Thursday, May 11, 2017

√ Pengertian, Ciri-Ciri, Dan Jenis Paragraf Deskripsi


Pengertian, Ciri-Ciri, dan Jenis Paragraf Deskripsi – Berbicara mengenai paragraf deskripsi, tidak akan luput dari kalimat deskripsi. Paragraf yakni kumpulan kalimat-kalimat yang disusun dengan topik/tema tertentu sehingga sanggup kita katakan bahwa paragraf deskripsi itu merupakan kumpulan kalimat-kalimat deskripsi dengan topik/tema tertentu.





Minggu kemudian kita sudah membahas mengenai paragraf eksposisi. Pada kesempatan ini kami akan mebahas mengenai paragraf deskripsi atau karang deksripsi. Berikut uraian wacana paragraf deskripsi.





Apa Sih Pengertian Paragraf Deskripsi Itu?





Paragraf deksripsi merupakan paragraf yang berisi penggambaran atau klarifikasi mengenai suatu obyek ke dalam teks sehingga pembaca seperti sedang melihat dan mencicipi obyek yang sedang digambarkan tersebut. Kalimat deksripsi berkaitan dengan panca indera, sehingga ada banyak kata-kata berpanca indera yang sering ditemukan pada teks-teks deskripsi.





Baca juga: Pengertian, Struktur, Ciri dan Contoh Teks Eksplanasi





Melalui paragraf deksripsi, suatu obyek akan digambarkan secara rinci. Baik ukuran, volume, bentuk, warna, sampai kedalaman. Penggambaran secara rinci yang ditemukan pada paragraf deskripsi ini dimaksudkan semoga para pembaca mendapat suatu informasi sejelas-jelasnya.





 tidak akan luput dari kalimat deskripsi √ Pengertian, Ciri-Ciri, dan Jenis Paragraf Deskripsi




Apa Sih Ciri Ciri Paragraf Deskripsi?





Setiap jenis paragraf memiliki kekhasannya masing-masing. Demikian pula pada paragraf deskripsi. Paragraf ini juga memiliki beberapa ciri khas yang membedakannya dengan paragraf lain. Berikut beberapa ciri-cirinya.





*Paragraf deksripsi mendeskripsikan suatu objek. Objek yang dideskripsikan sanggup berupa seseorang, tempat, benda, binatang, atau kedaan dan suasana tertentu : genting, bahagia, menakutkan,dll.





*Kata-kata yang terdapat dalam paragraf deksripsi melibatkan penggunaan panca indera. Baik indera penglihatan, pendengaran, maupun indera peraba.





*Paragraf deksripsi melibatkan penggambaran ruang dan obyek. Melibuti obyek warna, bentuk, sifat, maupun ukuran.





*Paragraf deksripsi terdapat banyak kata sifat : bodoh, pintar, pemalas, rajin, dlsb,





Apa Sih Jenis Jenis Paragraf Deskripsi





Paragraf deskripsi memiliki bermacam-macam jenis. Jenis paragraf deksripsi ialah paragraf spasial, paragraf deskripsi obyektif, dan paragraf deskripsi subjektih. Lebih lengkap dan jelasnya perhatikan klarifikasi berikut ini.





Paragraf Deksripsi Subjektif





Paragraf deksripsi subjektif merupakan salah satu jenis paragraf deskripsi yang bersifat subyektif, atau hanya menurut tafsiran pengarang, dan pandangan penulisnya saja. Hal-hal yang ditulis pada paragraf deksripsi subyektif hanya berisi opini saja.





Baca juga: Paragraf Deduktif dan Induktif





Paragraf Deskripsi Spasial





Dalam kamus besar bahasa Indonesia. Spasial diartikan sebagai ruang atau daerah yang memiliki volume, ukuran, dan masa. Oleh balasannya paragraf deskripsi spasial ini berisi penggambaran objek-objek yang ada di lingkungan sekitar, objek yang tampak oleh mata. Misalnya objek rumah, bak renang, kebun binatang, dlsb





Paragraf Deskripsi Objektif





Berbeda dengan paragraf deksripsi subjektif yang hanya berupa pendapat langsung pengarangnya, yang hanya berisi tafsiran menduga-duga saja. Paragraf deksripsi obyektif memaparkan fakta, hal yang konkret, sanggup dibuktikan kebenaranya, dan tidak hanya berupa penafsiran pengarangnya belaka.





Baca juga: Pengertian dan pola paragraf argumentasi





Paragraf ini sangat orisinal menggambar suatu obyek tanpa aksesori opini yang dipengaruhi oleh pengarangnya. Agar pemahaman kalian seputar paragraf deksripsi sanggup lebih mendalam. Perhatikanlah pola paragraf deskriptisi berikut ini.





Contoh paragraf deskripsi





Kursi berukuran 2×3 meter tampak reot tergeletak di ruangan laboratorium bahasa. Kendati demikian, cat pada bangku itu masih terlihat bagus. Tidak ada coretan pulpen sama sekali pada bangku itu. Kursi reot yang sama berjumlah 6 unit. Kursi itu sudah tidak digunakan lagi oleh pihak sekolah sebab tidak memberi kenyamanan kepada siswa.





Nah itulah klarifikasi mengenai paragraf deskripsi disertai dengan contohnya. Untuk menambah pengetahuanmu wacana paragraf deskripsi. Silahkan buatlah pragaraf deskripsi dengan memerhatikan struktur penulisan paragraf deskripsi ibarat di atas.



Sumber https://www.siswapedia.com