Monday, June 19, 2017

√ Makalah Kuliah Progeny Test/Uji Keturunan

Makalah Kuliah-Teman-teman kutukuliah yang biar dalam keadaan baik-baik saja. Kutu kuliah pada kesempatan kali ini akan memposting buat Anda, share buat Anda contoh makalah kuliah yang mungkin sanggup jadikan referensi atau pun rujukan buat Anda sebagai seorang mahasiswa yang masih aktif kuliah :) hehehe.
Makalah kuliah yang ingin saya share pada kesempatan kali ini yaitu rujukan makalah kuliah yang bekerjasama dengan peternakan, "Makalah Kuliah perihal Progeny Test atau Uji Keturunan" Uji keturunan pada ternak atau ada juga dalam refernsi lain menyampaikan sebagai uji Zuriat akan sedikit-banyak akan di bahas dalam makalah kuliah ini. Semoga kehadirannya nanti sanggup menjadi khasanah gres buat teman-teman. Ayo simak baik-baik, dan keep spirit kuliahnya. Hehehehe.


BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Penampakan lisan potensi ternak secara fundamental dipengaruhi oleh dua faktor utama yang sating terkait satu dengan yang lainnya, yakni faktor genetic dan lingkungan termasuk didalamnya administrasi pemeliharaan secara menyeluruh. Telah diketahui bahwa lingkungan dan penanganan administrasi yang memadai atau sesuai dengan kebutuhan ternak tidak akan memperlihatkan ekpresi produksi (kualitas maupun kuantitas) yang diharapkan jikalau tidak didukung dengan potensi genetic ternak yang baik. Begitu pula sebaliknya jikalau ternak mempunyai potensi genetic yang baik tidak akan terekspresikan secara optimal bila tidak didukung oleh lingkungan dan administrasi yang maksimal. Dengan demikian kedua faktor tersebut hendaknya memperoleh perhatian yang sama seriusnya dalam pemeliharaan komoditas temak yang dilakukan.
Pemulian merupakan suatu perjuangan untuk memperbaiki atau meningkatkan mutu genetik ternak melalui pengembanganbiakan ternak-ternak yang mempunyai potensi genetik yang baik sehingga diperoleh kinerja atau potensi produksi yang diharapkan.
Untuk mendapat sifat-sifat unggul, seleksi dan pengujian terhadap pejantan unggul yakni hal mutlak yang harus dilakukan. Uji Zuriat atau juga dikenal dengan nama Progeny Test yaitu serangkaian uji pada calon pejantan untuk mengetahui kemampuan mewariskan sifat-sifat unggulnya pada keturunannya.


BAB II
PEMBAHASAN
A.  Pengertian Umum Seleksi
Seleksi yakni istilah dalam pemilihan ternak yang menggambarkan proses pemilihan secara sistimatis ternak-ternak dari suatu populasi untuk dijadikan tetua generasi berikutnya.
Pada dasarnya seleksi dibagi menjadi dua bentuk yakni:
1.      Seleksi Alam
Seleksi alam yaitu pemilihan binatang atau ternak menjadi tetua untuk generasi selanjutnya, yang dilakukan oleh alam. Seleksi alarn yang berlangsung beratus tahun akan menghasilkan ternak yang mempunyai daya penyesuaian dengan lingkungan alarn sekitar yang berlaku setempat.
2.      Seleksi Buatan Seleksi yang dilakukan oleh insan dengan tujuan tertentu.
Seleksi buatan selanjutnya sanggup dibedakan menjadi :
a.         Seleksi Individual (Mass Selection)
Yaitu seleksi untuk ternak bibit yang didasarkan pads catatan produkti fitas masing-masing ternak. Seleksi individual pada ternak sapi yakni cara seleksi yang paling sederhana dan gampang dilakukan di pedesaan dengan dasar bobot sapih anak sapi yang ada dan sebagainya.
b.         Seleksi Kekerabatan (Family Selection)
Yaitu seleksi individu atas dasar performans kerabat-kerabatnya (misalnya saudara tiri sebapak atau saudara kandung).Seleksi kerabat dilakukan untuk menentukan calon pejantan sapi perah dengan tujuan untuk meningkatkan produksi susu yang tidak sanggup diukur pada ternak sapi jantan, dengan mengukur produksi kerabat-kerabat betinanya yang menghasilkan susu.
c.         Seleksi Silsilah (Pedigree Selection)
Seleksi yang dilakukan menurut pada silsilah seekor ternak. Seleksi ini dilakukann untuk menentukan terrnak bibit pada umur muda, sementara binatang muda tersebut beium sanggup memperlihatkan sifat-sifat produksinya.
d.        Uji Keturunan (Progeny Test)
Dalam melaksanakan seleksi, diharapkan suatu catatan atau recording sebagai materi evaluasi. Pada dasarnya catatan atau recording yang biasa dipakai dalam aktivitas seleksi berupa catatan fenotip yang biasa berasal dari :
1.    Catatan fenotip ternak itu sendiri.
2.    Catatan fenotip dari saudara-saudaranya.
3.    Gabungan keduanya.
Dalam pemuliaan temak, seorang peternak cenderung untuk merubah atau menentukan hat-hat yang terlihat menyerupai produktifitas ternak pada tingkatan tertentu yang diinginkan. Untuk melakukannya diharapkan informasi atau data mengenai sifat-sifat yang akan diturunkan tersebut atau sering disebut dengan sifat-sifat genetic contohnya menyerupai bobot badan, produksi telur, warna bulu dan sebagainya.

