Friday, September 22, 2017

Karakteristik Benua Australia Paling Lengkap

Menurut sejarah, benua Australia dihuni oleh penduduk orisinil yang berjulukan suku Aborigin, salah satu ras bangsa polinesia. Namun, sesudah adanya eksplorasi dan perluasan bangsa Eropa dalam menemukan “Dunia Baru,” usang kelamaan benua Australia merupakan salah satu tanah jajahan bangsa Inggris dan memasukkan benua Australia kedalam negara persemakmurannya, bersama Afrika Selatan, Malaysia, Hongkong, dan lainnya.


Setelah penaklukan benua Australia, Inggris mengakibatkan benua Australia sebagai ‘tanah pembuangan’ bagi para narapidana yang dianggap meresahkan masyarakat Inggris dan para pembangkan kerajaan Inggris ke benua ini. Kemudian, benua Australia menjadi tempat ras Eropa, selain suku Aborigin. Dalam pemaparan berikut ini dijelaskan mengenai karakteristik benua Australia yang meliputi aneka macam fakta yang ada di benua Australia.



  1. Astronomis-Geografis


Berdasarkan kedudukan garis lintang astronomisnya, benua Australia terletak pada 10° LS-44°LS dan 113° BT-154° BT. Dari letak astronomisnya ini benua Australia terletak di bumi belahan selatan dan sebagian besar perbatasannya dikelilingi oleh samudera dan lautan yang mengitari benua ini. Secara rinci, perbatasan yang dimiliki benua Australia ini sanggup ditunjukkan sebagai berikut. Bagian Utara berbatasan dengan wilayah Indonesia yaitu Laut Arafuru dan Laut Timor. Pada penggalan selatan berbatasan dengan Samudera Hindia dan Antartika. Di penggalan barat berbatasan eksklusif dengan Samudera Hindia. Dan, di penggalan timur berbatasan dengan Laut Coral, Laut Tasmania, dan Samudera Pasifik.



  1. Topografis


Secara keseluruhan luas kawasan Australia ialah sekitar 7.682.300 km2. Berdasarkan penjabaran yang dibentuk oleh andal yang menganalisa struktur topografis benua Australia, benua ini dibedakan menjadi tiga bagian, yaitu penggalan barat, penggalan tengah, dan penggalan timur dan tenggara. Bagian barat merupakan kawasan yang mempunyai dataran tinggi atau plato dengan kontur tanah yang agak kasar. Sedangkan di penggalan timurnya merupakan kawasan yang mempunyai sifat kering dan tandus. Sehingga di penggalan ini terdapat banyak sekali gurun yaitu Gurun Pasir Besar Australia, Gurun Gibson, dan Gurun Victoria.


Selain itu, komposisi penggalan barat ini terdapat watu karang yang terbesar di dunia, yaitu Ayers Rock (Uluru) yang mempunyai panjang sekitar 2,4 km, lebar 1,6 km dan tinggi 335 m. Bagian tengah benua Australia merupakan dataran rendah yang luas yaitu: dataran rendah Murray Darling. Di penggalan tengah ini merupakan penggalan yang sangat subur lantaran banyak dijumpai sungai dan danau antara lain: Sungai Darling dan Sungai Murray, yang merupakan sungai terpanjang di Australia, dengan panjang ± 2.570 km. Sedangkan danau terluas di Australia yaitu Danau Eyre.



  1. Iklim


Secara umum, iklim yang terdapat di Benua Australia dibagi menjadi dua, yaitu iklim matahari dan fisis. Iklim matahari ini disebabkan lantaran letak astronomis benua Austaralia yang sebagain erat dengan ekuator dan sebagian lagi jauh dari garis ekuator. Sehingga, iklim matahari ini terbagi menjadi tiga lagi, yaitu iklim tropis yang sebagian besar dialami oleh wilayah penggalan utara Australia, iklim subtropics yang dialami oleh wilayah selatan Australia, dan iklim sedang yang dialami oleh wilayah di pulau Tasmania.


Sedangkan, iklim fisis menurut pada bentang alam dan topografi yang ada di benua Australia sendiri. Iklim ini terbagi menjadi tiga tipe yaitu, iklim muson yang dialami oleh wilayah Australia penggalan utara lantaran terpengaruh angin muson, iklim gurun yang dialami oleh wilayah Australia penggalan barat dan tengah dimana dipengaruhi oleh kondisi gurun yang ada, dan iklim bahari yang dialami oleh wilayah Australia penggalan pesisir pantai timur yang banyak dipengaruhi oleh angin laut.



  1. Populasi


Berdasarkan sejarahnya, benua Australia dihuni oleh suku orisinil Aborigin, namun seiring dengan perkembangan jaman benua ini juga dihuni oleh suku bangsa lainnya. Menurut data kependudukan tahun 2003 jumlah penduduk Australia ialah 19,9 juta dengan pertumbuhan penduduk sekitar 0,6 persen per tahunnya. Suku bangsa yang mendiami benua Australia antara lain suku bangsa Eropa (ras kulit putih), Asia (ras kulit kuning), dan Aborigin (ras Melanisia dan Polinesia).



  1. Sektor Industri


Benua Australia mempunyai sektor industri yang beragam. Sektor industri ini meliputi pertanian dengan hasil pertanian meliputi gandum, tebu, padi, kapas, buah-buahan, dan jagung; peternakan meliputi biri-biri dan sapi perah dan pedaging; pertambangan meliputi tambang emas, bijih besi, watu bara, minyak bumi, dan alumunium; industri berat meliputi industri wool, susu, gula, mesin, tekstil, elektronika, pertanian, besi dan baja, dan penyulingan minyak.



  1. Sistem Pemerintahan


Australia mempunyai nama resmi yaitu the Commonwealth of Australia dengan beribu kota di Canberra. Bentuk negara ialah kerjaan constitutional dengan kepala negara ialah Ratu Elizabeth dan kepala pemerintahan ialah Perdana Menteri. Bahasa resmi yang dipakai di negara ini ialah Bahasa Inggris dengan agama lebih banyak didominasi ialah Kristen. Mata uang yang berlaku ialah Dollar Australia dan mempunyai lagu kebangsaan yaitu God Save the Queen.


Selain karakteristik benua Australia tersebut di atas, benua Australia juga mempunyai karakteristik yang lain, yaitu:



  • Benua ini merupakan benua terkecil bila dibandingkan dengan luas wilayah benua lainnya;

  • Benua ini hanya didiami oleh satu negara saja, berbeda dengan benua-benua lainnya yang dihuni oleh lebih dari satu atau beberapa negara;

  • Benua ini ialah benua kedua yang terletak di penggalan selatan sesudah benua Antartika

  • Memiliki binatang endemik yang khas yaitu binatang kanguru, platypus (sejenis berang-berang), dan burung Kiwi;

  • Merupakan benua yang mempunyai suku orisinil yaitu Aborigin; dan

  • Mayoritas penduduknya ialah ras kulit putih.


Australia sebagai negara yang terdapat di belahan bumi selatan juga melaksanakan kerjasama dengan negara tetangga, salah satunya Indonesia. Kerjasama yang dilakukan dengan Indonesia meliputi bidang perdagangan dengan acara ekspor dan impor dimana selama ini Indonesia selalu mengimport daging sapi dan wool dari Australia. Selain perdagangan, dalam bidang pendidikan, Australia dan Indonesia melaksanakan kerjasama dengan menawarkan beasiswa melalui pemerintah Australia kepada mahasiswa Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan lebih lanjut ke Australia.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com