Sunday, June 18, 2017

√ Tips Sukses Diterima Sebagai Penyiar Di Televisi Maupun Radio

Berikut Beberapa Tips Sukses Diterima Sebagai Penyiar di Televisi maupun Radio


Setelah beberapa ahad ini kita telah berguru teori-teori perihal kepenyiaran. Sekarang sekarang datang saatnya untuk kalian unjuk diri. Cobalah dengan keterampilanmu yang gres itu dimanfaatkan untuk berkarir di dunia jurnalistik.


Kalian bisa ikuti seleksi penerimaan news anchor di TV lokal, maupun penyiar radio yang ada di kota kalian. Hanya saja seleksi penerimaan news achor di sebuah aktivitas TV maupun penyiar radio sangat ketat.


Hanya orang-orang yang punya kemampuan tinggi, dan terlihat meyakinkan saja yang akan diterima. Nah, lewat artikel kali ini saya akan paparkan hal-hal yang perlu dipersiapkan untuk menghadapi seleksi penerimaan calon penyiar.


Surat Lamaran


Untuk melamar di sebagai news achor, maupun sebagai penyiar radio. Tentu saja kalian harus melampirkan persyaratan utama buat melamar. Persyaratan utama yang harus disertakan tentu saja surat lamaran. Untuk menciptakan surat lamaran yang menarik, cobalah ikuti saran berikut.


Pertama, tulislah surat lamaran sekreatif mungkin. Lalu berusahalah keluar dari patron penulisan surat lamaran. Tujuannya supaya terlihat beda dengan surat lainya.


Kedua, sertakanlah semua piagam yang kalian miliki. Atau prestasi-prestasi mentereng yang kita dapatkan semasa duduk dibangku sekolah.


Ketiga, sertakanlah foto model postcard yang berukuran besar. Foto harus full body, dimana dari ujung rambut hingga ujung kaki semuanya terlihat.


Dunia penyiaran tidak hanya bertumpu pada kualitas suara, dan keindahan dalam merangkai kata-kata saja. Tapi penampilan dan tampang juga jadi pertimbangan utama. Kaprikornus foto yang dikirimkan harus semenarik mungkin.


Keempat, sediakanlah sample voice (contoh suara) kalian ketika sedang siaran ke dalam bentuk CD, atau kaset. Usahakanlah benar-benar berkualitas. Kalau perlu sewalah jasa rekaman di studio.


Agar tampak profesional. Tulislah script siaran ibarat halnya seorang penyiar siaran untuk mempermudah kita ngomong selama kurang lebih 2.5 menit.


Waktu Ujian


Setelah CV kita dianggap menarik, dan dinyatakan lolos mengikuti seleksi berikutnya. Tibalah waktunya untuk ujian.


Sebelum ujian berlangsung. Pastikanlah kita benar-benar sudah matang melaksanakan persiapan. Jangan hingga hal-hal kecil menjadi penghambat. Berikut beberapa pesiapan yang harus dilakukan sebelum ujian.


Pertama, tontonlah aktivitas TV, atau siaran radio yang sedang membutuhkan penyiar. Catatlah gelombang chanelnya, nomor telepon, nomor SMS, serta yang paling penting kata kunci penyebutan pendengar (call listener : Kawula muda, dimas diajeng, boys dan girls, dan lain-lain). Atau kata-kata kunci lainya.


Kedua, Jika pada media cetak kita mengenal istilah style house dimana kita harus tunduk dengan hukum kepenulisan artikel pada sebuah media cetak. Maka dalam dunia jurnalistik visual ada style-nya juga. Berikut rujukan penampilan secara visual Cak Lontong dalam aktivitas Little VIP di Mtero TV.


Berikut Beberapa Tips Sukses Diterima Sebagai Penyiar di Televisi maupun Radio √ Tips Sukses Diterima Sebagai Penyiar di Televisi maupun Radio

Gambar. Cak lontong ketika membawakan aktivitas Little VIP yang merupakan aktivitas Metro TV perihal belum dewasa berbakat di Indonesia (Foto: Metro TV)


Maka dari itu, coba kalian perhatikanlah gaya siaran pada aktivitas TV maupun radio yang lagi ngrekrut penyiar gres itu. Setelah kalian sudah perhatikan betul-betul gaya suaranya.


Sekarang tinggal tirukan saja gaya siarannya gimana. Mengusung gaya yang berbeda boleh, tapi jangan hingga terlalu jauh dari style siaran TV atau radio bersangkutan.


Ketiga, untuk memperkaya wawasan kita terhadap isu-isu baru. Siapa tau juga wawasan diluar kepenyiaran diteskan juga ketika ujian. Cobalah kalian rajin-rajin baca-baca koran.


Dari mulai gosip politik, sosial, ekonomi, maupun budaya bila lagi viral kalian baca saja. Karena seorang penyiar itu biasanya harus mengetahui isu-isu yang sedang hot.


Penampilan Diri


Persiapan berikutnya yakni penampilan. Dunia kepenyairan tidak ibarat ketika kita sedang kerja di pabrik, atau di kantor biasa yang tak menuntun penampilan kinclong.


Di dunia penyiaran, yang notabene hampir sama dengan dunia entertainment. Kita harus memiliki penampilan yang klimis, baju rapi, dan tentu saja sepatu mengkilap. Oleh kesudahannya penampilan itu sangat penting sekali.


Cobalah deh kalian ikuti cara ini. Pasti kalian bisa diterima jadi penyiar.



Sumber https://www.siswapedia.com