Sunday, September 24, 2017

√ Detail Klarifikasi Wacana Penggunaan So And Neither Beserta Misalnya

Detail Penjelasan perihal Penggunaan So and Neither beserta Contohnya – Kata so dan neither dalam bahasa Inggris sanggup dipakai untuk menyatakan perihal similarities (persamaan) atau differences (perbedaan). Apakah teman – teman tahu apa saja hukum / fatwa yang harus dilakukan dalam memakai kedua kata tersebut? Agar memahami perihal penggunaannnya, berikut ialah detail klarifikasi perihal penggunaan so dan neither beserta contohnya.


 


A. Penggunaan So dan Neither


 


1) So dan neither dapat dipakai ketika kita ingin berkata kepada seseorang bahwa sesuatu terlihat mirip. Pola kalimatnya ialah sebagai berikut.


 


So / neither + auxiliary verb / be + pronoun / noun / possessive


 


2) Untuk menunjukkan perbedaan kita sanggup memakai pola:


 


Pronoun / noun / possessive + auxiliary / be.


 


3) Contoh kalimat:


 


Perhatikan tabel berikut ini.


 























 Examples


(Contoh)

Similarities


(Persamaan)

Differences


(Perbedaan)

Positive·    We went to Tunisia last year.


(kami pergi ke Tunisia tahun lalu)


·    My name is Alfred.


(Nama saya ialah Alfred)


·    My mobile has been stolen.


(Telepon saya telah dicuri)

·    Really? So did we.


(Benarkah? Kami pun sama)


·    So is mine!


(Saya juga!)


·    So has Lucy’s.


(Telepon milik Lucy juga)

·    Really? We didn’t.


(Benarkah? Kami tidak)


·    Mine isn’t.


(Milikku / punyaku tidak)


·    Mine hasn’t.


(Milikku / punyaku tidak)


 

Negative ·    We didn’t go out at all at the weekend.


(kami sama sekali tidak pergi keluar ketika selesai pekan)


·    I can’t understand this exercise.


(Saya tidak sanggup mengerti latihan ini)


·    I haven’t seen Jane this morning.


(Saya belum melihat Jane pagi ini)

·    Neither did we.


(Kami juga tidak)


·    Neither can I.


(Saya pun tidak bisa)


·    Neither have I.


(Saya pun belum melihatnya)

·    Oh, we did!


(Oh, kami pergi!)


·    It’s Ok. I can.


(Tidak apa – apa. Saya sanggup memahaminya)


·    I have. She is outside.


(Saya telah melihatnya. Dia berada di luar)


 


B. Penggunaan Both, Neither, All dan None


 


Agar lebih paham, ada baiknya teman – teman juga berguru perihal kata lain yang sanggup dipakai untuk menyatakan persamaan (similarities) dan/ perbedaan (differences) yaitu ata both, neither, all dan none.


 


1) Kata both dan neither digunakan untuk membicarakan perihal dua hal yang sama.


 


Contoh kalimat:


 


(both + plural) > both = keduanya


 


Both Bettys had worked in post offices in their home towns.


(Kedua Betty telah bekerja di kantor pos di kampung halaman mereka)


 


(neither + singular) > neither = tidak keduanya


 

style="display:inline-block;width:336px;height:280px"
data-ad-client="ca-pub-1973764693216878"
data-ad-slot="5881289326">


Neither Betty could show the other her engagement ring.


(Tidak Betty mau pun Betty yang lain sanggup menunjukkan cincin pertunangannya)


 


2) Kata all memiliki arti “setiap anggota kelompok”


 


Contoh kalimat:


 


All visitors (everyone who is a visitor) should report to Reception.


(Semua pengunjung (setiap orang yang merupakan pengunjung) harus melapor kepada Resepsionis.


 


3) Kita sanggup memakai kata both, neither dan all sebelum kata benda (noun), contoh:



  • both Bettys

  • neither girl

  • all visitors


 


 atau dengan kata of + noun phrase / object pronoun, contoh:


 



  • both of the women

  • neither of the girls

  • all of us


 


4) Kita sanggup memakai kata both dan all  setelah kata we dan they.


 


Contoh kalimat:



  • We both speak English.


(Kami berdua berbicara bahasa Inggris)



  • They all had colds.


(Mereka semua terkena pilek)


 


5) Both dan neither dapat dipakai sebagai kata ganti (pronouns)


 


Contoh kalimat:


 


I have got two brothers. Both are older than me, but neither is taller.


(Saya mempunyai dua saudara laki – laki. Keduanya lebih bau tanah dari saya, namun tidak keduanya lebih tinggi dari saya)


 


6) Jangan memakai pola both + negative, namun gunakanlah neither.


 


Contoh kalimat salah:


 


Both Bettys couldn’t …


(Kedua Betty tidak sanggup …)


 


Contoh kalimat benar:


 


Neither Betty could …


(Tidak satu pun Betty sanggup …)


 


7) Both dan all dapat terletak sebelum kata benda (noun), sebelum kata kerja utama (main verbs) atau sesudah to be.


 


Contoh kalimat:



  • Both Bettys had worked in post offices.


(Kedua Betty telah bekerja di kantor pos)



  • The two Bettys had both worked in post offices.


(Kedua Betty telah bekerja di kantor pos)



  • They are both


(Mereka berdua pensiun)


 


8) Kata none dapat berarti ‘not any’ (untuk sekumpulan benda berjumlah lebih dari 2) dan dipakai dengan pola of + noun / object pronoun.


 


Contoh kalimat:



  • None of the coincidences was easy to explain.


(Tidak satupun dari bencana tersebut gampang untuk dijelaskan)



  • None of us wanted to go home.


(Tidak satupun dari kami ingin pulang ke rumah)


 


Catatan:


Kata me too, me neither dan as well juga sanggup dipakai untuk mengungkapkan persamaan dalam pembicaraan berbahasa Inggris (spoken English).


 


Contoh:


 



  • A : I will come back later.


(Saya akan kembali nanti)


B         : Me too.


(Saya juga)


 



  • A : I don’t like this weather.


(Saya tidak suka cuaca ini)


B         : Me neither.


(Saya juga)


 



  • A : I saw Elanie earlier.


(Saya melihat Elanie lebih awal)


B         : Oh, I did as well.


(Oh, saya juga)


 


Demikianlah detail klarifikasi perihal penggunaan so dan neither beserta contohnya. Teman – teman sanggup mempraktekkan / memakai kedua kata tersebut dalam percakapan sehari – hari biar lebih paham perihal penggunaannya. Semoga bermanfaat!



Sumber https://ruangseni.com