dst.... (d0wnl0ad kelanjutan makalah di sini)


Ini ia citra Penutupnya dan Daftar Pustakanya :


BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Meningkatkan kualitas dan performa dari suatu ternak membutuhkan penanganan khusus dari peternak salah satunya melalui kegiatan seleksi sebagai dasar-dasar seleksi dan metode seleksi. Bagaimana cara-cara pelaksanaan seleksi yang baik sehingga sanggup meningkatkan hasil genetic yang lebih baik. Bagaimana pemilihan tetua maupun induk yang baik dan benar sehingga mendapat bakala-bakalan yang sanggup meneruskan generasinya dengan tetap mempertahankan catatan prestasi yang maksimal.
Seleksi yakni istilah dalam pemilihan ternak yang menggambarkan proses pemilihan secara sistimatis ternak-ternak dari suatu populasi untuk dijadikan tetua generasi berikutnya.
Uji Zuriat atau juga dikenal dengan nama Progeny Test yaitu serangkaian uji pada calon pejantan untuk mengetahui kemampuan mewariskan sifat-sifat unggulnya pada keturunannya. Penilaian mutu yang menurut prestasi dari keturunannya yakni Progeny Test atau uji keturunan. Tes ini umumnya dilakukan terhadap pejantan, sebab ia bertanggung jawab terhadap banyaknya keturunan yang dihasilkan seumur hidupnya.



DAFTAR PUSTAKA
Anonymous.2012.SeleksiPraktikumPemuliaan.http://www.scribd.com/doc/86563515/Seleksi-praktikum-pemuliaan-7. Diakses Mei 2012.

Mentari. 2010. Seleksi dan Pembibitan. aciknadzirah.blogspot.com/search?q=seleksi-dan-pembibitan. Diakses Mei 2012.

Noor Rahman. R, 2004. Genetika Ternak. Penebar Swadaya. Jakarta.

Pane Ismed, 1986. Pemuliabiakan Ternak Sapi. PT. Gramedia. Jakarta.

Priyono.2009.UjiKeturunan.http://www.ilmupeternakan.com/2009_04_01_archive.html.  Diakses Mei 2012.

Syahrul,Asfar.2011.SeleksiIndividu.aciknadzirah.blogspot.com/search?q=seleksi-dan-pembibitan. Diakses Mei 2012.

Warwick, E. J. 1995. Pemuliaan Ternak. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.

Okey, itulah tadi sedikit pecahan makalah kuliah perihal Progeny, Uji Keturunan, Uji Zuriat. Sedikit "Alasan saya memotong makalah" dalam postingan saya, baca di sini.

Makalah kuliah ini sanggup Anda baca lebih lanjut dengan d0wnl0ad lewat link d0wnl0ad di bawah ini :
 pada kesempatan kali ini akan memposting buat Anda √ Makalah Kuliah Progeny Test/Uji Keturunan
Semoga makalah kuliah ini sanggup bermanfaat buat Anda :
Mohon Perhatian

Terima kasih atas kunjungan Anda di kutu kuliah. Hubungi kami jikalau Anda menemukan konten/postingan
yang rusak/tidak terbaca. Silahkan beritahu kami dengan menulis pesan
pada kotak komentar. Kami akan berusaha menanggapi dan memperbaiki konten
tersebut secepatnya. Saran, kritik, dan komentar Anda sangat berharga buat kami. Terima Kasih, Contact on : mahirblogger@gmail.com.

Sumber http://kutukuliah.blogspot.com