Thursday, September 21, 2017

Perbedaan Gelombang Angin Dan Gelombang Tsunami

Sebelum mengulas perbedaan antara gelombang maritim yang disebabkan lantaran angin dengan gelombang tsunami, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu mengenai gelombang air laut.


Gelombang air maritim ialah ombak maritim yang mempunyai ukuran besar. Laut atau samudera mempunyai ukuran yang sangat luas sehingga disitu niscaya terdapat ombak, dan ombak yang besar sanggup juga dikatakan sebagai gelombang. Gelombang ini sanggup berada di tengah- tengah lautan lepas namun sanggup juga hingga di tempat pantai sehingga berpotensi untuk menerjang sesuatu yang ada di sekitar ekosistem pantai.


Di atas kita sudah mempunyai citra mengenai gelombang laut, selanjutnya kita akan mengetahui perbedaan gelombang maritim yang disebabkan oleh angin dan juga gelombang tsunami. Namun sebelum mengetahui perbedaan diantara keduanya, mari kita simak pengertian dari masing- masing gelombang tersebut.


Gelombang maritim yang muncul lantaran adanya angin ialah gelombang maritim yang muncul di permukaan laut. Kita semua tahu bahwa maritim lepas pastilah diliputi oleh aneka macam angin, terlebih pada pagi dan juga sore hari hingga malam. Pada saat- dikala itulah muncul angin laut dan angin darat. Pada saat- dikala tertentu gelombang yang diciptakan oleh angin sanggup dalam ukuran besar, hal ini tergantung pada kekuatan angin yang muncul. Secara singkat, gelombang maritim yang disebabkan oleh angin ialah gelombang yang terbentuk akhir dorongan angin. Seperti ketika kita meniup- niup permukaan air lalu muncul gelombang.


Gelombang tsunami ialah gelombang yang terbentuk akhir adanya kekuatan tenaga endogen dari dalam Bumi, biasanya dalam bentuk gempa bumi yang episentrumnya di bawah maritim dengan kedalaman dangkal. Gelombang ini sanggup muncul dalam kekuatan besar dan kadang sedang, hal ini tergantung pada kekuatan endogen yang ada.


Untuk lebih terang mengetahui perbedaan gelombang angin dan gelombang tsunami, kita akan membaginya ke dalam beberapa poin antara lain sebagai berikut:


Gelombang Angin:


Gelombang maritim yang disebabkan lantaran angin mempunyai ciri- ciri sebagai berikut:



  • Muncul lantaran adanya hembusan angin di wilayah laut

  • Biasanya hanya terjadi di permukaan laut

  • Potensi merusak hanya sedikit

  • Muncul pada saat- dikala tertentu menyerupai ketika tiba waktu sore hingga dini hari dan ketika terjadi badai

  • Ditandai dengan cuaca yang buruk, menyerupai langit mendung atau hembusan angin yang besar


Nah itulah beberapa ciri dari gelombang air maritim yang disebabkan lantaran hembusan angin. Selanjutnya ialah ciri- ciri dari gelombang tsunami.


Gelombang Tsunami


Gelombang tsunami ialah gelombang yang mempunyai kriteria sebagai berikut:



  • Muncul lantaran adanya kekuatan endogen yang berasal dari dalam bumi, menyerupai gempa bumi yang mempunyai episentrum di bawah laut

  • Kekuatan gelombang tidak hanya di permukaan namun juga hingga ke dasar laut

  • Memiliki kekuatan besar yang bersifat merusak, lantaran dorongan yang besar dari dalam bumi

  • Munculnya disertai dengan tanda- tanda tertentu, seperti:

  • Setelah terjadi gempa yang episentrumnya di dasar laut

  • Air maritim yang tiba- tiba surut

  • Banyak hewan yang berlarian menjauhi area laut

  • Terdengar bunyi gemuruh

  • Bisa terjadi bencana tsunami susulan apabila tenaga endogen masih terus muncul


Nah itulah beberapa karakteristik atau ciri- ciri yang dimiliki oleh gelombang tsunami. Dari kedua gelombang telah kita ketahui masing- masing karakteristiknya. Dari keduanya pun sudah sanggup kita simpulkan perbedaan gelombang angin dan gelombang tsunami. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com