Friday, November 3, 2017

√ Apa Yang Dilakukan Sesudah Simulasi/Unbk Selesai?

Apa yang Dilakukan Setelah SImulasi/UNBK Selesai? Assalamu'alaikum wr. wb. Sahabat Guru Jugan, untuk para proktor dan teknisi yang sudah sukses melakukan simulasi 1 simulasi 2 dan simulasi 3 bahkan pelaksanaan UNBK utama, mungkin sudah tahu apa yang harus dilakukan, namun tetap saja kemungkinan lupa itu ada. Oleh alasannya itu saya menciptakan goresan pena ini untuk mengingatkan apa yang harus dilakukan oleh proktor ataupun teknisi UNBK.


Setelah siswa tanggapan ujian, kiprah Proktor untuk meng-upload jawaban siswa.
  1. Pastikan siswa sudah klik SELESAI dan LOGOUT 
  2. Klik STATUS PESERTA dan lihat bahwa semua siswa sudah berstatus SELESAI MENGERJAKAN 
  3. Klik Pilih Peserta dan smuanya akan terpilih (jangan klik satu persatu) 
  4. Klik UPLOAD HASIL dan tunggu beberapa saat. Notifikasi akan mengatakan bahwa anda tanggapan upload jawaban 
  5. Klik LAPORAN di bab kiri layar CBTSYNC. Isi dengan info yang sesuai dan klik CETAK. Laporan ini berisi jawaban siswa. Silakan disimpan di sekolah. 
  6. Buka halaman web https://unbk.kemdikbud.go.id/ 
  7. Klik SIMULASI 1/2/3 
  8. Klik BERITA ACARA PELAKSANAAN 
  9. Disebelah atas, pilih jenis penerima (misal:SMP) 
  10. klik sesi dan hari yang sesuai kemudian klik LAPORAN (kiri tengah) kemudian pilih ISI LAPORAN 
  11. Setelah mengisi, klik CETAK 
  12. Proktor, Pengawas dan Kepala Sekolah akan menandatangani BAP ini. 
  13. Scan dan upload berkas sesuai hari dan sesi. 
  14. Lakukan langkah yang serupa untuk daftar hadir. Daftar hadir diprint, tanda tangan, scan dan upload ke sajian Daftar Hadir. 
  15. Proses selesai. 
NB : Untuk Daerah Jatim silahkan lanjut untuk laporan sukses singkron dan sukses simulasi/utama di Dindik Jatim caranya disini aja

Nilai/skor siswa setiap simulasi dari 1 hingga gladi higienis sanggup dilihat eksklusif di CBTsyn dengan klik sajian Laporan Individu klik sajian screenshoot, Download. Untuk melihat hasil rekap nilai semua siswa penerima simulasi sanggup dilihat di sajian Legacy Report, Report Listing, isi nama proktor, dua nama pengawas kemudian Cetak. 

Untuk UNBK utama nilai berdasarkan juknis pelaksanaan UNBK 2018 [tahun lalu]. sanggup dicek secara online, caranya sanggup sobat cek disini Cara Cek Nilai UNBK Semua Jenjang.
Atau sanggup juga via offline, untuk mengetahui caranya ceknya disini Melihat Hasil UN 2017/2018 Untuk Evaluasi UN Tahun 2018/2019.

Demikian Langkah-langkah yang harus dilakukan oleh Proktor dan teknisi sesudah rangkaian simulasi/UNBK yang akan kita laksanakan.

Semoga goresan pena ini bermanfaat bagi semua sobat yang membutuhkan, Informasi ini mungkin sanggup terbarui di kemudian hari. Pantau terus grup komunikasi UNBK SMP/SMA/MK wilayah Para sahabat.

Sumber http://www.gurujugan.com