Monday, March 19, 2018

√ Latihan Kreatif Untuk Indera Penciuman

Indera penciuman, indera berikutnya yang akan kita bahas pada sesi ini. Tentu sebagian besar dari kita sudah tahu bahwa Indera Penciuman kita yaitu hidung. Hidung mempunyai bentuk yang unik terlepas dari kemancungannya. Hidung berbentuk ibarat segi tiga dan terdapat dua lubang dibagian dalamnnya dan dibuat dari tulang rawan manusia yang tidak gampang patah alasannya yaitu sifatnya yang lebih lentur dibandingkan dengan tulang keras. Di setiap lubang hidung terdapat rambut-rambut yang disebut dengan bulu hidung, ada yang tebal dan adapula yang tipis.

Hidung
Sumber Asal Foto : http://joyreactor.com/tag/nose
Hidung insan mempunyai dua fungsi utama, diantaranya yaitu fungsi Hidung sebagai alat pernapasan dan sebagai alat indera penciuman. Hidung juga berperan dalam resonansi bunyi dan menyaring udara yang masuk ke dalamnya. Berbagai jenis busuk wangi maupun busuk sanggup dicium oleh kita melalui Hidung. Seperti busuk perfum, busuk makanan, busuk minuman (kopi dan teh), busuk amis, busuk busuk atau busuk tubuh serta busuk yang lainnya.

Bayangkan kalau kita tidak mempunyai hidung, tentu akan menjadi sulit untuk bernafas. Atau kepekaan hidung kita terganggung, bisa-bisa kita susah membedakan bau yang lezat dan tak lezat mirip saat kita sedang terjangkit influensa.

Setiap benda yang ada disekitar kita sebetulnya mempunyai busuk tersendiri dan juga mempunyai intensitas atau tingkatan kepekaan bau yang sangat tercium, cukup tercium bahkan ada benda-benda yang baunya tidak terlalu tercium.
Lubang Hidung
Sumber Asal Foto : aciknadzirah.blogspot.com/search?q=makro-lubang-hidung
Sebelum kita membahas mengenai cara meningkatkan kemampuan penciuman kita, tentu lebih bagus kalau lebih dulu kita ketahui bersama fungsi dan keuntungan dari indera penciuman yang kita miliki.

Fungsi dan Keuntungan Indera Penciuman :

1. Menghangatkan Udara dan Tubuh

Pernah kita pergi ke gunung yang hambar dan anda tetap sanggup bernafas tanpa terganggu? Ya, ini terjadi alasannya yaitu pembuluh kapiler dalam hidung yang berada pada tempat sekitar rongga hidung mengalami pembesaran alami, pembesaran alami ini akan menghangatkan oksigen yang masuk dalam hidung kita. Tentunya, pembuluh darah tersebut akan membesar dan mengecil dengan alami menurut suhu udara sekitar juga.1

2. Menghirup dan Mengeluarkan Udara

Hidung dalam sistem pernafasan bisa kita bayangkan mirip perisai yang menyaring udara yang masuk ke dalam tubuh tersebut baik atau tidak. Pertukaran oksigen O2 dengan karbon dioksida CO2 dari darah juga merupakan fungsi hidung yang di dalam rongga hidung yang di dalamnya terdapat rambut dan selaput lendir.

Kemudian, udara yang masuk ke dalam hidung ini di atur kelembaban suhunya semoga sesuai dengan tubuh. Sehingga udara di dalam rongga hidung ini sanggup diidentifikasi sebagai busuk yang layak atau tidak layak di cium. Kemudian udara ini akan diteruskan kepada organ pernafasan yang lain hingga kepada paru-paru yang kemudian diedarkan bersama aliran darah pada setiap organ tubuh manusia.2

3. Mengenai Berbagai Jenis dan Macam Bau-bauan

Hidung sebagai indera penciuman manusia. Manusia bisa mengenal banyak sekali macam bau-bauan dari busuk yang sedap, kurang sedap hingga busuk busuk dari gas yang dikeluarkan oleh benda-benda yang ada di alam ini.

4. Mempercantik Wajah

Selain fungsinya secara biologis diatas, hidung juga mempunyai manfaat untuk kecantikan wajah manusia. Banyak orang berlomba-lomba ingin membuat hidungnya kelihatan lebih menarik mirip memancungkannya, merapikan bulu hidung, membersihkan permukaan (bagian luar) hidung dan lainnya. Kita (manusia) tentu akan terasa gila bila tidak mempunyai hidung, seperti ada ruang kosong pada cuilan wajah kita. Tentulah kita patut untuk bersyukur masih alasannya yaitu mempunyai hidung terlebih lagi berfungsi normal. Tuhan sudah membuat bentuk hidung dan fungsinya yang terbaik untuk manusia, kita perlu merawat dan melatih fungsinya itu semoga mempunyai manfaat.

Cara Kerja Hidung

Bagaimana proses hidung membau suatu aroma atau bau? Sebagai benda gas, busuk berbaur menjadi satu dengan gas-gas lain di dalam udara. Saat kita menghirup udara pernapasan, busuk tersebut ikut masuk ke dalam hidung. Di rongga hidung, busuk akan larut di dalam lendir. Selanjutnya, rangsangan busuk akan diterima oleh ujung-ujung saraf pembau serta diteruskan ke sentra penciuman dan saraf pembau. Oleh otak, rangsang tersebut ditanggapi sehingga kita sanggup mencium busuk yang masuk hidung.3

Latihan Kreatif Indera Penciuman

Berikut beberapa latihan kreatif guna meningkatkan pembelajaran yang berkaitan dengan indera penciuman :
  1. Sediakanlah beberapa benda-benda yang cukup menyimpan atau memiliki bau yang lebih berpengaruh dan khas. Sebagai teladan mirip bumbu-bumbu masak.
  2. Cobalah cium satu persatu dan rasakan busuk khas dari benda tersebut.
  3. Gantilah untuk mencium benda yang lain dan mulailah membedakan bau-bau diantara benda-benda tersebut.
  4. Mintalah bantuan teman kita untuk memegang dan mendekatkan benda satu persatu ke akrab hidung kita, kemudian kita menebaknya dengan mata tertutup.
  5. Jika kita sudah terbiasa dengan benda yang tersedia, gantilah dengan benda yang mempunyai busuk yang tidak terlalu kita kenal.
  6. Bila kepekaan hidung kita mulai meningkat, cobalah mencari dan mencium benda yang kurang tajam baunya.

Referensi :

  1. Bagian Hidung Manusia dan Fungsinya
  2. Fungsi Hidung
  3. Alat Indra Manusia - Pembau : Hidung

Sumber http://menofschool.blogspot.com