Friday, May 12, 2017

√ Teori Dinamika Sosial Berdasarkan Pendapat Para Andal [Lengkap]

Teori Dinamika Sosial Menurut Pendapat Para Ahli - Menurut Senoaji (2010), pengertian dinamika ialah keseluruhan perubahan dari seluruh komponen masyarakat dari waktu ke waktu. Dinamika sosial dan budaya menawarkan imbas pada juga pada pengelolaan hutan, lahan, dan lingkungan yang ada pada suatu lingkup masyarakat. Peningkatan jumlah penduduk yang semakin banyak menimbulkan berkurangnya luas kepemilikan lahan pertanian yang dimiliki oleh setiap keluarga, sehingga menawarkan imbas pada masyarakat supaya melaksanakan penyesuaian-penyesuaian dengan lingkungannya. 


Teori Dinamika Sosial Menurut Pendapat Para Ahli  √ Teori Dinamika Sosial Menurut Pendapat Para Ahli [LENGKAP]

Penyesuaian dan pergeseran yang terjadi pada suatu masyarakat bukan pada aturan-aturan yang berlaku pada masyarakat tersebut, akan tetapi pada obyek pelaksana dari hukum dalam masyarakat itu sendiri, yakni individu-individu atau kelompok sosial yang berada pada lingkungan tersebut.

Soekanto (2012) menjelaskan bahwa di dalam dinamika kelompok, mungkin terjadi antagonisme antar kelompok.apabila terjadi persitiwa tersebut secara hipotesis prosesnya ialah sebagai berikut :
#1.Bila dua kelompok bersaing, maka akan timbul stereotip
#2. Kontrak antar kedua kelompok yang bermusuhan tidak akan mengurangi sikap tindak bermusuhan tersebut
#3.Tujuan yang harus dicapai dengan kerjasama akan sanggup menetralkan sikap tindak bermusuhan
#4. Di dalam kolaborasi mencapai tujuan, stereotip yang semula negatif menjadi positif

Konflik antar kelompok dalam suatu masyarakat mungkin terjadi lantaran persaingan untuk mendapat mata pencaharian hidup yang sama atau terjadi pemaksaan unsur-unsur kebudayaan tertentu. Masalah dinamika kelompok sosial juga menyangkut gerak atau sikap kolektif. Gejala tersebut merupakan suatau cara berfikir, merasa, dan beraksi suatu kolektivitas yang serta merta dan tidak berstruktur. Sebab-sebab suatu kolektif menjadi bernafsu antara lain:
#1. Frustasi selama jangka waktu yang lama
#2. Tersinggung
#3. Dirugikan
#4. Ada bahaya dari luar
#5. Diperlakukan tidak adil
#6. Terkena pada bidang-bidang kehidupan yang sensitif

Pada dinamika kelompok sosial, setiap kelompok sosialpasti mengalami perkembangan serta perubahan. Perubahan dalam setiap kelompok sosial, ada yang mengalami perubahan secara lambat, namun ada pula yang mengalami secara cepat.

Menurut Munthe (2008), dinamika masyarakat bekerjasama dengan perubahan masyarakat. Kemudian, terdapat beberapa unsur yang berinteraksi satu sama lain. Unsur-unsur tersebut adalah:
#1.Orientasi insan terhadap situasi yang melibatkan orang lain. 
#2.Pelaku yang mengadakan acara dalam masyarakat.
#3.Kegiatan sebagai hasil orientasi dan pengolahan fatwa pelaku wacana bagaimana mencapai cita-cita. 
#4.Lambang dan sistem perlambangan yang  mewujudkan komunikasi dalam mencapai tujuan. Sehubungan dengan itu sistem sosial merupakan hasil individu, yang terjadi dalam lingkungan fisik dan sosial. 

Nah gaes, itulah ulasa artikel terkait dengan Teori Dinamika Sosial Menurut Pendapat Para Ahli yang kami kutip dari banyak sekali literatur yang kami gunakan dalam laporan selesai kami. semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung. terkait dengan artikel tersebut apakah ada yang ditanyakan gaes?

Sumber http://www.galinesia.com