Saturday, April 29, 2017

√ Lebih Besar Atau Bagusan Penghasilan Youtube Atau Blogger ?

Lebih Besar atau Bagusan Penghasilan Youtube atau Blogger  √ Lebih Besar atau Bagusan Penghasilan Youtube atau Blogger ?
Pertanyaan yang sering banget muncul dibenak orang - orang yang akan memulai sebuah bisnis online, tetapi mereka galau antara menentukan youtube atau blogger ? lebih besaran honor youtube atau blogger ?.

Bisa saya katakan pertanyaan ini pernah menghantui hampir 99% orang yang akan terjun ke bisnis online, saya juga pernah berpikiran yang menyerupai ini, walau pada alhasil saya lebih menentukan memakai blogger.

Bukan tanpa alasan saya menentukan blogger, tetapi saya juga tidak katakan bahwa youtube tidak elok atau tidak berpenghasilan besar, saya menentukan blogger sesudah melewati pedoman yang usang dan tidak mengecewakan matang.

Lebih Bagusan Youtube Atau Blogger


Pada artikel ini saya akan sampaikan kepada kau ihwal opini saya terhadap pertanyaan "Lebih besar penghasilan youtube atau blogger", saya tidak meminta kau untuk 100% mengikuti opini saya ini, tetapi pilahlah mana yang berdasarkan kau cocok diikuti.

Dari Segi Penghasilan


Kalau ini tahun 2017 kebawah, sanggup saya katakan youtube yakni platform yang sanggup menunjukkan kau penghasilan dengan mudah, setidaknya lebih gampang daripada memakai blogger.

Tetapi kalau untuk sekarang, kebijakan youtube sudah diperketat banyak orang yang dulu berpenghasilan besar dari youtube kini entah kemana, walau ada yang masih sanggup bertahan.

Kalau berdasarkan saya untuk ketika ini lebih gampang mendapat penghasilan melalui blogger daripada youtube, sebab kebanyakan orang sudah sanggup berpenghasilan sesudah 6 bulan ngeblog secara rutin.

Tetapi untuk youtube, walaupun kau mendapat banyak views atau video yang kau berikan itu original buatanmu sendiri belum tentu channel youtube kau dimonetisasi dalam waktu dekat.

Dari Segi Kesulitan Pembuatan Konten


Dari segi pembuatan konten baik itu blogger atau youtube semuanya relatif, ada yang sulit dan ada yang tidak, tergantung niche dari konten yang kau pilih.

Jika kau menentukan blogger berniche curhat kontennya akan lebih mudah, sebab kau tidak perlu riset kesana - kemari, tinggal tuliskan saja yang ada didalam hati, tetapi kalau blogger berniche bisnis, pastinya akan repot untuk riset kesana kemari.

Sama halnya dengan youtube, kalau channel kau hanya berkonten gaming tanpa perlu banyak - banyak editan mungkin gampang saja, tetapi kalau konten menyerupai konten calon sarjana akan lebih sulit, sebab perlu riset, editing, dan pengisi suara.

Tetapi ini juga tergantung kepada hobi atau passion kamu, kalau memang kau dari awalnya suka menulis mau bagaimanapun sulitnya akan terasa mudah, sama juga kalau hobi kau yakni mengedit bagaimanapun sulitnya akan terasa lebih mudah.

Dari Segi Banyaknya Penonton atau Pembaca


Kalau pembaca atau penonton mungkin sudah sangat terang bahwa kebanyakan penduduk Indonesia lebih suka menonton ketimbang membaca, jadi tidak jarang banyak blogger yang hijrah ke youtube sebab sepi pembaca.

Bukan berarti blogger di Indonesia semuanya sepi pembaca, masih banyak kok orang yang gemar membaca di Indonesia apalagi mereka yang kuotanya sedikit niscaya lebih menentukan membaca di blog ketimbang menonton video youtube.

Cara kerjanya juga sama saja baik di youtube atau blogger, yaitu semakin banyak artikel atau video yang kau miliki maka semakin besar peluang yang kau miliki untuk mendapat banyak penonton atau pembaca.

Dari Segi Lamanya Pembuatan Konten


Ini sih juga tidak mengecewakan relatif, tetapi sanggup saya katakan lebih sulit menulis sebuah artikel ketimbang menciptakan sebuah video, kau mungkin akan menghabiskan waktu berjam - jam menciptakan video dari awal > editing > selesai.

Tetapi butuh seharian terkadang berhari - hari untuk menciptakan sebuah artikel yang bagus, sebab kau perlu riset, sesudah itu menulis hasil riset dengan kalimat yang gampang dipahami serta ber-seo.

Dari Segi Perangkat Yang Digunakan


Jika kau ingin memakai youtube sebagai bisnis online kamu, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan, antara lain kuota harus tidak mengecewakan banyak, sebab kau butuh untuk mengirim video ke youtube.


Spesifikasi komputer juga harus lumayan, sebab editing membutuhkan spesifikasi komputer yang mumpuni, kau akan sulit mengedit memakai laptop seharga 2 juta kebawah.

Berbeda halnya dengan blogger, kau tidak perlu risau dengan komputer ataupun kuota, sebab kuota tidak akan banyak terkuras ketika menulis konten, dan dengan laptop murahan seharga 1 juta kebawah (Second) juga sanggup kok dipakai untuk menulis artikel.

Dari Segi Interaksi Dengan Pengunjung


Pada youtube lebih gampang untuk berinteraksi antara pengunjung ke pemilik video atau pengunjung kesesama pengunjung, sebab kalau mau berkomentar di youtube terlebih diaplikasi youtube kau tidak perlu login email atau segala macam, cukup tulis komentar dan kirim.

Tetapi interaksi dengan pengunjung pada blog itu sedikit lebih sulit, itu juga salah satu alasan kenapa jarang banget blog atau artikel yang mempunyai banyak komentar dari pembacanya.

Itulah beliau opini saya ihwal lebih bagusan Youtube atau Blogger, pada pada dasarnya kedua platform ini mempunyai kekurangan dan kelebihan masing - masing, tinggal terserah kau saja untuk menentukan yang mana berdasarkan kau lebih gampang dilakukan.

Jika kau menentukan youtube kau akan berjumpa dengan editing, rendering, mengisi bunyi dan lainnya, kau juga harus memikirkan kuota, spesifikasi komputer atau handphone kamu.

Jika kau menentukan blogger kau akan berjumpa dengan, menulis, membaca ulang tulisan, berguru seo dan lainnya, tetapi kau tidak perlu memikirkan ihwal kuota, spesifikasi komputer atau semacamnya.

Makara pilihlah sesuai passion kamu, jangan ikut - ikutan orang, cuma sebab beliau ngeblog kau jadi ikut - ikutan, padahal bekerjsama hobi kau yakni dibagian editing serta mengisi suara, pastinya ngeblog tersebut akan terhenti pada akhirnya.
Sumber http://www.domarsma.com