Thursday, June 15, 2017

√ Faktor Yang Menghipnotis Cantik Tidaknya Performa Smartphone

Faktor Yang Mempengaruhi Bagus Tidaknya Performa Smartphone“Pan, hape ini manis gak? Pan, hape itu manis gak?” Pertanyaan macam ini sudah sering kali saya terima dari teman-teman khususnya sahabat cewek ketika mereka ingin membeli hape baru. Iya memang, nggak salah sih mereka nanya. Karena kan memang lebih baik untuk mempertimbangkan matang-matang sebelum tetapkan untuk membeli hape.


Beberapa hal yang biasanya dijadikan pertimbangan sih yakni soal performa dan kamera. Sisanya untuk segi desain misalnya, tampaknya nggak perlu tanya lagi yaa sebab niscaya pengguna awam pun sudah bisa melihat mana hape yang manis dan mana yang tidak, bagi mereka sendiri.


Faktor Yang Mempengaruhi Bagus Tidaknya Performa Smartphone √ Faktor Yang Mempengaruhi Bagus Tidaknya Performa SmartphoneNgobrolin soal performa, mungkin ada sebagian dari kalian yang belum tau soal faktor apa yang mempengaruhi sehingga sebuah hape bisa punya performa kencang. Nah untuk itu, di posting kali ini mimin Techijau.com bakal coba untuk menjelaskan sedikit mengenai hal tersebut menurut apa yang mimin ketahui, dengan memakai bahasa orang awam biar lebih gampang dimengerti. Oiya, jikalau ternyata yang kau cari yakni soal penyebab menurunnya performa hape Android, kau bisa membacanya juga di halaman ini.


BACA JUGA : Apa Yang Mempengaruhi Bagus Tidaknya Hasil Dari Kamera Hape?


Performa hape dipengaruhi oleh beberapa komponen utama, yang saling “bekerjasama” untuk memproses perintah-perintah yang kita inginkan. Nah, diantaranya yakni sebagai berikut :


CPU


Salah satu komponen utama yang mempengaruhi “kecepatan” alias performa dari hape kita yakni CPU. Tugas utamanya yakni untuk memproses dan menawarkan respon pada perintah yang kita inginkan. Nah, performa dari CPU alias Prosesor ini sendiri dipengaruhi oleh beberapa hal.


Faktor Yang Mempengaruhi Bagus Tidaknya Performa Smartphone √ Faktor Yang Mempengaruhi Bagus Tidaknya Performa SmartphoneYang pertama yakni proses fabrikasinya, arsitekturnya, kecepatannya (dalam satuan MHz atau GHz) serta jumlah “core” alias inti prosesornya. Nah disini kadang para pengguna agak sedikit salah pengertian bahwa semakin banyak core maka semakin kencang. Itu nggak 100% bener. Coba cek di halaman ini deh untuk klarifikasi lebih lanjut soal core-core’an itu.


GPU


Kalau di hape, biasanya komponen yang satu ini tuh bakal jadi satu paket sama CPU, yang biasanya disebut sebagai chipset. GPU itu tugasnya membantu CPU dalam pengolahan grafis. Makara GPU ini penting untuk urusan game dan hal lain yang berafiliasi dengan pengolahan grafis. Entah untuk kamera, tapi denger-denger sih efek juga. Makara semakin berpengaruh GPU nya, semakin baik pula kemampuannya dalam mengambil video. Dalam arti, bisa merekam dalam resolusi yang lebih besar serta frame per detik yang lebih banyak.


Faktor Yang Mempengaruhi Bagus Tidaknya Performa Smartphone √ Faktor Yang Mempengaruhi Bagus Tidaknya Performa SmartphoneIbarat kendaraan beroda empat yang ada di lintasan pas hujan, CPU itu mirip mesin, dan GPU mirip ban. Kalau mesinnya kuenceng tapi ban nya ternyata licin (GPU kurang powerful), maka yaa akselarasinya bakal nggak maksimal. Semoga bisa kebayang maksudnya gimana 😀


RAM


Nah jikalau yang ini juga nggak kalah pentingnya, sebuah komponen utama yang mempengaruhi performa hape. Sebenernya nggak perlu RAM dengan kapasitas gede-gede banget sih untuk bisa dapet performa yang oke, asalkan bisa untuk menampung apps berjalan yang kita gunakan, itu udah cukup kok.


