Sunday, April 30, 2017

6 Cara Menetralkan Ph Tanah Yang Paling Efektif


Bagaimana cara menetralkan pH tanah secara alami? Bagaimana cara menetralkan pH tanah secara alami? Mungkin ini merupakan pertanyaan yang ada di benak Anda sekarang. pH tanah merupakan sebuah faktor penting yang harus diperhatikan kalau Anda mempunyai hobi bercocok tanam.





pH tanah yakni tingkat keasaman dan kebasaan dari sebuah tanah yang diukur dengan memakai skala angka dari 1 hingga 14. Dimana skala 1 hingga 7 menunjukkan tanah asam, sedangkan untuk skala 7 hingga 14 yakni untuk tanah basa.Untuk sebuah tanah yang netral ada di kisaran angka 6.5 hingga dengan 7.5, jadi kalau ingin memastikan sebuah tanah dikategorikan sebagai tanah yang netral harus ada di angka tersebut.





Kenapa pH Tanah itu Penting?





Jika Anda hobi berkebun atau menanam tumbuhan, pastinya Anda tahu kalau rata – rata tumbuhan akan tumbuh dengan baik di pH sekitar 6.5 hingga 7,5 atau di kisaran pH yang netral, jadi sangat penting untuk menciptakan pH tanah menjadi netral di kisaran angka tersebut.





Nutrisi yang diharapkan flora akan maksimal kalau pH tanah netral sehingga flora sanggup tumbuh dengan baik dan optimal. Ketika pH tanah terlalu asam ataupun terlalu basa itu akan menjadikan flora tidak sanggup tumbuh dengan baik. Itulah kenapa pH tanah sangat penting untuk flora khususnya.





Walaupun begitu ada beberapa flora yang sanggup tumbuh di tanah asam dan basa. Sebagai contoh, tanah yang ada di kawasan yang curah hujannya tinggi mempunyai tingkat keasaman yang lebih tinggi daripada gurun pasri yang kurang mempunyai curah hujan. Kita sering melihat tumbuhan di kawasan gurun pasir bukan? nah, tumbuhan tersebut sanggup tumbuh di tanah basa.





Cara Menetralkan pH Tanah





Sampai pada pembahasan bagaimana cara menetralkan pH tanah. Kita akan bahas satu persatu bagaimana cara untuk menciptakan netral pH tanah.





  • Air Hujan




Jika tanah yang kita ukur dengan alat ukur tanah menunjukkan tanah yang sedikit mempunyai pH basa maka kita hanya perlu menunggu air hujan, ya benar air hujan. Air hujan mempunyai sedikit tingkat keasaman sehingga akan dengan gampang untuk menetralkan tanah dengan memakai air hujan. Cara menetralkan pH tanah secara alami ini tidak perlu memakai embel-embel dan obat – obatan kimia untuk tanah kita. Secara alami air hujan mempunyai tingkat keasaman sekitar 5.6, dan pH tanah yang berada di sekitaran indonesia secara alami berada di kisaran 7 hingga 7,5. Dengan air hujan ini sanggup kita gunakan untuk menetralkan pH secara alami.





  • Pupuk Kompos




Cara alami yang kedua dan yang sangat fundamental yakni pupuk kompos. Pupuk kompos merupakan pupuk alami yang biasanya terbuat dari sisa – sisa kotoran hewan, kotoran flora yang diolah sedemikian rupa hingga berbentuk kompos. 20% hingga 30% tanah membutuhkan pupuk kompos ini untuk sanggup menghasilkan tanah yang baik dan layak untuk ditanami tumbuhan, terutama flora yang membutuhkan kenetralan tanah. Untuk sanggup mengetahui pergantian pH dikala memakai pupuk kompos ini kita memerlukan waktu sekitar 2 hingga 3 bulan, alasannya yakni perubahan pH memakai pupuk ini membutuhkan waktu yang bertahap.





  • Air Cuka




Air cuka juga sanggup dipakai untuk mengasamkan pH tanah. Air cuka yang bersifat asam dicampurkan dengan 1 liter air yang akan dipakai untuk menyirami flora akan menciptakan tanah menjadi sedikit asam. Hal ini sangat efektif dilakukan untuk flora yang memang membutuhkan tanah dengan pH yang sedikit asam. Dalam aplikasinya akan lebih baik kalau kita mengukur pH tanah sebelum dan setelah penyiraman dengan memakai asam cuka ini.









  • Ampas Kopi dan Teh




Ampas kopi dan teh? Kok bisa? Iya benar ampas kopi dan teh. Bagi anda penggemar kopi dan teh niscaya sudah tidak absurd dengan ampas ini, tapi apakah anda tahu bahwa ampas kopi dan teh sanggup menetralkan pH tanah Ampas kopi dan teh sanggup dipakai untuk menurunkan kadar pH tanah sedikit lebih asam. Caranya yakni dengan meletakkan 4 hingga 5 sendok teh ampas kopi dan teh ini ke dalam tanah di sekitar tumbuhan.





  • Lemon




Mungkin beberapa dari anda sudah melihat beberapa orang yang berkebun menyiramkan air lemon ke tanah di sekitar flora mereka? Jika sudah, berarti anda sedang melihat proses penetralan pH tanah. Ya, lemon sanggup dipakai untuk menurunkan dan menetralkan pH tanah yang ada di sekitar kita. Lemon merupakan salah satu cara paling alami. Beberapa orang merekomendasikan 1 hingga 2 sendok air lemon per satu liter air yang dipakai untuk menyirami tanaman. Pengaplikasiannya pun cukup 1 kali dalam 1 bulan biar pH tanah kita pas untuk ditumbuhi tanaman.





  • Tawas




Jika tanah bersifat lebih asam ada caranya untuk meningkatkan tingkat kebasaan dengan cara memakai tawas. Tawas yang dalam bahasa kimianya adalah Potassium Alumunium Sulfat ini sanggup dipakai untuk sedikit meningkatkan pH tanah menjadi lebih basa. Cara menggunakannya yakni dengan cara memakai sekitar 5 hingga 10 gram tawas untuk setiap 1 liter air. Dicampur dan dipakai untuk menyiram tanah di sekitar tumbuhan 1 kali sebulan.





Itulah beberapa materi dan cara untuk menetralkan pH tanah. Semoga bermanfaat.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com