Friday, October 12, 2018

√ Soal Siap Un (Unbk-Unkp) 2019 Smp-Mts Matematika

Download Contoh Soal Siap Ujian Nasional  √ Soal Siap UN (UNBK-UNKP) 2019 SMP-MTs Matematika

Download Contoh Soal Siap Ujian Nasional (UN/UNBK/UNKP) Tahun Pelajaran 2018-2019 Mapel Matematika







Contoh Soal Beserta Kunci Jawaban Siap Ujian Nasional (UN/UNBK/UNKP) Tahun Pelajaran 2018-2019 Mapel Matematika ini disajikan dalam rangka membantu para siswa kelas 9 SMP atau MTs dalam menghadapi ujian nasional (UN) baik yang berbasis kertas dan Pensil (UNKP) maupun yang berbasis komputer (UNBK).

Contoh Soal Siap Ujian Nasional (UN/UNBK/UNKP) Tahun Pelajaran 2018-2019 Mapel Matematika ini diadopsi dari soal UN yang diujikan pada tahun 2016 dan 2017. Oleh sebab merupakan soal yang secara faktual telah diujikan, maka pola soal yang disajikan kali ini telah memenuhi unsur keabsahan atau kesahihan. Keabsahan atau validitas yang dimaksud yakni validitas empirik yang artinya berbasis pengalaman. Jika dianggap sebagai data, maka data masa kemudian sangat mempunyai kegunaan untuk memilih apa yang terjadi di masa yang akan datang. Hal inilah yang disebut dengan prediktibilitas. Korelasi antara validitas empirik dan validitas telah banyak digunakan, terutama dalam ilmu-ilmu sosial. Contohnya yakni data pasar modal. Data-data dari masal kemudian dipakai dalam analisis untuk memilih apakah suatu variabel besar lengan berkuasa terhadap variabel lainnya. Hal ini tentu saja penting untuk memilih formulasi portofolio.

Dengan mendasarkan diri pada korelasi antara validitas empirik dan prediktabilitas, maka mempelajari Download Contoh Soal Siap Ujian Nasional (UN/UNBK/UNKP) Tahun 2019 Mapel Matematika ini akan mempunyai kegunaan bagi para calon akseptor ujian nasional Sekolah Menengah Pertama atau MTs Tahun Pelajaran 2018-2019 ini dalam beberapa hal antara lain:

1. Membantu dalam memetakan materi pembelajaran. Sebagai catatan, hendaknya para calon akseptor ujian juga membaca kisi-kisi Soal Siap Ujian Nasional (UN/UNBK/UNKP) Tahun Pelajaran 2018-2019 Mapel Matematika yang telah dirilis oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

2. Membantu dalam meningkatkan efektivitas dan efisiensi belajar.

Berikut yakni tautan Download Contoh Soal Siap Ujian Nasional (UN/UNBK/UNKP) Tahun 2019 Mapel Matematika


Download Contoh Soal Siap Ujian Nasional (UN/UNBK/UNKP) Tahun Pelajaran 2018-2019 Mapel Matematika: Contoh Soal Tahun 2017

Berikut yakni kutipan dari Contoh Soal Siap Ujian Nasional (UN/UNBK/UNKP) Tahun 2019  Mapel Matematika tersebut



SOAL UN SMP-MTs TAHUN 2017 MAPEL MATEMATIKA

3. Diketahui barisan bilangan 12, 20, 30, 42, 56, ... Suku ke-22 yakni ....
A. 624
B. 600
C. 575
D. 552

4. Perhatikan pola berikut!

Pada pola di atas ban yak noktah pada pol a ke-S yakni ....
A. 17
B. 16
C. 15
D. 14

6. Pak Andi menjual sepeda seharga Rp600.000,00 dan menerima laba sebesar 20%.Harga beli sepeda tersebut yakni ....
A. Rp420.000,00
B. Rp450.000,00
C. Rp500.000,00
D. Rp720.000,00

