DirectX, sebelumnya dikenal sebagai Game SDK, yaitu istilah yang diberikan untuk kumpulan API Windows (Application Protocol Interface) untuk menangani tugas-tugas yang terkait dengan pemrograman game pada Sistem Operasi Microsoft Windows dengan mudah.
Kumpulan perpustakaan pengembangan ini untuk game berkinerja tinggi memungkinkan pengembang perangkat lunak “akses langsung” ke fungsi tingkat rendah dari periferal PC. Akses DirectX yaitu lapisan abstraksi perangkat keras di Windows.
API DirectX
Berbagai komponen DirectX yaitu DirectX Graphics, DirectInput, DirectPlay, DirectSound, DirectMusic, DirectSetup, dan DirectX Media Objects. Berbagai komponen yang terdiri dari DirectX yaitu dalam bentuk objek yang sesuai COM.
Grafik DirectX
Grafik DirectX terdiri dari dua API, DirectDraw dan Direct3D (D3D).
- DirectDraw – DirectDraw memungkinkan saluran langsung ke bit pada kartu video dan membantu dalam menggambar grafik raster. DirectDraw hadir dengan kemampuan untuk menyimpan permukaan secara langsung pada kartu video sehingga memperlihatkan beberapa blits yang luar biasa cepat.
- Direct3D (D3D) – Direct3D memungkinkan menggambar primitif gambar 3D. D3D mempunyai dua mode utama – Mode Tersimpan dan Mode Segera. Mode tersimpan yaitu API level rendah di mana aplikasi menyimpan data grafik. Mode Segera juga merupakan API tingkat rendah, tetapi membantu aplikasi untuk secara eksplisit mengalirkan data ke buffer eksekusi.
DirectInput
DirectInput memungkinkan seseorang untuk memproses data dari joystick, mouse, atau pengontrol game lainnya.
DirectSound
DirectSound memungkinkan pemutaran dan perekaman bunyi gelombang. Itu juga melaksanakan beberapa manipulasi bunyi dasar menyerupai volume, frekuensi, dan pan. DirectSound3D (DS3D) – memungkinkan untuk pemutaran bunyi 3D.
DirectPlay
DirectPlay memungkinkan game multipemain terhubung di LAN, modem, atau jaringan lain.
DirectMusic
DirectMusic dipakai untuk memutar soundtrack yang ditulis dalam DirectMusic Produser.
DirectX Media
DirectX Media terdiri dari DirectShow, DirectAnimation, dan DirectX Transform. Ini dipakai untuk aplikasi streaming media, animasi, dan interaktivitas masing-masing.
Objek Media DirectX
DirectX Media Objects menyediakan tunjangan untuk streaming objek menyerupai encoders, decoder, dan efek.
Sejarah DirectX
Versi pertama DirectX dirilis pada selesai 1995 untuk mendorong pengembang game membuatkan game untuk Sistem Operasi Microsoft Windows. Sebelum munculnya DirectX, sebagian besar game komputer ditulis untuk MS-DOS, sehingga sanggup menggambar ulang layar dengan cepat untuk animasi waktu nyata. Untuk mendapat kecepatan yang diinginkan untuk animasi waktu nyata, produsen kartu bunyi dan adaptor layar harus menulis driver untuk aneka macam adaptor layar, yang merupakan kesulitan kasatmata di bidang pengembangan.
DirectX menyediakan antarmuka untuk mengakses buffer bingkai dan fitur lanjutan dari adaptor layar. Ini menciptakan peningkatan kinerja yang signifikan yang tidak disediakan dalam antarmuka grafis Windows GDI standar. Ketika DirectX diperkenalkan, vendor adaptor layar dengan cepat membuatkan driver DirectX yang mengekspos fungsi tingkat rendah dari perangkat keras mereka ke aplikasi.
Meskipun awalnya ditujukan untuk industri pengembangan game komputer, DirectX telah menjadi sangat terkenal di bidang perangkat lunak lain. Terutama, Direct3D menjadi terkenal di sektor teknik alasannya yaitu kemampuannya untuk menyediakan grafis 3D berkinerja tinggi dengan perangkat keras grafis 3D terbaru.
DirectX 10
DirectX 10 yaitu prosesor biner interaktif pribadi gres yang hanya dilengkapi dengan Windows Vista. Pada dikala ini dianggap sebagai prosesor biner generasi berikutnya yang akan memungkinkan sejumlah besar kemampuan grafis. Directx dipakai oleh industri produksi perangkat lunak untuk menciptakan game komputer dan agenda grafis. Ini bersaing dengan OpenGL dan SDL yang kurang dikenal.
DirectX 10 juga dilengkapi dengan banyak fitur gres dan peningkatan ke DirectX 9c. DirectX 10 tidak lagi mempunyai tunjangan untuk akselerasi perangkat keras audio dan nstead akan menciptakan bunyi memakai CPU. DirectInput, yang mengontrol perangkat menyerupai mouse dan keyboard, sedang ditingkatkan ke XInput. DirectMusic kemungkinan besar satu-satunya komponen yang tidak akan diubah.
Direct3D yaitu API yang dipakai untuk menciptakan game di platform Windows. Direct3D 10, umumnya dikenal sebagai DirectX 10, dianggap sebagai peningkatan besar ke versi Direct3D sebelumnya. Ini akan memungkinkan kemajuan besar dalam hal kemampuan grafis dan rendering. DirectX 10 terutama dipakai oleh perusahaan-perusahaan produksi game komputer dan alasannya yaitu itu Anda harus mempunyai DirectX 10 untuk bermain game yang dibentuk untuk Windows Vista.
Saat ini masih diperdebatkan apakah Directx 9c – generasi sebelumnya – game bekerja dengan baik pada DirectX 10. Dikatakan bahwa beberapa bug masih dikerjakan, tetapi DirectX 10 harus sanggup menjalankan gim DirectX 9c dengan kinerja optimal dalam waktu dekat. . Ini akan diselesaikan dengan Pembaruan Otomatis Microsoft.
Fitur-fitur gres untuk DirectX 10 meliputi: Paging, Virtualisasi, model Shader-Shader 4.0 yang ditingkatkan, Shader Geometry, Array Tekstur, Rendering Predicated, dan Instancing 2.0.
Perbedaan antara grafis dari DirectX 9 dan DirectX 10 sangat mengejutkan. Banyak perbandingan telah dibentuk oleh IGN dan GameSpot, dan dengan bunyi bundar disepakati bahwa perbedaannya sangat mencolok.
Karena DirectX 10 menghasilkan grafik high-end menyerupai itu, banyak komputer rata-rata di rumah mungkin tidak sanggup melaksanakan pada kecepatan optimal. nVidia dan ATI baru-baru ini mengeluarkan jajaran kartu video gres yang merupakan DirectX 10 asli, dan dikatakan bisa menangani semua game DirectX 10. Di antara kartu video ini yaitu 8800GTX dan 8800GT nVidia, dan R600 ATI. Ketika Windows Vista perlahan-lahan menjadi lebih terkenal dan pengembang mulai berkonsentrasi dan menciptakan lebih banyak game yang berasal dari DirectX 10, banyak gamer akan perlu meningkatkan kartu grafis mereka kalau mereka belum mempunyai kartu high-end.
Sumber aciknadzirah.blogspot.com