Saturday, April 29, 2017

√ Pengertian Ddr Sdram Dan Jenis-Jenisnya

Double Date Rate Synchronous Dynamic Random Access Memory √ Pengertian DDR SDRAM dan Jenis-jenisnya

DDR SDRAM (Double Date Rate Synchronous Dynamic Random Access Memory) yaitu salah satu jenis memori komputer yang mempunyai kecepatan yang sangat luar biasa dalam memproses sebuah data. Orang juga sering menyebutnya DDR RAM. DDR RAM ini mempunyai rancangan arsitektur yang sama dengan SDRAM, hanya saja memakai sinyal clock yang berbeda untuk mentransfer data lebih cepat dua kali dalam jumlah waktu yang sama. Dalam ilmu sistem komputer, sinyal clock yaitu frekuensi osilasi yang dipakai untuk mengkoordinasikan interaksi antara sirkuit digital, simply put, sinkronisasi dan komunikasi. Dirancangnya rangkaian digital ini untuk beroperasi pada sinyal clock yang sanggup merespon naik atau turunnya sinyal.

DDR RAM mentransfer data pada kedua sisi naik dan turun dari sinyal clodck. Karena itulah DDR RAM mempunyai kecepatan dua kali lebih cepat dibandingkan dengan SDRAM. Untuk kecepatan RAM itu sendiri akan bekerja sama dengan bab depan bus (FSB) dari sebuah sistem komputer. FSB adalagh data akses dua arah yang mengirimkan informasi dari unit pengolahan sentra (CPU) keseluruh komponen yang ada dan menancap di motherboard, termasuk salah satunya RAM, chip BIOS, Hard Drive dan Slot PCI. Oleh alasannya itu, sistem komputer dengan FSB dari 133MHz menjalankan DDR SDRAM yang intinya akan melaksanakan menyerupai mesin 266MHz.

Memory DDR ini terdiri dari 184-pin modul memori dual in-line (DIMM) yang hanya berfungsi dengan baik dalam motherboard yang dirancang sesuai dengan syarat di atas. DDR RAM hadir dalam aneka macam kecepatan. DDR RAM hanya akan berjalan maksimal kalau motherboard men-support.

DDR RAM secara visual berbeda dari SDRAM dimana SDRAM yaitu DIMM 168-pin dengan lekukan ganda di bab bawah sepanjang pin – hanya satu tingkat off-center, dan yang lain offside. DDR SDRAM 184-pin mempunyai takik off-center tunggal. DDR RAM biasanya dibentuk untuk prosesor 1GHz atau yang lebih cepat. Sebutan menyerupai PC1600 DDR SDRAM dan DDR SDRAM PC2100 bertepatan dengan FSB tertentu dan kecepatan CPU yang disyaratkan pada CPU. AMD dan Intel memakai denah yang berbeda untuk mengatakan kecepatan prosesor, dan aneka macam teknis dan standar sebutan RAM sanggup membingungkan.

Jenis-Jenis DDR SDRAM


DDR

DDR (double data rate) RAM generasi 1 merupakan memori yang mulai memakai teknologi double clock cycle. Ini berbeda dengan SDR (single data rate) RAM yang hanya bisa melaksanakan single clock cycle. Sehingga DDR RAM bisa mentransfer data dua kali lebih cepat.

DDR RAM ini ada beberapa jenis menyerupai DDR-200 (memiliki memory clock 100 MHz), DDR-266 (memiliki memory clock 133 MHz), DDR-333 (memiliki memory clock 166 MHz) dan DDR-400 (memiliki memory clock 200 MHz). Frekuensi transfer yang bisa dihasilkan DDR1 hanya antara 200-400 MHz.
DDR RAM versi 1 ini dikembangkan semenjak 1996 hingga 2000.


DDR2

DDR2 RAM mempunyai clock cycle dua kali lebih banyak. Artinya, kemampuanya dua kali lebih cepat dibandingkan DDR1. Memory clock-nya terentang dari 100 MHz hingga 266 MHz. Jenis DDR2 mempunyai nama standar DDR2-400, DDR2-533, DDR2-667, DDR2-800 dan DDR2-1066. Dan frekuensi transfer antara 400-1966 MHz.


DDR3

Sementara DDR3 RAM, dari segi memory clock-nya tak jauh beda dengan DDR2 yaitu dari 100 MHz hingga 266 MHz. Bedanya terletak frekuensi transfernya yang lebih tinggi yaitu mencapai 2133 MHz (DDR2 maksimal hanya hingga 1066 MHz) dan voltasenya yang lebih irit yaitu hanya 1.5v (DDR2 memerlukan voltase 1.8v dan DDR 1 dengan 2.5/2.6v).


DDR4

Dalam Komputer, DDR4 SDRAM, abreviasi untuk tipe Double Date Rate Random Access Memory, yaitu jenis dynamic random-access memory (DRAM) dengan Interface bandwidth tinggi diperlukan akan dirilis ke pasar pada tahun 2012 . ini yaitu salah satu dari beberapa varian dari DRAM yang telah dipakai semenjak awal 1970-an dan tidak kompatibel dengan semua jenis sebelumnya random access memory (RAM) alasannya tegangan sinyal yang berbeda, antarmuka fisik dan faktor-faktor lainnya.

Memori DDR4 ini diklaim sebagai memory generasi Terbaru yang mempunyai Tingkat kecepatan transfer rate 2133 – 4266 MT/ second dimana yang kita ketahui kini masih tekhnologi DDR3 dan itu dengan kecepatan 800MT/second.

Bagi Anda sekalian pengguna motherboard minimal dengan chipset jasus G41 dan ram DDR3 niscaya anda sudah mencicipi kecepatannya ,itu dikisaran 800Mt/second .,lalu bagaimana dengan DDR 4 yang akan tiba yang sejatinya bisa 4x lipat dari DDR3 ,ditambah lagi dengan VOLTAGE yang sangat rendah 1.05- 1.2 V untuk DDR4 dan 1.2 – 1.5 V untuk ddr3. 

(Dikutip dari aneka macam sumber)

Sumber http://www.gudangilmukomputer.com