7. Perbandingan urnur Rahma, Fadila, dan Taufik berturut-turut 8 : 3 : 10. Jika selisih umur Rahma dan Taufik yakni 4 tahun, maka jumlah umur mereka bertiga yakni ....
A. 52 tahun B. 44 tahun C. 42 tahun D. 40 tahun

8. Seorang pemborong akan membangun kantor berukuran 70 m x 90 m. Pada bagan terlihat ukuran kantor 14 cm x 18 cm. Skala bagan tersebut yakni ....
A. 1 : 5.000
B. 1 : 500
C. 1: 50
D. 1: 5

9. Burhan sanggup menuntaskan pekerjaan mencangkul sebidang lahan pertanian dalarn waktu
4 hari dan Khoidir sanggup menuntaskan dalarn waktu 12 hari. Jika mereka bekerja bersarna- sama, waktu yang dibutuhkan yakni ...
A. 2 hari
B. 3 hari
C. 4 hari
D. 6 hari

10. Perhatikan diagram panah di sarnping!
Relasi dari himpunan A ke himpunan B yakni ....
A. satu kurangnya dari
B. kurang dari
C. faktor dari
D. lebih dari

11. Jika k merupakan penyelesaian dari 5(7x- 4) = -3 (-9x + 12) +8, nilai k- 7 yakni ....
A. -8
B. -6
C. -5
D. -2

12. Persamaan garis melalui titik (-2,3) dan bergradien-3 yakni ....
A. x + 3y + 3 = 0
B. x-3y+ 3 = 0
C. 3x + y+ 3 = 0
D. 3x-y+ 3 = 0

13. Diketahui himpunan B = {bilangan prima kurang dari 15}. Banyak himpunan serpihan dari B
yang mempunyai 3 anggota yakni ....
A. 6
B. 15
C. 16
D. 20

14. Keliling sebuah persegipanjang 80 cm. Jika selisih panjang dan lebarnya 12 cm, luasnya yakni ....
A. 480 cm2
B. 420 cm2
C. 364 cm2
D. 288 cm2

15. Bentuk sederhana dari 5x2 - 2xy - 8y2 - 6x2 - xy + 3y2 yakni ....
A. -x2 - 3xy + 5y2
B. -x2 - 3xy - 5y2
C. x2 + xy- 5y2
D. x2+xy+5y2

16. Fungsifdirumuskan dengan.l(x) = 15-2x. Jika.l(b) = 7, nilai b yakni ....
A. -4
B. 1
c. 4
D. 11

17. Taman bunga Pak Rahman berbentuk persegipanjang dengan ukuran panjang diagonalnya
(3x + 15) meter dan (5x + 5) meter. Panjang diagonal taman bunga tersebut yakni ....
A. 10 meter B. 25 meter C. 30 meter D. 55 meter

18. Diketahui x -3 y- 5 = 0 dan 2x - 5 y = 9. Nilai dari 3x + 2y yakni ....
A. -1
B. 1
C. 3
D. 4

19. Suatu regu pramuka beranggotakan 25 orang. 12 Orang membawa tongkat, 15 orang membawa bendera semapur, dan 6 orang tidak membawa keduanya. Jumlah anggota yang membawa kedua alat itu yakni ....
A. 2 orang B. 8 orang C. 21 orang D. 27 orang

20. Keliling sebuah lingkaran yakni 31,4 cm. Luas lingkaran tersebut yakni ... (n = 3, 14).
A. 78,5 cm2
B. 62,8 cm2
C. 314cm2
D. 628 cm2

21 Perhatikan gambar lingkaran dengan sentra O ! Garis AB yakni ....
A. busur
B. jari-jari
C. apotema
D. tali busur

22. Perhatikan gambar lingkaran berpusat O berikut!
Besar LAOB = 110°, besar LBDC = ....
A. goo
B. 70°
C. 55°
D. 35°

23. Sebuah taman berbentukjuring lingkaran dengan panjang jari-jari 21 m dan sudut sentra 120°. Pada sekeliling taman akan dipasang pagar kawat 2 kali putaran. Minimal panjang kawat yang diharapkan yakni ... ( n = 2;).
A. 44 meter B. 64 meter C. 86 meter D. 172 meter

