Wednesday, April 26, 2017

√ Menciptakan Watermark Dan Label Di Foto






Bagaimana cara menciptakan watermark dan label di foto ? begitulah tanya temanku yang pada kesudahannya menginspirasiku untuk menulis tutorial ini.





Temanku minta untuk dibuatkan watermark (tanda di foto/video) untuk keperluan resmi kantornya. Oleh alasannya yakni resmi berarti tidak banyak variasi dan pernak-pernik semacam bunga, bintang dsb. Nah, di watermark ini terdapat label (keterangan pada foto) yang berisi info jejaring sosial kantornya.





Sebenarnya saya belum pernah membuatnya, makanya pada awalnya saya bingung. Berbagai aplikasi bingkai foto telah saya coba instal tapi desainnya tak ada yang sesuai dengan kebutuhanku yaitu desain untuk foto resmi.





Artikel terkait: cara menciptakan kartun masjid sederhana





Singkat cerita, mau gak mau saya harus membuka laptopku kembali. Dengan memakai software corel draw dan aplikasi smartphone berjulukan Deleo kita sanggup menciptakan watermark di foto dengan mudah.





Garis besar cara menciptakan watermark dan label di foto gimana sih?





Secara umum, kita akan menciptakan desain watermak dan labelnya memakai Corel Draw 2017 kemudian dengan aplikasi Deleo yang sanggup kau instal gratis via Playstore, kita sanggup menggabungkan desain watermark dengan foto koleksi kita.





Gambarannya begini, foto kita taruh di bawah terus di atasnya ditindih memakai watermark dan label yang telah kita buat. Oke, pribadi saja kita ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.





Langkah-langkah atau Cara Membuat Watermark dan label di Foto





1) Pertama-tama instal software Corel Draw di laptopmu dan instal pula aplikasi Deleo di Play Store.





2) Buka lembaran kerja di Corel Draw kemudian buatlah kotak persegi panjangn memakai fitur RECTANGLE TOOL. Kemudian beri warna (kode warna: #106E2B) dan buat outline: NONE.





Artikel terkait: contoh dan cara menciptakan desain seruan pernikahan





3) Buat bab atasnya bergelombang dengan cara klik kanan gambar kotak -> convert to curves. Kemudian dengan memakai fitur SHAPE TOOL -> gerakkan ujung mata panah yang bewarna biru. Jika ingin menciptakan bergelombang ke bawah, maka gerakkan ke bawah. Begitu sebaliknya.





cara menciptakan watermark dan label di foto √ Membuat Watermark dan Label di Foto




4) Setelah itu kita duplikasi, caranya klik gambar kotak -> tekan CTRL + D di keyboardmu. Lalu kita tarik sedikit ke atas supaya persegi hasil duplikasi lebih lebar ke atas. Lalu kita beri warna orange (#C29115).





5) Hasilnya kita akan melihat bahwa kotak persegi orange akan menutupi kotak persegi hijau alasannya yakni kotak orange posisi layernya berada di atas kotak hijau. Nah, disini posisi layernya kita balik menjadi kotak hijau di atas kotak orange. Caranya: klik kanan pada kotak orange -> Order -> To Back of Page.





cara menciptakan watermark dan label di foto √ Membuat Watermark dan Label di Foto




6) Nah sehabis itu tinggal kita beri goresan pena label. Label sanggup bertulisan akun jejaring sosial, alamat, nomor HP, alamat email/website, harga barang, info komposisi, logo perusahaan dsb. Dalam pola ini saya berisi info jejaring sosial. Kita sanggup memakai fitur TEXT TOOL untuk memberi tulisannya. Untuk logo/ikon gratis kita sanggup buat sendiri atau cari di www.flaticon.com atau www.freepik.com. Cari icon dengan format PNG, background transparan.





7) Setelah itu, kita save dengan format .PNG (background transparan) dengan ukuran minimal 1000 pixel. Lalu kita pindah gambar ini di smartphonemu memakai kabel data.





cara menciptakan watermark dan label di foto √ Membuat Watermark dan Label di Foto




8) Bukalah aplikasi Deleo di smartphonemu. Pada bab ADD A BACKGROUND IMAGE kita upload foto yang akan diberi watermark dan label. Kemudian pada bab ADD A FOREGROUND IMAGE kita upload watermark yang telah kita buat.





cara menciptakan watermark dan label di foto √ Membuat Watermark dan Label di Foto




9) Kemudian pilih CUT OUT -> PLACE -> (kita atur posisinya, jikalau ukuran watermark kurang besar kita sanggup perbesar dengan cara menempelkan dua jari kita ke layar smartphone kemudian kedua jari direnggangkan. Jika sudah kemudian pilih REFINE -> ADJUST -> SAVE -> SAVE DOWNLOAD.





cara menciptakan watermark dan label di foto √ Membuat Watermark dan Label di Foto




Kita sanggup memasang watermark dan label di semua foto yang kita mau. Kamu tinggal memakai aplikasi Deleo menyerupai cara di atas. Setelah itu foto yang telah diberi watermark kita upload di media sosial.





Bagaimana, jikalau ada pertanyaan terkait cara menciptakan watermark dan label di foto ini sanggup ditulis dikomentar.



Sumber https://www.siswapedia.com