Friday, June 30, 2017

√ Wps (Wifi Protected Setup)? Gunanya Buat Apa Sih?

WPS (WiFi Protected Setup)? Gunanya Buat Apa Sih? – Saat mimin melaksanakan uji pakai alias review MiFi Smartfren Andromax M3Y, mimin menemukan satu hal yang agak absurd bagi mimin pada perangkat tersebut yakni sebuah tombol yang bertuliskan “WPS” yang terletak di sebelah kanannya.


Jelas, itu bukanlah tombol power alasannya yaitu tombol powernya sendiri terletak di bab depan. Karena belum mengerti, mimin coba mencari tau soal apa fungsi dari tombol WPS pada mini WiFi portable ini pada buku petunjuk yang ada. Namun sayang, disana pun mimin tak menemukan bahasan soal fungsi dari tombol tersebut.


Akhirnya, mimin memutuskan untuk browsing di internet dan menemukan klarifikasi yang mimin rasa cukup sanggup dimengerti. Nah disini, mimin akan membagikan kembali bahasan soal apa itu WPS serta fungsinya menurut apa yang mimin baca. Plus, nantinya mimin juga akan menciptakan bahasan mengenai bagaimana cara menggunakannya. Oke, eksklusif cek di TKP deh!


Apa Itu WPS?


WPS yaitu kependekan dari Wi-Fi Protected Setup. Ini merupakan sebuah sistem keamanan pada Wi-Fi yang mempunyai kegunaan untuk menghubungkan router (seperti contohnya MiFi yang mimin gunakan itu) dengan perangkat akseptor Wi-Fi (misalnya smartphone) semoga menjadi lebih cepat, mudah, dan aman.


WPS hanya sanggup bekerja pada perangkat yang mendukung keamanan WPA Personal dan WPA2. Sedangkan sistem ini tidak akan bekerja atau tidak mendukung perangkat yang menggunakan sistem keamanan WEP. Fitur WPS ini ternyata juga sudah umum ditemukan pada router yang biasa kita pakai di rumah. Nah sekarang, disini nih poin kelebihannya.


Jadi, kalau kita mau terhubung dengan jaringan Wi-Fi yang di protect alias diberikan password, biasanya kita tentu akan harus mengetahui password yang dipakai itu, bukan? Dengan hadirnya WPS, kita tidak perlu lagi harus memasukkan password, alasannya yaitu kita hanya perlu melaksanakan scan Wi-Fi di perangkat smartphone yang kita gunakan, kemudian tekan tombol WPS pada router WiFi yang sudah dilengkapi dengan fitur ini. Tapi….


Ternyata nggak semudah yang dibayangkan sih. Karena dalam beberapa kali percobaan, ternyata mimin gagal memanfaatkan fitur ini. Dan sesudah coba mencari tau lebih jauh, barulah mimin menemukan bagaimana cara memanfaatkan fitur ini.


Cara Connect Ke Jaringan Wi-Fi Dengan Menggunakan WPS


Awalnya mimin pikir, kita hanya perlu scan Wi-Fi di smartphone ibarat biasa, kemudian menentukan Wi-Fi tertentu, dan kemudian kita tinggal melaksanakan klik tombol WPS pada router. Ternyata, cara itu salah. Setelah beberapa kali percobaan, risikonya mimin menemukan cara yang benar, dan berikut yaitu langkah-langkahnya :


NOTE : Langkah yang akan mimin posting disini dibentuk dengan menggunakan perangkat OS Android versi Marshmallow. Makara mungkin caranya akan sedikit berbeda (namun tetap serupa) kalau kau menggunakan perangkat dengan OS Android versi lainnya atau bahkan OS selain Android.


1. Nyalakan Wi-Fi pada perangkat smartphone mu ibarat biasa. Lalu, cari sajian “more option” yang biasanya terdapat di bab kanan atas layar untuk mengatakan pilihan sajian yang ada ibarat pada gambar dibawah ini. Pilih sajian Advanced.


 mimin menemukan satu hal yang agak absurd bagi mimin pada perangkat tersebut yakni sebuah  √ WPS (WiFi Protected Setup)? Gunanya Buat Apa Sih?2. Setelah itu pilih sajian WPS Push Button ibarat yang terlihat pada gambar dibawah ini.


 mimin menemukan satu hal yang agak absurd bagi mimin pada perangkat tersebut yakni sebuah  √ WPS (WiFi Protected Setup)? Gunanya Buat Apa Sih?3. Nah kemudian, perangkatmu akan mulai melaksanakan scanning pada jaringan Wi-Fi yang ada dan akan tampil ibarat pada gambar dibawah. Dan dikala inilah kau harus menekan tombol WPS pada router / MiFi yang kau punya.


 mimin menemukan satu hal yang agak absurd bagi mimin pada perangkat tersebut yakni sebuah  √ WPS (WiFi Protected Setup)? Gunanya Buat Apa Sih?Dan seharusnya, tak usang sesudah kau menekan tombol, smartphone mu akan eksklusif terhubung dengan router tersebut. Klik OK atau Done kalau sudah ada keterangan bahwa smartphone mu sudah terkoneksi dengan baik.


Nah, itulah cara menggunakan fitur WPS pada router Wi-Fi yang kau punya. Silakan jelajahi blog Techijau.com ini untuk mendapat update gosip menarik lainnya. Semoga bermanfaat! 😀



Sumber aciknadzirah.blogspot.com