RAM dengan kapasitas super gede hanya bakal mempunyai kegunaan jikalau misal kita sering melaksanakan acara multitasking atau bermain game berat di hape yang kita gunakan. Di tahun 2016 ini, hape dengan RAM 2GB udah terbilang cukup kok untuk pemakaian standar. 3GB untuk gamers, penggila socmed & multitasking, sedangkan RAM 4GB keatas untuk mereka yang suka multitasking like a pro! Yaa mirip mimin gini 😀


BACA JUGA : Keuntungan RAM Besar Pada Smartphone


Nah sebenernya, ada yang lebih penting lagi nih daripada kapasitas dari RAM, yaitu jenis atau mimin menyebutnya sebagai “grade” dari RAM itu sendiri (atau entah orangain menyebutnya sebagai apa). Jadi, RAM itu ada macam-macam jenis (grade) nya. Ada yang DDR1, DDR2, DDR3, DDR4 dan seterusnya. Semakin tinggi angka dibelakang DDR, maka semakin modern pula jenis RAM itu, dan semakin kencang juga kecepatannya. Sebagai gambaran, hape kelas menengah sampai atas ketika ini rata-rata memakai RAM berjenis LPDDR3, sedangkan untuk kelas tertinggi alias flagship, sebagian ada yang pakai LPDDR3, ada juga yang LPDDR4.


Jadi jangan kaget jikalau contohnya ada hape dengan RAM lebih kecil namun lebih gegas dalam melaksanakan multitasking, salah satunya yaa sebab perbedaan jenis RAM itu tadi, plus faktor pendukung performa lainnya.


Storage


Faktor Yang Mempengaruhi Bagus Tidaknya Performa Smartphone √ Faktor Yang Mempengaruhi Bagus Tidaknya Performa SmartphoneHal lain yang mempengaruhi kecepatan hape yakni storage. Storage alias penyimpanan internal pada perangkat juga punya grade kecepatan baca tulis yang berbeda-beda loh. Semakin cepat kemampuan dari penyimpanan tersebut untuk membaca dan tulis data, semakin baik pula respon yang sanggup diberikan.


Pengoptimalan Software


Hardware sudah mantab, tapi jikalau software nya kurang optimal yaa performa pun juga bakal nggak optimal. Yang ini tampaknya terlalu sulit bagi mimin untuk menyebarkan deskripsinya. Makara yaa intinya, software juga ngaruh lah pokoknya 😀


Lainnya


Selain beberapa faktor utama yang sudah mimin sebut diatas itu, masih sangat mungkin ada banyak faktor lain lagi yang juga turut mempengaruhi performa dari suatu gadget. Dan sebab keterbatasan pengetahuan yang mimin punya, maka mimin hanya menuliskan apa-apa saja yang mimin ketahui.


Faktor Yang Mempengaruhi Bagus Tidaknya Performa Smartphone √ Faktor Yang Mempengaruhi Bagus Tidaknya Performa SmartphoneNah, itulah beberapa hal yang bisa mempengaruhi performa dari suatu gadget. Makara yaa apa yang menciptakan hape kencang itu nggak cuma soal CPU dan RAM aja. Dan jangan heran juga jikalau ada hape dengan “spek kasar” yang sama, namun dibanderol dengan harga yang berbeda sebab memang ada detail-detail kecil lain yang mempengaruhi harga dan performa, mirip contohnya soal RAM (DDR2, DDR3 dst) dan juga CPU.


Mungkin itu aja sih yang bisa mimin bagikan pada posting kali ini. Kalau contohnya ada yang perlu dikoreksi, mohon jangan sungkan untuk menyampaikannya di kolom komentar yaa. Silakan jelajahi blog Techijau.com untuk mendapat isu menarik lainnya. Semoga bermanfaat! 😀



Sumber aciknadzirah.blogspot.com