Tuesday, July 11, 2017

√ Jarak, Perpindahan, Kelajuan Dan Kecepatan

Jarak, Perpindahan, Kelajuan dan Kecepatan


Dalam ilmu fisika, kita akan mengenal yang namanya kinematika. Apa itu? kinematika merupakan cabang dari mekanika yang mempelajari perihal gerakan tanpa melihat atau meninjau penyebab terjadinya gerakan.


Ada dua macam gerakan yakni gerak translasi dan gerak rotasi. Gerak translasi merupakan perpindahan sebuah benda dimana tiap titik pada benda berpindah dengan besar yang sama. Sedangkan gerak rotasi (berputar) merupakan perpindahan sebuah benda dimana tiap titik potongan pada benda terebut mempunyai jarak yang tetap terhadap suatu sumbu tertentu.


Didalam kehidupan sehari-hari hampir semua benda yang bergerak merupakan adonan dari gerak translasi dan rotasi. Misalnya ban motor berjalan, watu yang kita lempar, buah mangga yang jatuh dari pohon, bola yang ditendang dsb.


Akan tetapi untuk keperluan praktis, biasanya kalau benda yang berpindah kawasan ukurannya sangatlah kecil, maka kita sanggup menganggapnya hanya bergerak translasi saja. Misalnya, bumi bergerak translasi kalau dipandang secara umum di alam semesta, partikel foton yang bergerak atau partikel kecil lainnya semisal atom, elektron dll.


Sebelum membahas lebih jauh perihal gerak dalam satu dimensi. Kita akan berkenalan terlebih dahulu perihal jarak, perpindahan, kelajuan dan kecepatan.


A. Jarak dan Perpindahan


Pada potongan sebelumnya kita telah menyinggung perihal jarak dan perpindahan, namun kita akan membahasnya kembali pada potongan ini. Nah, jarak (besaran skalar) dan perpindahan (besaran vektor) mempunyai dimensi yang sama namun makna fisisnya berbeda. Perhatikanlah gambar berikut ini.


 kita akan mengenal yang namanya kinematika √ Jarak, Perpindahan, Kelajuan dan Kecepatan


Seekor serigala bergerak dari titik A ke titik B sejauh 16 meter. Kemudian ia berbalik alik dan berhenti di titik C sejauh 6 meter dari titik B. Berapa jarak dan perpindahan serigala tersebut dari titik A ke titik C?


Jawabannya, jarak yang ditempuh serigala tersebut dari titik A ke titik C sebesar 16 meter + 6 meter = 22 meter. Sedangkan perpindahan yang ditempuh sebesar 10 meter.


B. Kelajuan dan kecepatan


Sama dengan jarak dan perpindahan, kelajuan dan kecepatan mempunyai dimensi yang sama namun makna fisisnya berbeda. Lalu bedanya apa?


Kelajuan merupakan besaran skalar yang didefinisikan sebagai jarak total (meter) dibagi waktu tempuh (s). Alat untuk mengukur kelajuan sesaat, contohnya speedometer yang ada di motor kita.


Persamaan kelajuan sanggup ditulis sebagai berikut.


 kita akan mengenal yang namanya kinematika √ Jarak, Perpindahan, Kelajuan dan Kecepatan


Sedangkan kecepatan meruakan besaran vektor (memiliki arah) yang didefinisikan sebagai perpindahan (meter) dibagi waktu tempuh (s). Persamaannya sebegai berikut


 kita akan mengenal yang namanya kinematika √ Jarak, Perpindahan, Kelajuan dan Kecepatan


Contoh soal kelajuan

Sebuah kendaraan beroda empat bergerak selama 2 jam dan menempuh jarak 100 km. Berapa besar kelajuan kendaraan beroda empat tersebut?


Jawab:

Kelajuan kendaraan beroda empat yaitu


 kita akan mengenal yang namanya kinematika √ Jarak, Perpindahan, Kelajuan dan Kecepatan


Jadi kelajuan rata-rata kendaraan beroda empat terebut sebesar 50 km/jam.


Contoh soal kecepatan

Sebuah kendaraan beroda empat bergerak ke arah timur selama 2 jam dan telah berpindah sejauh 100 km. Berapa besar kecepatan kendaraan beroda empat tersebut?


Jawab

Kecepatan kendaraan beroda empat terebut sanggup diketahui dengan persamaan


 kita akan mengenal yang namanya kinematika √ Jarak, Perpindahan, Kelajuan dan Kecepatan


Jadi kecepatan rata-rata kendaraan beroda empat tersebut sebesar 50 km/jam ke arah timur.



Sumber https://www.siswapedia.com