Thursday, June 15, 2017

√ Tips Menentukan Jurusan, Prodi Di Akademi Tinggi

Tips Memilih Jurusan, Prodi di Perguruan Tinggi-Kutukuliah, pada kesempatan kali ini menciptakan postingan yang menyangkut rubrik "Rehat Kuliah".

Rubrik ini dimaksudkan semoga menawarkan info-info terkait dunia kuliah. Rehat Kuliah ini ingin menawarkan penyejuk baru, suasana gres untuk Anda, isu yang fresh yang bikin juga Anda berpikir nantinya. Jadi, kuliah itu tidak muluk-muluk tugas, makalah, soal, dan lain sebagainya. Kuliah, jangan di jadikan beban. Setuju tidak....!
Postingan kali ini aku beri judul "Tips Memilih Jurusan, Prodi di Perguruan Tinggi", aku maksudkan untuk Anda calon mahasiswa gres semoga tidak bingung, kelimpungan ketika ditanya "Mau kuliah dimana ?, jurusan apa ? dan prodi apa ?". Pasalnya pertanyaan demikian sering kali atau acapkali dilayangkan bagi mereka yang akan lepas dari kursi sekolah menegah atas (masa putih abu-abu, kata mereka).

Berikut ialah tips untuk Anda disaat dihadapkan pilihan untuk menentukan Jurusan, Prodi di Perguruan Tinggi :

Untuk melanjutkan studi ke jenjang pendidikan tinggi, seorang calon mahasiswa terlebih dahulu harus sanggup mengukur kemampuan akademiknya, menentukan jadwal studi apa yang diminatinya, menentukan jenis jadwal studi yang diinginkannya, dan mencari isu mengenai perguruan tinggi mana yang menyelanggarakan jadwal studi yang diminatinya tersebut. Termasuk menanyakan pada dirinya, apa yang menjadi cita-citanya? Keahlian apa yang diharapkan bila seorang mahasiswa menentukan karir tertentu? Apakah calon mahasiswa yang bersangkutan ingin mencar ilmu jauh dari orang tuanya ? Berapa dana yang dibutuhkan? Pendeknya, ada beberapa yang sanggup dipakai sebagai pertimbangan ketika akan menentukan suatu perguruan tinggi, antara lain jadwal studi, biaya, reputasi perguruan tinggi yang bersangkutan, status akreditasi, kemudahan pendidikan yang tersedia, serta kualitas dan kuantitas dosen yang dimilikinya. 
  1. Pertama-tama tentunya kau harus mempunyai KEMAUAN untutk melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi, alasannya ialah tekad dan semangat yang besar lengan berkuasa akan memperkecil resiko kegagalan. 
  2. Sesuaikan CITA-CITA, MINAT dan BAKAT yang dimiliki. Mengembangkan BAKAT yang ada disertai dengan MINAT & CITA-CITA akan menjadi pilihan yang sempurna dalam menentukan Perguruan Tinggi, Contohnya, Jangan menentukan Sastra Bali kalau bercita-cita menjadi Dokter atau jangan mengambil Teknik Sipil kalau tidak suka menggambar
  3. Pertimbangkan LOKASI Perguruan Tinggi yang dituju serta BIAYA yang dibutuhkan menyerupai biaya perkuliahan dan biaya hidup selama masa kuliah. 
  4. Pilih lokasi kuliah yang erat dengan daerah tinggal atau mempunyai biaya hidup yang rendah
  5. Kumpulkan Informasi Selengkap Mungkin. Sebelum kalian menetukan pilihan jurusan, sebaiknya kalian kumpulkan dulu isu selengkap – lengkapnya mengenai jurusan tersebut. Informasi – isu tersebut bisa berasal dari banyak sumber menyerupai orang tua, saudara, guru, teman, bimbel, abang kelas, sahabat mahasiswa, internet dan lain – lain. Pastikan bahwa orang yang menjadi sumber isu tersebut ialah orang yang memang paham atau pun menguasai jurusan yang kalian tanyakan. Informasi yang harus kau gali ialah mulai dari profil jurusan tersebut, mata kuliahnya, praktek lapangan, dosen, lokasi, biaya, daya tamping jurusan/peluang diterima, kemudahan (laboratorium, perpustakaan, dll), aktivitas kampusnya, kualitas alumninya, dan sebagainya. Semua isu yang didapat dirangkum dan dijadikan materi untuk membantu kalian dalam menentukan jurusan.
  6. Bagi calon mahasiswa yang tidak bisa secara ekonomi tetapi mempunyai potensi akademik yang baik, jangan khawatir tidak bisa kuliah. Calon mahasiswa sanggup memanfaatkan beasiswa yang banyak ditawarkan baik oleh pemerintah atau forum swasta. 
  7. Perguruan tinggi yang baik juga mempunyai kemudahan mencar ilmu yang memadai, mulai darr kampus terpadu, ruang kuliah, perpustakaan dan laboratorium yang layak dan memada.
  8. Ingat bahwa JENJANG PENDIDIKAN bagi lulusan SMA/SMK ialah Diploma1,2,3 menekankan pada keahlian tertentu dan Strata 1 , 2, 3 menekankan pada  penguasaan ilmu pengetahuan Perguruan Tinggi.
  9. Perhatikan, Ijin Penyelenggaraan PRODI dari Dikti dan Status Akreditasi Prodi dari BAN-PT dengan peringkat A,B,C dan tidak terakreditasi.

Sumber http://kutukuliah.blogspot.com