyak terdapat jenis burung


Selain mamalia, ciri dari fauna Autralis lainnya yaitu terdapat banyak jenis burung. Burung- burung dari Indonesia timur ini mempunyai ke khasan tersendiri, ibarat bulu- bulunya yang berwarna- warni, panjang dan juga indah. Beberapa jenis dari hewan burung dari Indonesia timur ini ibarat Kasuari dan juga Cenderawasih yang banyak diidam- idamkan insan dan banyak diburu alasannya keindahan bulunya. Oleh alasannya banyak diburu, maka burung Cenderawasih dan juga Kasuari sekarang telah menjadi hewan yang dilindungi oleh negara. Jika tidak maka populasi burung ini akan cepat habis atau punah.



  1. Berwarna- warni


Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa salah satu ciri khas dari fauna Australis yaitu terdapat banyak jenis burung. Burung- burung ini mempunyai penampakan yang indah. Selain bentuknya, peranan warna juga sangat mendominasi. Adapun keindahan bulu- bulu burung dari Indonesia timur ini alasannya panjang dan berwarna- warni ibarat pelangi. Inilah yang menciptakan burung tersebut tidak telalu kondusif alasannya banyak diburu oleh orang- orang.



  1. Ikan air tawar jumlahnya sedikit


Meskipun terdapat banyak jenis burung, namun ciri dari fauna Australis ini yaitu sedikitnya jumlah ikan air tawar. Ikan air tawar yang hidup di wilayah Indonesia timur ini tidak terlalu banyak alasannya memang karakteristik tempatnya yang tidak terlalu mendukung.



  1. Terdapat hewan berkantung


Binatang bergantung sangat khas dimiliki oleh fauna Australis. Binatang atau fauna yang dimaksud salah satunya yaitu Kanguru. Kanguru mempunyai kantung di bab depan untuk melindungi anaknya sehingga anak kanguru selalu sanggup ikut induknya di dalam kantung saat masih bayi. Hal ini juga merupakan salah satu upaya menjaga keselamatan dari gangguan predator.


Nah itulah beberapa ciri khas yang dimiliki oleh fauna Indonesia tipe Australis. Ciri- ciri tersebut mungkin sangat berbeda dengan fauna tipe Asiatis yang berada di wilayah Indonesia bab barat. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com