Saturday, June 17, 2017

√ Sejarah Singkat Ilmu Geologi Dan Pengertian Geologi

Bagaimana sejarah singkat ilmu geologi dan pengertian geologi itu?


Ada dua hal yang ditanyakan yaitu perihal sejarah singkat ilmu geologi dan pengertian geologi sehingga halaman ini kita buat menjadi dua pokok pembahasan.


Tanpa anda semua sadari, pengetahuan mengenai geologi bergotong-royong sudah ada semenjak zaman prasejarah. Misalnya, manusia purba yang mengetahui jenis batuan untuk materi baku senjata, batuan yang dipakai untuk alat berburu, dan lain-lain.


Sejarah Singkat Ilmu Geologi


Bangsa Yunani semenjak 2300 tahun yang kemudian sudah menulis mengenai fosil, kerikil permata, gempa bumi, gunung api, dan lain-lain. Pada masanya, seorang filsuf Yunani berjulukan Aristoteles menjelaskan bagaimana terbentuknya batuan yang ada dibumi. Ia beranggapan bahwa batuan terjadi akhir meledaknya udara yang padat di bumi akhir proses pemanasan suatu sentra panas tertentu.


Kemudian, kepercayaan catastrophis di sepanjang masa ke-17 dan ke-18 menjelaskan bahwa bentuk permukaan bumi dan segala kehidupan yang ada diatasnya terbentuk dan musnah dalam sesaat akhir adanya peristiwa (catastrophe) yang besar.


Hingga balasannya pada tamat masa ke-18, James Hutton selaku bapak geologi modern yang juga spesialis fisika Skotlania menerbitkan sebuah buku berjudul Theory of The Earth. Dalam buku itu ia memperkenalkan sebuah istilah uniformitarianisme. Hingga sekarang, istilah tersebut dipakai sebagai konsep dasar ilmu geologi.


Uniformitarianisme menyatakan bahwa semua hukum-hukum fisika, kimia, dan biologi yang berlangsung pada dikala ini, juga berlangsung pada masa lampau. Atau, sanggup dikatakan juga bahwa semua fenomena geologi ibarat morfologi, bentukan bumi, dan fenomena lainnya yang terjadi kini ini merupakan hasil proses yang telah terjadi semenjak masa lampau.


Konsep dasar uniformitarianisme ini juga dikenal dengan istilah ‘The Present is The Key To The Past’. Semenjak muncul konsep ini lah, orang-orang mulai menyadari bahwa bumi selalu bergerak dan berubah dalam jangka waktu tertentu, sehigga sanggup disimpulkan bahwa geologi ini merupakan ilmu yang dekat kaitannya dengan waktu.


Bagaimana sejarah singkat ilmu geologi dan pengertian geologi itu √ Sejarah Singkat Ilmu Geologi dan Pengertian Geologi

Gambar. Batu-batuan hasil letusan gunung api purba (Foto: siswapedia)


Lalu, Apa yang Dimaksud dengan Geologi?


Sebagai informasi, kata Geologi pertama kali dipergunakan pada tahun 1473 oleh Richard de Bury sebagai kebalikan dari istilah teologi dan merujuk pada ilmu kebumian (Sapiie dkk, 2006).


Sedangkan berdasarkan Oxford Earth Science Dictionary, kata Geologi ini pertama kali dipakai oleh St. Bede pada masa ke-8 yang merupakan seorang biksu. Ia memakai istilah geologi untuk membedakan segala hal yang berkaitan dengan bumi dan segala hal yang berkaitan dengan dewa pada masanya (teologi).


Untuk memperdalam apa itu yang dimaksud dengan geologi, berikut beberapa definisi dari literatur,


Menurut buku Earth Dynamics System Karya W. Kenneth Hamblin dan Eric H. Christiansen,


“Geology is the science of Earth. It Concerns all of Earth: its origin, its history, its materials, its processes, and the dynamics of how it changes.”


Sedangkan, dalam Oxford Earth Science Dictionary,


“Geology is the scientific study of the composition, structure, and history of earth.”


Lalu, berdasarkan buku Geologi Fisik karya Benyamin Sapiie, dkk,


“Geologi yakni ilmu yang mempelajari bumi dan merupakan suatu kelompok ilmu yang mempelajari bumi secara menyeluruh, meliputi asal mula terbentuknya, komposisi, struktur, sejarahnya (termasuk perkembangan kehidupan) dan proses-proses alam yang telah dan sedang berlangsung sampai menimbulkan bumi ibarat kini ini.”


Sebagai WNI yang fasih berbahasa Indonesia, tentunya harus menelaah pengertian geologi berdasarkan KBBI,


“Geologi yakni ilmu perihal komposisi, struktur, dan sejarah bumi”


Nah, dari empat pengertian yang telah dijabarkan diatas berdasarkan beberapa sumber, semuanya menyebutkan bahwa geologi yakni ilmu yang mempelajari bumi, bergotong-royong geologi sendiri berasal dari bahasa Latin yaitu ‘Geo’ yang artinya bumi dan ‘Logos’ yang artinya ilmu.


Bagaimana? ada pertanyaan perihal sejarah singkat Ilmu Geologi dan pengertian Geologi di atas?. Bagi yang tertarik perihal geologi sanggup kuliah di Geologi UGM atau Geologi UPN Veteran.


Daftar Pustaka:

Sapiie, Benyamin dkk. 2006. Geologi Fisik. Bandung: Institut Teknologi Bandung

Hamblin, W.K dan Eric H. Christiansen. 1992. Earth’s Dynamic System 6th Edition. New York: Macmillan Publ. Co

Allaby, M. 1999. Dictionary of Earth Sciences 3rd Edition. London: Oxford University Press



Sumber https://www.siswapedia.com