24. Perhatikan gambar
Besar LBAD yakni ....
A. 50°
B. 60°
c. 70°
D. 120°
25. Lantai gedung pertunjukan yang berukuran 25 m x 15 m akan dipasangi ubin berukuran
50 cm x 50 cm. Banyaknya ubin yang diharapkan yakni ....
A. 1.500 ubin B. 1.200 ubin C. 150 ubin
D. 100 ubin

26. Perhatikan gambar berikut. (1) c2 = b2 - a1
(2) c2 = a1 - b2
(3) b2 = a1 + c2
(4) a2 = b2 + c2

Dari pemyataan di atas, yang benar yakni ....
A. (1) dan (3) B. (2) dan (4) C. (2) dan (3) D. (3) dan (4)

27. Diketahui segitiga KLM dan segitiga PQR kongruen. Besar LKLM = 74°, LKML = 46°, LPQR = 60° dan LPRQ = 46°. Pasangan sisi yang sama panjang pada kedua segitiga itu yakni ....
A. KM=PR
B. LM=QR C. KL=PQ D. KM=PQ

28. Perhatikan gambar berikut!
Trapesium PTUV sebangun dengan trapesium PQRS.
Luas tempat trapesium PQRS yakni ....
A. 117 cm2
B. 210 cm2
C. 234 cm2
D. 468 cm2

29. Perhatikan gambar berikut!
Sebuah foto ditempel pada selembar karton menyerupai tampak pada gambar. Di sebelah kanan dan kiri foto masih terdapat sisa karton selebar 4 cm. Jika foto dan karton sebangun, luas karton yang tidak tertutup foto yakni ....
A. 464 cm2
B. 524 cm2
C. 600 cm2
D. 768 cm2

30. Bidang yang tegak lurus dengan bidang ABGH yakni ....
A. ACGE B. BDHF C. ADGF D. CDEF

31. Perhatikan garnbar di samping!
Sebuah balok yang tersusun dari kubus-kubus satuan akan dicat seluruh permukaannya. Banyaknya kubus satuan yang terkena cat pada dua sisinya saja ada ....
A. 8
B. 16
C. 20
D. 24

32. Rudi mendapatkan pesanan untuk menciptakan sebuah kerangka akuarium berbentuk prisma dari materi aluminium. Alas kerangka yang akan dibentuk berbentuk segi-5 beraturan dengan panjang 60 cm dan tinggi prisma 80 cm. Jika harga 1 meter aluminium Rp 20.500,00, harga aluminium seluruhnya yakni ....
A. Rpl 64.000,00
B. Rp185.000,00
C. Rp205.000,00
D. Rp250.000,00

33. Diketahui prisma tegak dengan tinggi 17 cm dan alasnya berbentuk jajargenjang. Jika ganjal jajargenjang 12 cm dan tinggi 9 cm, volume prisma itu yakni ....
A. 612 cm3
B. 918 cm3
C. 1.836 cm3
D. 2.754 cm3

34. Budi menciptakan parasut besar dari plastik berbentuk belahan bola sebanyak 15 buah. Jika panjangjari-jari parasut 2 m, luas plastik minimal yang diharapkan yakni .... (n = 3,14)
A. 753,6 m2
B. 616,0 m2
C. 376,8 m2
D. 188,4 m2

35. Sebuah dadu dilarnbungkan sekali. Peluang muncul mata dadu lebih dari 3 yakni ....
MatematikaSMP/MTs

36. Sebuah kantong berisi bola yang terdiri atas 18 bola merah, 12 bola biru, dan 10 bola kuning.
Jika diambil sebuah bola secara acak, maka peluang terambilnya bola berwarna biru yakni ....
A. 7
B. 4
C. 3
D.

37.Perhatikan data berikut!

