Tuesday, July 4, 2017

√ Mifi Itu Apa Sih?

MiFi Itu Apa Sih? – Seiring perkembangannya, kini ini aneka macam aksesoris-aksesoris pelengkap yang ditujukan untuk mendampingi gadget utama yang biasa kita gunakan. Salah satunya ialah MiFi yang kini semakin terkenal di tanah air, khususnya setelah salah satu provider internet di Indonesia yakni Smartfren, meluncurkan beberapa produk MiFi nya sekaligus.


Namun alasannya ialah masih terbilang baru, beberapa masyarakat mungkin masih belum paham soal fungsi dari MiFi tersebut, sehingga mereka cenderung sama sekali tidak melirik perangkat ini alasannya ialah belum mengetahui cara memanfaatkannya.


aksesoris pelengkap yang ditujukan untuk mendampingi gadget utama yang biasa kita gunakan √ MiFi Itu Apa Sih?Nah disini, mimin Techijau.com bermaksud untuk mengembangkan bahasan singkat mengenai perangkat ini biar kau yang tadinya masih merasa abnormal menjadi lebih kenal dengan aksesoris yang satu ini.


Sebenarnya, MiFi itu apa sih? Menurut Wikipedia, kata MiFi sendiri diduga (masih diduga loh) ialah merupakan abreviasi dari My WiFi, dimana nama MiFi sendiri sebetulnya ialah sebuah brand yang diklaim atau didaftarkan oleh Novatel Wireless (sebuah perusahaan operator selular) di beberapa negara sebagai brand dari produknya.


Kalau berdasarkan mimin sendiri, mungkin MiFi ini ialah singkatan dari Mini WiFi Router, atau ada juga yang menyebutnya sebagai Mobile WiFi Router. Terus, fungsinya apa?


Fungsi dari MiFi sendiri yaa itu tadi, ia berperan sebagai WiFi Router ibarat halnya yang biasa kita temukan di kantoran atau rumahan, hanya saja MiFi mempunyai bentuk fisik yang lebih kecil serta dilengkapi dengan baterai sehingga sifatnya portable alias bisa dibawa kemana-mana.


Atau ia juga dapat disebut sebagai mobile Wi-Fi hotspot, sama persis ibarat ketika kita memakai smartphone Android sebagai modem WiFi (tethering).


BACA JUGA : Cara Menggunakan Android Sebagai Modem WiFi


Iya, sangat mirip, hanya saja MiFi tidak mempunyai fugsi telepon dan sebagian tidak mempunyai layar. Kurang jelas? Oke, mimin jelaskan lebih detail deh. Perhatikan gambar dibawah ini :


aksesoris pelengkap yang ditujukan untuk mendampingi gadget utama yang biasa kita gunakan √ MiFi Itu Apa Sih?Jadi, perangkat MiFi akan terhubung dengan jaringan selular (anggaplah 4G LTE) sehingga ia akan mempunyai koneksi internet. Lalu, koneksinya tersebut dibagikan lagi kepada perangkat lain ibarat smartphone, laptop, tablet, atau yang lainnya melalui jaringan WiFi. Sehingga, mereka yang punya perangkat MiFi akan mempunyai jaringan WiFi langsung yang dapat dibawa kemana-mana.


Ini terperinci akan sangat membantu untuk menghemat pengeluaran untuk biaya internet bagi orang yang punya banyak gadget sekaligus, dimana mereka hanya perlu membeli satu paket internet untuk kemudian dipakai oleh beberapa perangkat secara bersamaan. Perangkat MiFi yang paling terkenal di Indonesia ketika ini ialah MiFi Andromax dari operator Smartfren, dimana mereka mempunyai beberapa jenis perangkat sekaligus yang beredar di pasaran.


BACA JUGA : Review MiFi Smartfren Andromax M2s


Namun bukan berarti cuma mereka saja yang memasarkan perangkat MiFi di Indonesia, alasannya ialah beberapa operator lain termasuk Telkomsel dan Bolt juga menghadirkan perangkat serupa meskipun tak sepopuler MiFi Andromax.


Terus, cara menggunakannya bagaimana? Yaa simpel aja! Kita tinggal membelikan paket internet, menyalakan MiFi, dan kemudian menghubungkan perangkat smartphone atau laptop kita ke MiFi melalui jaringan WiFi, kemudian kita dapat mulai internetan deh! Simpel, kan?


Oke, mimin rasa sekian dulu untuk pembahasan kali ini. Semoga dapat untuk nambah ilmu yaa. Silakan jelajahi blog Techijau.com ini untuk mendapat gosip menarik lainnya. Semoga bermanfaat! 😀



Sumber aciknadzirah.blogspot.com