Wednesday, April 12, 2017

√ Cara Menghitung Persen Di Excel Beserta Rumus Dan Contoh

Cara Menghitung Persen di Excel – Persentase yakni sebuah angka atau perbandingan (rasio) untuk menyatakan kepingan dari seratus. Persentase biasanya dinyatakan dalam simbol “%”. Persen berasal dari bahasa Inggris “percent” yang merupakan kependekan dari per centum atau per seratus.


Pada dikala di Sekolah Dasar kita sudah diajarkan bagaimana cara menghitung persentase secara manual ataupun dengan menggunakan kalkulator. Menghitung persentase memang tidak terlalu sulit. Akan tetapi bagaimana dengan cara menghitung persen di Excel?


Mungkin tidak semua orang memahami bagaimana cara menghitung persen di Microsoft Excel. Maka dari itu pada pembahasan kali ini kami akan membahas seputar hal tersebut.


Sekilas Tentang Microsoft Excel


 Persentase yakni sebuah angka atau perbandingan  √ Cara Menghitung Persen di Excel Beserta Rumus dan Contoh


Microsoft Excel yakni jadwal aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibentuk oleh Microsoft. Fungsinya yakni untuk menghitung data atau kalkulasi, menciptakan grafik, menghitung pengeluaran atau pemasukan dan lain sebagainya.


Microsoft Excel terdiri dari beberapa versi. Umumnya yang digunakan banyak orang yakni Excel 2007, 2010 atau 2013. Akan tetapi cara pengoperasian masing-masing versi tersebut tidak terlalu berbeda. Cara menghitung persen di Excel 2007 sama saja dengan di Excel 2013.


Menampilkan Persen di Excel


Untuk memudahkan pengguna, Microsoft Excel dilengkapi dengan fitur yang mengubah angka di suatu cell menjadi banyak sekali macam format angka, salah satunya yakni persentase. Ada 3 cara untuk mengubah suatu nilai menjadi persen, antara lain.



  • Mengetik eksklusif lambang % pada cell Excel sehabis mengetikkan angka.

  • Format cell dengan mengubah style format persen pada hidangan Tab, Number, Percent (%). Atau juga sanggup dengan menekan tombol CTRL + Shift + %.

  • Memilih format percentage pada kotak obrolan Format Cells.


Baca Juga:   Begini Cara Menghitung Persen di Kalkulator

Kumpulan Cara Menghitung Persentase di Excel


Ada beberapa rumus yang berkaitan dengan persentase. Agar lebih terperinci akan kami jelaskan satu per satu. Silakan simak klarifikasi di bawah ini.


Cara Menghitung Nilai Persen di Excel


 Persentase yakni sebuah angka atau perbandingan  √ Cara Menghitung Persen di Excel Beserta Rumus dan ContohTelah kita ketahui bersama bahwa rumus menghitung persen yakni Persentase = (Bagian/Seluruh) x 100%. Jika ingin menghitungnya di Microsoft Excel rumusnya sama saja. Berikut yakni misalnya yang sanggup Anda simak.



Ada 10 buah, dimana 7 di antaranya sudah matang dan 3 buah lainnya masih mentah. Berapa persentase buah matang dan mentah tersebut?


Yang berbeda dari Microsoft Excel yakni jikalau Anda ingin memasukkan rumus. Pertama-tama masukkan tanda sama dengan (=), gres masukkan rumus ibarat di atas. Maka penulisan rumusnya adalah:


Persentase buah matang


=(7/10)*100


Persentase buah mentah


=(3/10)*100


Cara Menghitung Potongan Persen di Excel


Untuk menghitung persen diskon sanggup menggunakan rumus Nilai Persen x Nilai Pecahan. Contoh, sebuah ponsel dijual dengan harga Rp 1.000.000. Harga HP tersebut didiskon 30%. Berapa harga HP tersebut sehabis didiskon?


Seperti cara di atas, awali dengan mengetikkan angka = pada satu cell. Lalu ketikkan 30%*1000000. Jadinya akan ibarat berikut:


=30%*1000000


Setelah itu tekan tombol Enter. Maka akan keluar jadinya Rp 300.000. Langkah selanjutnya yakni mengurangi harga HP dengan potongan tersebut.


=1000000-300000


Tekan tombol Enter, maka akan keluar jadinya Rp 700.000.


Cara Menghitung Persentase Kenaikan dan Penurunan di Excel


 Persentase yakni sebuah angka atau perbandingan  √ Cara Menghitung Persen di Excel Beserta Rumus dan Contoh


Persentase Kenaikan


Persentase perubahan kenaikan menunjukkan seberapa besar persen penambahan nilai usang dibandingkan dengan nilai dibandingkan dengan nilai lama. Nilai penambahan diperoleh dengan mengurangi nilai gres dengan nilai lama.


Rumus menghitung persentase kenaikan adalah:


Kenaikan (%) = Nilai Kenaikan / Nilai Sebelum Kenaikan x 100%


Contoh


Diketahui jumlah penduduk suatu desa yakni sebagai berikut:


2010: 1000 jiwa


2011: 1500 jiwa


2012: 2500 jiwa


2013: 3000 jiwa


Hitung persentase kenaikan jumlah penduduk tersebut dengan menggunakan Microsoft Excel.


Masukkan tahun ke kolom A. Contohnya 2010 dimasukkan ke cell A1, 2011 ke cell A2 dan seterusnya. Setelah itu masukkan jumlah penduduk ke kolom B. Misal 1000 dimasukkan ke cell B1, 1500 di cell B2 dan seterusnya.


Jika sudah, kita gunakan kolom C untuk menghitung persentase kenaikan. Contohnya, pada C2 kita gunakan untuk menghitung persentase kenaikan jumlah penduduk dari tahun 2010 ke 2011. Caranya yakni sebagai berikut:


=(B2-B1)/B1


Bila sudah tekan tombol Enter. Maka akan keluar hasilnya. Untuk menghitung persentase kenaikan lainnya, Anda hanya perlu melaksanakan copy paste ke bawah.


Persentase Penurunan


Sedangkan persentase perubahan penurunan digunakan untuk menunjukkan seberapa besar persen penurunan nilai usang dibandingkan dengan nilai lama. Nilai perubahan ini didapat dengan mengurangi nilai usang dengan nilai baru. Rumusnya yakni sebagai berikut:


Penurunan (%) = Nilai Penurunan / Nilai Sebelum Penurunan x 100%


Contoh


Diketahui luas lahan di suatu desa yakni sebagai berikut:


2010: 3.000 Ha


2011: 2.700 Ha


2012: 2.500 Ha


Hitung persentase penurunan luas lahan tersebut dengan menggunakan Microsoft Excel.


Pertama-tama masukkan data tersebut ke dalam Excel. Contoh 2010-2012 dimasukkan ke Cell A2-A4, kemudian luas lahan dimasukkan ke Cell B2-B4. Setelah itu masukkan rumus berikut ke kolom C:


=(B2-B3)/B2


Jika sudah tekan Enter. Untuk mencari persentase penurunan lainnya lakukan dengan copy paste rumus tersebut ke bawah.


Itulah isu seputar cara menghitung persen di Excel. Semoga isu cara menghitung persentase di Excel tersebut bermanfaat untuk Anda.




Sumber https://carasiiumi.com/