Median data tersebut yakni ....
A. 7,5
B. 8,0
C. 8,5
D. 9,0

38. Rata-rata tubuh siswa laki-laki dalam sebuah kelas 61 kg dan rata-rata berat tubuh siswa wanita
53 kg. Jika rata-rata berat tubuh seluruh siswa dalam kelas tersebut 56 kg dan banyak siswa
32 orang, ban yak siswa laki-laki yakni ....
A. 18 orang B. 16 orang C. 14 orang D. 12 orang

39. Hasil tes Matematika Kelas VIII D yakni sebagai berikut: Nilai 4 5 6 7 8 9 10
Frekuensi 3 4 5 7 6 3 2

Banyak siswa yang menerima nilai kurang dari 7 yakni ....
A. 20 orang B. 12 orang C. 9 orang D. 7 orang

40. Diagram data produksi padi di suatu tempat dari tahun 2010 hingga dengan tahun 2014.

Selisih produksi padi dua tahun terakhir yakni ....
A. 500 ton B. 300 ton C. 100 ton D. 50 ton

Berikut yakni kisi-kisi Soal Siap Ujian Nasional (UN/UNBK/UNKP) Tahun Pelajaran 2017-2018 Mapel Matematika:

Level Kognitif Lingkup Materi Soal UN SMP-MTs 2018 Mapel Matematika
Bilangan Aljabar Geometri dan Pengukuran Statistika dan Peluang
Pengetahuan danPemahaman Mendeskripsikan Membuat tabulasi Menghitung Memprediksi Menentukan Mengklasifikasi Peserta didik dapatmemahami pengetahuan tentang:- operasi bilangan bulat- operasi bilangan pecahan- perbandingan- operasi bilanganberpangkat- bilangan bentuk akar- pola barisan bilangan- barisan dan deret Peserta didik sanggup memahamipengetahuan tentang:- bentuk aljabar- persamaan danpertidaksamaan linier satuvariabel- himpunan- korelasi atau fungsi- persamaan garis lurus- sistem persamaan linier duavariabel Peserta didik dapatmemahami pengetahuan tentang:- garis dan sudut- segiempat dan segitiga- teorema Pythagoras- lingkaran- bangkit ruang sisi datar- kesebangunan dankekongruenan- bangkit ruang sisi lengkung Peserta didik dapatmemahami pengetahuan tentang:- menyajikan dan mendeskripsikan data dalam bentuk tabel, diagram batang, garis atau lingkaran- ukuran pemusatan data- peluang
Aplikasi Mengkonstruksi Menyelesaikan masalah Peserta didik dapatmengaplikasikan pengetahuan tentang:- operasi bilangan bulat- operasi bilangan pecahan- perbandingan- operasi bilanganberpangkat- aritmetika sosial- pola barisan bilangan- barisan dan deret Peserta didik dapatmengaplikasikan pengetahuan tentang:- bentuk aljabar- persamaan danpertidaksamaan linier satuvariabel- himpunan- korelasi atau fungsi- persamaan garis lurus- sistem persamaan linier duavariabel Peserta didik dapatmengaplikasikan pengetahuan tentang:- segitiga dan segiempat- teorema Pythagoras- lingkaran- bangkit ruang- kesebangunan dankekongruenan segitiga- bangkit ruang sisi lengkung Peserta didik dapatmengaplikasikan pengetahuan tentang:- penyajian data dalam bentuk tabel, diagram batang, garis atau lingkaran- ukuran pemusatan data- peluang
Penalaran Menafsirkan Menyimpulkan Menginterpretasi Peserta didik dapatmenggunakan logika yang berkaitan dengan:- bilangan bulat- bilangan pecahan- perbandingan- pola barisan bilangan- barisan dan deret- aritmetika sosial Peserta didik dapatmenggunakan logika yang berkaitan dengan:- bentuk aljabar- persamaan linear satuvariabel- himpunan- korelasi atau fungsi- persamaan garis lurus- sistem persamaan linear duavariabel Peserta didik dapatmenggunakan logika yang berkaitan dengan:- segitiga dan segiempat- lingkaran- bangkit ruang sisi datar- kesebangunan dankekongruenan- bangkit ruang sisi lengkung Peserta didik dapatmenggunakan logika yang berkaitan dengan:- penyajian data dalam bentuk tabel, diagram batang, garis atau lingkaran- pemusatan data- peluang

Sumber http://www.informasiguru.com