Monday, June 19, 2017

√ Cara Merawat Baterai Laptop

Laptop merupakan sebuah sebuah perangkat elektronik yang tersusun oleh aneka macam perangkat elektronik dan dijalankan dengann sumbangan sistem operasi dan software yang dikendalikan pribadi oleh insan (user). Sebuah laptop akan membutuhkan pasokan listrik (tenaga) untuk sanggup menyala. Dan dilaptop yang menjadi sumber tenaganya ialah baterai. Baterai pada laptop mempunyai bentuk dan kapasitas yang berbeda-beda. Baterai laptop maksimal pemakaiannya selama 4 tahun, sesudah lewat masa itu maka kekuatan baterai akan mulai melemah. Dan baterai yang apabila sudah dicharger selama 1000 kali, maka kekutan baterai itu juga akan mulai melemah.

Baterai pada laptop kalau terisi penuh biasanya akan bertahan selama kurang lebih 2 jam itu kalau kondisi baterai masih top care, hehe. Baterai pada laptop ini juga sangat sensitif terhadap tegangan listrik yang tidak stabil. Banyak sekali dilema yang akan terjadi pada baterai laptop ini apabila tidak dirawat dengan benar. dilema yang sering terjadi ialah baterai yang cepat habis (bocor). Masalah menyerupai ini biasanya terjadi lantaran baterai sering mengalami pengisian secara tidak teratur dan pengisian yang secara berlebihan.

Untuk baterai yang original mempunyai harga yang tidak mengecewakan mahal yaitu berkisaran antara 700 ribu bahkan lebih. Tentu merupakan harga yang sangat mahal, dan jangan hingga terjadi kerusakan baterai laptopnya ya teman-teman. Rawat dan bacalah petunjuk penggunaan baterai dengan baik dan cermat.


Berikut kami berikan beberapa cara merawat baterai laptop biar tetap prima dan tetap sanggup dipakai selama-lamanya. silahkan baca di bawah ini :

Tips mengecharge untuk laptop baru

Laptop yang gres biasanya dalam kondisi baterai yang masih kosong. Hal yang pertama harus dilakukan ialah mengecharge-nya terlebih dahulu kurang lebih 4-6 jam dalam keadaan laptop yang dimatikan, hingga lampu indikatornya berwarna hijau atau biru.

Sebaiknya baterai laptop dilepaskan bila tidak dipakai dalam waktu yang lama

Apabila anda memakai laptop dalam waktu yang lama. Seperti browsing dan main game dalam kesehariannya, maka dianjurkan biar anda melepas baterai laptop, biar baterai laptop tersebut mempunyai umur yang panjang.

Jangan memakai laptop ketika dicharge

Kebocoran baterai disebabkan oleh penggunaan laptop pada ketika dicharge. Sebaiknya pengisian baterai dilakukan pada ketika kondisi laptop mati total. Mungkin dilema menyerupai inilah yang sering dialami oleh pengguna laptop. Pada ketika pengisian jangan hingga terlalu melebihi, lantaran apabila baterai telah penuh maka lampu indikator akan menyala dan berwarna biru.

Aturlah intensitas cahaya pada layar laptop

Aturlah intensitas pencahayaan pada layar laptop dengan baik dan jangan terlalu terang. Jika terlalu terang, maka secara otomatis akan menghabiskan banyak daya baterai. Dan secara tidak pribadi usia baterai anda akan semakin cepat berkurang. Pengaturan pencahayaan pada layar laptop juga sangat penting buat kesehatan mata penggunanya. Apabila terlalu sering memakai cahaya yang terang, maka akan sanggup mengakibatkan mata menjadi rusak. Untuk mrengatur pencahayaan pada layar laptop sanggup membaca artikel cara mengatur pencahayaan pada layar laptop.

Mematikan screen saver pada laptop

Mengaktifkan screen saver pada laptop bahu-membahu tidak terlalu penting, mungkin hanya untuk gaya-gayaan saja, hehe. Penggunaan screen saver bahu-membahu tidak ada untungnya sama sekali. Pemggunaan screen saver sama halnya dengan menonton video secara terus menerus selama laptop menyala. Dan apabila screen saver itu secara terus menerus menyala, maka akan menguras banyak baterai laptop anda.

Matikan start up yang tidak perlu

Start up yang membebani RAM dan yang tidak terlalu penting harus dinonaktifkan, lantaran akan memperlambat proses starting pada sistem operasi, sehingga akan memakan banyak daya baterai dan juga akan mengurangi efisiensi waktu pada ketika starting windows.

Gunakan headset ketika memutar video atau lagu

Penggunaan headset pada ketika memutar lagu atau video tidak akan memakan daya baterai secara besar-besaran.  Tetapi apabila memakai speaker laptop  dengan volume yang lebih besar maka akan memakan banyak daya baterai.


Cabutlah charge ketika sudah penuh

Usahakan pada ketika mencharge laptop berada dalam kontrolan anda. Karena nantinya apabila baterai sudah penuh sanggup diketahui dengan cepat. Usahakan jangan terlalu membiarkan baterai yang penuh terlalu lama, lantaran sanggup jadi akan mengakibatkan kebocoran baterai.

Itulah beberapa cara yang harus dilakukan biar baterai laptop kekal dan tahan lama. Semoga sanggup bermanfaat buat teman-teman semuanya. Dan terimakasih telah berkunjung diblog ini, dan jangan lupa untuk menshare-nya ya.

Sumber http://www.gudangilmukomputer.com